HUBUNGAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH TERHADAP PERILAKU PENGEMUDI KENDARAAN BERMOTOR SAAT BERLALU LINTAS

Main Article Content

Charles Felix
Leksmono Suryo Putranto

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan, di mana pendidikan dapat menyongsong kehidupan yang cerah di masa depan, baik bagi diri sendiri, sosial, lingkungan, agama, nusa, dan bangsa. Terdapat krisis ketaatan pada semua lapisan masyarakat, khususnya dalam hal perilaku taat terhadap peraturan berlalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan  pendidikan di sekolah dengan perilaku pengemudi kendaraan bermotor saat berlalu lintas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online (57 orang) dan offline (43 orang) terhadap pengemudi kendaraan bermotor di Jabodetabek. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis korelasi Pearson untuk melihat hubungan antara tinggi rendahnya nilai rataan jawaban responden pada tiap kelompok variabel norma di sekolah dengan tiap kelompok variabel MRBQ dan DBQ. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa norma tata terib dan disiplin dan norma hukum yang diberikan saat di sekolah berpengaruh pada perilaku pengemudi kendaraan bermotor saat berlalu lintas.  

Article Details

Section
Articles