TINGKAT KEPUASAN WARGA LANJUT USIA TERHADAP LAYANAN TRANSPORTASI UMUM DI JABODETABEK

Main Article Content

Reyner Vicgor Wijaya
Leksmono Suryo Putranto

Abstract

The needs and wants of elderly are often ignored by transportation service providers and policy makers, thus affecting the level satisfaction of elderly in using public transportation on daily activity. The current public transportation policy fails to provide elderly-friendly transportation services such as providing priority seats, providing more seats at stops, stable vehicle speeds, etc. The presence of public transportation and its good services will be a very important factor to improve the quality of life, sense of freedom and independence of the elderly. This study reviews several aspects of service such as: service quality, affordability, regularity, and convenience. The purpose of this study is to show the level satisfaction of elderly with public transportation services, to show in what aspects the elderly is satisfied with the services, to explain the influence of variable (age, gender, and domicile) on satisfaction level of elderly. Online questionnaire is used to collect data in this study. The analysis was carried out using mean difference test method and ordinal regression method with significance level of 0.05. Based on results of analysis, it is known that the majority of respondents expressed satisfaction with the public transportation services that have been provided at this time.


 



Abstrak


Kebutuhan dan hal yang diinginkan warga lanjut usia (lansia) seringkali diabaikan oleh penyedia jasa transportasi serta pembuat kebijakan, sehingga mempengaruhi tingkat kepuasan warga lanjut usia dalam menggunakan transportasi umum sehari-hari. Kebijakan transportasi umum yang ada saat ini gagal menyediakan layanan transportasi yang ramah lansia seperti penyediaan kursi prioritas dalam transportasi umum, penyediaan kursi yang lebih banyak di halte atau pemberhentian, kecepatan kendaraan yang stabil, dan lain sebagainya. Kehadiran transportasi umum dan layanannya yang baik akan menjadi faktor sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup, rasa kebebasan dan kemandirian para warga lanjut usia. Penelitian ini meninjau beberapa aspek layanan seperti: kualitas pelayanan, keterjangkauan, keteraturan, dan kenyamanan. Tujuan penelitian ini yaitu menunjukkan tingkat kepuasan warga lanjut usia terhadap pelayanan transportasi umum, menunjukkan dalam aspek apa lansia merasa puas dengan pelayanan transportasi umum, menjelaskan pengaruh variabel (usia, jenis kelamin, dan domisili) terhadap tingkat kepuasan warga lanjut usia. Kuesioner daring digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Analisis dilakukan dengan metode uji selisih mean dan metode regresi ordinal dengan taraf nyata 0,05. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa mayoritas responden menyatakan kepuasannya dengan pelayanan transportasi umum yang telah disediakan saat ini.

Article Details

Section
Articles

References

Chaisomboon, M., Jomnonkwao, S., & Ratanavaraha, V. (2020). Elderly users’ satisfaction with public transport in thailand using different importance performance analysis approaches. Sustainability (Switzerland), 12(21), 1–20.

Hu, X., Wang, J., & Wang, L. (2013). Understanding the Travel Behavior of Elderly People in the Developing Country: A Case Study of Changchun, China. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 96(Cictp), 873–880.

Kiik, S. M., Sahar, J., & Permatasari, H. (2018). Peningkatan Kualitas Hidup Lanjut Usia (Lansia) Di Kota Depok Dengan Latihan Keseimbangan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(2), 109–116.

Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel Berbasis Web. JUITA: Jurnal Informatika, 8(2), 245.

Purnami, D. A. M. D. Y., Sukarsa, I. K. G., & Gandhiadi, G. K. (2015). Penerapan Regresi Logistik Ordinal Untuk Menganalisis Tingkat Keparahan Korban Kecelakaan Lalu Lintas Kabupaten Buleleng. E-Jurnal Matematika, 4(2), 54.

Riansyah, O., Damayanti, R., Usman, B., & Putra, A. E. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Transmusi) Melalui Kinerja Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kota Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 15(1), 49–61.

Shrestha, B. P., Millonig, A., Hounsell, N. B., & McDonald, M. (2017). Review of Public Transport Needs of Older People in European Context. Journal of Population Ageing, 10(4), 343–361.

Sriyanto, A., & Ditto. (2018). Analisis Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Jasa Transportasi Publik Bus Transjakarta Koridor 13 (Ciledug – Blok M). Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 7(1), 488–497.

Wong, R. C. P., Szeto, W. Y., Yang, L., Li, Y. C., & Wong, S. C. (2017). Elderly users’ level of satisfaction with public transport services in a high-density and transit-oriented city. Journal of Transport and Health, 7(November 2016), 209–217.