ANALISIS PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP JASA ANTAR MAKANAN AIRASIA FOOD

Main Article Content

Nadia Angeline
Leksmono Suryo Putranto

Abstract

With the development of technology, there are applications that can order food online and customers can simply wait at home for the order to arrive so many people use these applications. Seeing this opportunity for success, AirAsia Group provides a similar one called AirAsia Food. This research was conducted to analyze the influence of satisfaction, trust and loyalty of AirAsia Group customers in their willingness to use AirAsia Food and the experience of those who have used it. It was found that AirAsia Group users are satisfied, trusting and loyal to its services because the mean value is above 2.5 and 71.4% of respondents are willing to use AirAsia Food. It is concluded that there is no difference in opinion between men and women, young adults and middle-aged adults, students and non-students, living in Tangerang and living outside Tangerang, but there is a difference in opinion on the trust indicator between those who earn below the weighted UMR and those above the weighted UMR and those who work in Tangerang and those who work outside Tangerang. Based on the experience of AirAsia Food users, there are several problems such as users leaving the application.


 


Abstrak


Dengan berkembangnya teknologi, terdapat aplikasi yang dapat memesan makanan secara online dan pelanggan cukup menunggu di rumah hingga pesanan datang sehingga banyak masyarakat menggunakan aplikasi tersebut. Melihat peluang kesuksesan ini. AirAsia Group menyediakan serupa yang bernama AirAsia Food. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kepuasan, kepercayaan dan loyalitas pelanggan AirAsia Group dalam kesediaannya menggunakan AirAsia Food dan pengalaman dari yang sudah pernah menggunakan. Didapatkan pengguna AirAsia Group puas, percaya dan loyal terhadap layanannya karena nilai rataan diatas 2,5 dan sebesar 71,4% responden bersedia menggunakan AirAsia Food. Disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan pendapat antara pria dengan wanita, dewasa muda dengan dewasa madya, profesi mahasiswa dengan non-mahasiswa tempat tinggal di tangerang dengan tempat tinggal di luar tangerang namun terdapat perbedaan pendapat terhadap indikator kepercayaan antara yang berpenghasilan dibawah UMR terbobot dengan yang diatas UMR terbobot dan yang bekerja di Tangerang dengan yang bekerja di luar Tangerang. Berdasarkan pengalaman dari pengguna AirAsia Food, terdapat beberapa masalah seperti pengguna keluar dari aplikasi.

Article Details

Section
Articles

References

Andrews, K. R. (2009). Konsep Strategi Perusahaan. Surabaya: Erlangga.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Deepublish.

Gani, I., & Amalia, S. (2015). Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: Andi.

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Miro, F. (2005). Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi. Jakarta: Erlangga.

Miro, F. (2008). Perencanaan Transportasi:Untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi. Jakarta: Erlangga.

Mowen, J., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). PENGEMBANGAN APLIKASI UJI-T SATU SAMPEL BERBASIS WEB(DEVELOPMENT OF WEB-BASED ONE-SAMPLE T-TEST APPLICATION). 245.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2014). Service Management : Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.

Vincentius, & Putranto, L. S. (2020). Analisis Pengaruh Layanan Pesan Makanan Online Terhadap Perjalanan Berbasis Rumah dan Berbasis Tempat Aktivitas. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 1003-1016.