EVALUASI FAKTOR HAMBATAN SAMPING PADA PENENTUAN KAPASITAS JALAN STUDI KASUS: JALAN JENDRAL SUDIRMAN JAKARTA

Main Article Content

Yulia Rosaria Kunarti
Najid Najid

Abstract

Technological developments and economic growth in the DKI Jakarta area have resulted in increased development in various fields, that the need for transportation facilities is increasing in the center of Jakarta, especially on Jalan Jendral Sudirman, traffic congestion is caused by an imbalance between increased use of vehicles and the growth of available road infrastructure, and the capacity of the existing road is smaller than the capacity of the planned road, all of which result in side obstacles. The purpose of this study was to analyze and evaluate side barriers in determining traffic capacity in various conditions and certain times, based on the 1997 MKJI guidelines. Calculating road capacity using secondary data from research that has been validated by previous researchers. in 2020 by Sarah Haryati, that data is obtained on Jalan Jendral Sudirman, Jakarta. In addition, we also use questionnaire data in the form of a google form to get the perception of these side barriers. The results obtained that the Jalan Jendral Sudirman Jakarta section is in the Very Low class in the morning, afternoon, and evening. For the next research, it is expected to specifically make a questionnaire to focus more on getting more valid data.

 

ABSTRAK

Perkembangan teknologi serta pertumbuhan ekonomi di wilayah DKI Jakarta mengakibatkan peningkatan pembangunan di berbagai bidang, sehingga kebutuhan sarana transportasi semakin meningkat pada pusat kota Jakarta terutama pada jalan Jendral Sudirman, kemacetan lalu lintas disebabkan oleh ketidak seimbangan antara peningkatan penggunaan kendaraan dan pertumbuhan prasarana jalan yang tersedia, serta kapasitas ruas jalan yang ada lebih kecil dari kapasitas jalan yang direncanakan, semua itu mengakibatkan adanya hambatan samping. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan juga mengevaluasi faktor hambatan samping pada penetuan kapasitas lalu lintas di berbagai macam kondisi dan waktu tertentu, dengan berdasarkan dari pedoman MKJI tahun 1997. Dengan menghitung kapasitas jalan menggunakan data sekunder dari penelitian yang sudah di validasi yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya pada tahun 2020 oleh Sarah Haryati, didapatkan data-data pada jalan Jendral Sudirman, Jakarta. Selain itu kita juga menggunakan data kuesioner dalam bentuk google form untuk mendapatkan persepsi hambatan samping tersebut. Hasil yang didapatkan bahwa ruas Jalan Jendral Sudirman Jakarta terdapat dalam kelas Sangat Rendah pada waktu pagi hari, siang hari, dan sore hari. Untuk penelitian berikutnya, diharapkan secara khusus membuat kuesioner agar lebih fokus mendapatkan data yang lebih valid.

Article Details

Section
Articles

References

Haryati, S., & Najid. (2020). Analisis Kapasitas dan Kinerja Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Jendral Sudirman. Jurnal Mitra Teknik Sipil, 4(1), 95-108.

MKJI. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Oglesby, C. H. (1993). Teknik Jalan Raya. Jakarta: Erlangga.

Putranto, L. S. (2008). Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta: Indeks.

Sukirman, S. (1994). Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan Raya. Bandung: Nova.