EVALUASI TINGKAT PELAYANAN JALAN (STUDI KASUS JALAN H. R. RASUNA SAID JAKARTA)
Main Article Content
Abstract
DKI Jakarta is the center of economic, cultural, and politic in the country of Indonesia. Population growth, infrastructure, and economic progress have all experienced rapid development. One example is Jalan H. R. Rasuna Said is a secondary artery type road in Jakarta. Rapid development also provides problems, especially high traffic demand. The number of vehicles that travel on the road causes problems, one of which is congestion. The purpose of the research is to evaluate the level of service on the Jalan H. R. Rasuna Said based on the guidelines of Indonesia Road Capacity Manual (MKJI 1997), Minister of Transportation Regulation KM number 14 of 2006 and Minister of Transportation Regulation KM number 96 of 2015. The method in this study use observation method to obtain data on the road, also using questionnaire method to get a perception of traffic conditions on the road to validate the model result.
Abstrak
DKI Jakarta merupakan pusat dari ekonomi, budaya, dan politik di negara Indonesia. Pertumbuhan populasi, kemajuan infrastruktur, dan ekonomi mengalami perkembangan pesat. Salah satu contohnya yaitu jalan H. R. Rasuna Said yan merupakan jalan yang bertipe arteri sekunder di Jakarta. Perkembangan pesat juga dapat memberikan permasalahan terutama permintaan lalu-lintas yang tinggi. Banyaknya kendaraan yang menempuh dijalan tersebut menimbulkan permasalahan, salah satunya kemacetan pada ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pelayanan jalan pada ruas jalan H. R. Rasuna Said berdasarkan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997), Peraturan Menteri Perhubungan KM nomor 14 tahun 2006 dan Peraturan Menteri Menteri Perhubungan KM nomor 96 tahun 2015. Metode pada penelitian menggunakan metode observasi untuk mendapatkan data-data pada jalan tersebut, juga menggunakan metode kuesioner untuk mendapatkan persepsi mengenai kondisi lalu lintas pada ruas jalan tersebut untuk menvalidasi hasil model.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Jurnal Mitra Teknik Sipil (JMTS) Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Firdaus, O. (2013). Analisis Tingkat Pelayanan Jalan pada Ruas Jalan Utama Kota PangkalPinang. FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 1(1), 55936. https://doi.org/10.33019/fropil.v1i1.255
Kementerian Perhubungan Indonesia. (2006). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2006 tentang
Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan (KM 14 Tahun 2006). http://jdih.dephub.go.id/produk_hukum/view/UzAwZ01UUWdWRUZJVlU0Z01qQXdOZz09
Kementerian Perhubungan Indonesia. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 96 Tahun 2015 tentang
Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas (PM 96 Tahun 2015). https://jdih.dephub.go.id/index.php/produk_hukum/view/VUUwZ09UWWdWRUZJVlU0Z01qQXhOUT09
SweRoad & PT Bina Karya. (1971). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1971). Direktorat Jenderal Bina Marga & Direktorat Bina Jalan Kota Republik Indonesia.