KARAKTERISTIK MARSHALL CAMPURAN STONE MASTIC ASPHALT DENGAN PENGGUNAAN FIBER MESH SEBAGAI BAHAN TAMBAH
Main Article Content
Abstract
Bahan tambah penstabil merupakan material yang dibutuhkan dalam komposisi campuran stone mastic asphalt yang berperan meningkatkan sifat kohesi antar material dalam campuran. Bahan tambah fiber mesh telah diuji pada campuran beton yang terbukti dapat meningkatkan kinerja mekanis beton namun belum dicobakan pada campuran beraspal khususnya SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik Marshall campuran SMA dengan fiber mesh sebagai bahan tambah. Pengujian eksperimental di laboratorium dilakukan untuk mengetahui parameter Marshall campuran yang ditambahkan fiber mesh dengan variasi kadar berat dan panjang. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penambahan fiber mesh berpengaruh secara tidak signifikan terhadap karakteristik Marshall campuran yaitu meningkatkan density, menurunkan VIM dan VMA, dan meningkatkan nilai VFA. Dengan penambahan fiber mesh, nilai stabilitas dan MQ meningkat sampai pada batas optimum lalu kembali menurun hingga nilai yang lebih kecil dari nilai stabilitas dan MQ sampel tanpa fiber mesh. Kadar fiber mesh terbaik yaitu variasi panjang 0,36 cm sebanyak 0,3% dari total berat campuran yang mampu meningkatkan 6% nilai stabilitas dan koefisien Marshall sampel tanpa fiber mesh. Namun, tidak ada satupun variasi yang menghasilkan campuran yang memenuhi spesifikasi stabilitas SMA modifikasi yaitu minimum 750 kg. Nilai stabilitas tertinggi yang diperoleh yaitu 737,916 kg pada kadar fiber mesh optimum.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Jurnal Mitra Teknik Sipil (JMTS) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Anonymous. (2020). Best Practice for Placement of Stone Matrix Asphalt in Colorado (Issue March).
Department for Transport. (2020). Road Investment Strategy 2: 2020 – 2025 (Issue March). https://assets.publishing.service.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/872252/road-investment-strategy-2-2020-2025.pdf
Spesifikasi Umum 2018 Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan (Revisi 2), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (2019).
Irfan, M., Ali, Y., Ahmed, S., Iqbal, S., & Wang, H. (2019). Rutting and Fatigue Properties of Cellulose Fiber-Added Stone Mastic Asphalt Concrete Mixtures. Advances in Materials Science and Engineering. https://doi.org/10.1155/2019/5604197
Khatri, A. P., & Hinge, G. A. (2021). Comparative study of confining reinforcement used for the rectangular concrete short column. Materials Today: Proceedings, 49(xxxx), 1844–1851. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2021.08.055
Loaiza, A., & Colorado, H. A. (2018). Marshall stability and flow tests for asphalt concrete containing electric arc furnace dust waste with high ZnO contents from the steel making process. Construction and Building Materials, 166, 769–778. https://doi.org/10.1016/j.conbuildmat.2018.02.012
M, A. K., M, A. T., & S, J. H. (2018). Experimental Studies on Stone Mastic Asphalt Using Reclaimed Asphalt Pavement for Binder Course. International Journal of Science and Research, 9(6), 177–182. https://doi.org/10.21275/SR20601130556
Miranda, H. M. B., Batista, F. A., Lurdes Antunes, M. de, & Neves, J. (2019). A new SMA mix design approach for optimisation of stone-on-stone effect. Road Materials and Pavement Design, 20(sup1), S462–S479. https://doi.org/10.1080/14680629.2019.1588779
Pria, R. C., & Henri, S. (2019). Marshall characteristics of asphalt concrete wearing course using crumb rubber modified of motorcycle tire waste as additive. Materials Science Forum, 961 MSF(50), 57–61. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/MSF.961.57
Putri, E. E., Idral, M., Makinda, J., & Gungat, L. (2019). Marshall properties of porous asphalt with gondorukem rubber addition. Journal of Engineering Science and Technology, 14(1), 167–180.
Setiawan, D. (2020). Overloading Vehicle Impact Analysis on the Performance of Toll Road Traffic. International Journal of Emerging Trends in Engineering Research, 8(8), 4828–4833. https://doi.org/10.30534/ijeter/2020/121882020
Shiva Kumar, G., & Ravi Shankar, A. U. (2020). Evaluation of Workability and Mechanical Properties of Stone Matrix Asphalt Mixtures Made With and Without Stabilizing Additives. Transportation Infrastructure Geotechnology, 7(2), 191–204. https://doi.org/10.1007/s40515-019-00098-3
Talati, A., & Talati, V. (2014). Study of Stone Matrix Asphalt For The Flexible Pavement. International Journal of Engineering Development and Research, 2(1), 789–792. www.ijedr.org
Utami, P. D. (2018). Perancangan Laboratorium Campuran Stone Matrix Asphalt (Sma) Menggunakan Aspal Shell Pen 60/70 Dan Aspal Modifikasi Elvaloy. In Departmen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Yadykina, V., Tobolenko, S., Trautvain, A., & Zhukova, A. (2015). The influence of stabilizing additives on physical and mechanical properties of stone mastic asphalt concrete. Procedia Engineering, 117(1), 376–381. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2015.08.181