DISTRIBUSI LALU LINTAS ANGKUTAN BARANG YANG MELINTAS JEMBATAN TIMBANG CIKANDE SERANG BANTEN BERDASARKAN JENIS PELANGGARAN

Main Article Content

Raymond Wiling
Dewi Linggasari
Hokbyan R.S. Angkat

Abstract

The freight transportation system is an important part of transportation in supporting the logistics system and becomes the backbone of the national goods movement flow. The national freight transportation system is dominated by land transportation modes. The problem that arises is the behavior of Over Dimension Over Loading (ODOL) transportation. Some of the losses caused by ODOL transportation include damage to road, bridge and port infrastructure, shortening the service life of roads while increasing maintenance costs, causes and perpetrators of traffic accidents, and causes excessive air pollution. This research will focus on examining the distribution of heavy freight traffic across the weighbridge based on the type of violation in UPPKB Cikande Serang Banten using quantitative analysis methods on primary and secondary data on freight traffic This research will be very useful for understanding the distribution pattern of freight traffic across weighbridges and developing strategies that support the Zero ODOL policy. The results of the cross tabulation analysis of secondary data between types of violations and vehicle axes during 2020-2021 show that the most frequent occurrences are 1.2 vehicle axles that violate documents, but in 2022 the most occurrences change to 1.2 vehicle axles that do not violate documents.


 


Abstrak


Sistem angkutan barang merupakan bagian penting transportasi dalam mendukung sistem logistik dan menjadi tulang punggung arus pergerakan barang nasional. Sistem angkutan barang nasional didominasi oleh moda transportasi darat. Permasalahan yang muncul adalah adanya perilaku angkutan Over Dimension Over Loading (ODOL). Beberapa kerugian yang diakibatkan oleh angkutan ODOL antara lain kerusakan infrastruktur jalan, jembatan, dan pelabuhan, memperpendek umur layan jalan sekaligus meningkatkan biaya pemeliharaan, penyebab dan pelaku kecelakaan lalu lintas, dan menimbulkan polusi udara yang berlebihan. Penelitian ini akan fokus mengkaji distribusi lalu lintas angkutan barang berat yang melintas jembatan timbang berdasarkan jenis pelanggaran di UPPKB Cikande Serang Banten dengan menggunakan metode analisis kuantitatif terhadap data primer dan sekunder lalu lintas angkutan barang. Penelitian ini akan sangat bermanfaat untuk memahami pola distribusi lalu lintas angkutan barang yang melintas jembatan timbang dan mengembangkan strategi yang mendukung kebijakan Zero ODOL. Hasil analisis tabulasi silang data sekunder antara jenis pelanggaran dan sumbu kendaraan selama tahun 2020-2021 menunjukkan bahwa yang paling banyak terjadi adalah sumbu kendaraan 1.2 yang melanggar dokumen, tetapi pada tahun 2022 yang paling banyak terjadi berubah menjadi sumbu kendaraan 1.2 yang tidak melanggar.

Article Details

Section
Articles

References

Andris Wandi, S. M. (2016). Analisis Kerusakan Jalan Akibat Beban Berlebih (Studi Kasus Jalan Banda Aceh-Meulaboh Km.69 S/D Km.150). Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala, 317-328.

Balitbanghub.dephub.go.id (2021, 27 April). Kajian Pengendalian Over Dimensi Over Loading. Diakses pada 28 Januari 2022, dari https://balitbanghub.dephub.go.id/berita/kajian-pengendalian-over-dimensi-over-loading.

Bisnis.com (2021, 23 September). Menhub: Truk ODOL Jadi Masalah Utama Angkutan Barang. Diakses pada 28 Januari 2022, dari https://ekonomi.bisnis.com/read/20210923/98/1445919/menhub-truk-odol-jadi-masalah-utama-angkutan-barang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat. (2003). Surat Edaran Nomor AJ.307/2/7/DRJD/2003 Tentang ketentuan mengenai angkutan barang curah. Jakarta. Direktorat jenderal perhubungan darat.

Kementerian Perdagangan. (2020). Laporan akhir: analisis dampak implementasi kebijakan zero over dimension over load (ODOL) terhadap peningkatan harga barang kebutuhan pokok dan barang penting. Jakarta. Pusat Pengkajian Perdagangan Dalam Negeri. Diakses dari http://bppp.kemendag.go.id/media_content/2020/11/kajian_20210813082041Analisis_Dampak_Implementasi_Kebijakan_Zero_Over_Dimension_Over_Load_(ODOL)_Terhadap_Peningkatan_Harga_Barang_Kebutuhan_Pokok_dan_Barang_Penting.pdf.

Kementerian Perhubungan. (2019). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 60 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang Dengan Kendaraan Bermotor di Jalan. Berita Negara Tahun 2019 Nomor 1087. Jakarta. Kementerian Perhubungan.

Ravel, S. (2020, Februari 14). otomotif.kompas.com. Diakses pada 10 Juli 2022, dari kompas.com:https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/14/123200815/truk-odol-masuk-peringkat-4-daftar-pelanggaran-lalu-lintas.