EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PCI DAN SDI (STUDI KASUS: JALAN JATISARI, KARAWANG)

Main Article Content

ricky hermawan
Anissa Noor Tajudin

Abstract

Large vehicles that repeatedly pass a road cause damage to the pavement of the Jatisari National Road, Karawang. Various pavement damage that occurs such as holes, patches, crocodile skin cracks, groove cracks, sungkur, roadside cracks, and subsidence. Pavement Condition Index (PCI) is a method commonly used to indicate the condition of road pavement, so that it can be known good handling to maintain the pavement. The Surface Distress Index (SDI) method can also be used to indicate the condition of the road surface. With the PCI method, the results of the calculation in the Pamanukan direction are classified as perfect at 78%, very good 14%, good 4% and moderate 4%. while the Cikampek direction is classified as perfect at 74%, very good 12%, good 8%, moderate 4%, and bad 2%. Using the SDI method, good results were obtained for both directions. Based on the results of the analysis, research using the PCI and SDI methods showed different results, because the PCI method observed all the damage that occurred on the pavement, while the SDI method only observed 4 elements of damage, so the results displayed were different.

 

ABSTRAK

Kendaraan besar yang berulang kali melewati sebuah jalan menyebabkan kerusakan pada perkerasan Jalan Nasional Jatisari, Karawang. Berbagai Kerusakan perkerasan yang terjadi seperti, lubang, tambal, retak kulit buaya, retak alur, sungkur, retak tepi jalan, dan amblas. Pavement Condition Index (PCI) merupakan metode yang biasa digunakan untuk menunjukkan kondisi perkerasan jalan, sehingga bisa diketahui penanganan yang baik untuk memelihara perkerasan jalan tersebut. Selain itu, digunakan metode Surface Distress Index (SDI) untuk menunjukkan kondisi permukaan jalan. Dengan Metode PCI, hasil perhitungan pada arah Pamanukan digolongkan sempurna sebesar 78%, sangat baik 14%, baik 4% dan sedang 4%. sedangkan pada arah Cikampek digolongkan sempurna sebesar 74%, sangat baik 12%, baik 8%, sedang 4%, dan buruk 2%. Dengan metode SDI, diperoleh hasil Baik untuk kedua arah jalan. Berdasarkan hasil analisis, penelitian menggunakan metode PCI dan SDI menunjukkan hasil yang berbeda, dikarenakan dalam metode PCI mengamati semua kerusakan yang terjadi pada perkerasan jalan, sedangkan untuk metode SDI hanya mengamati 4 unsur kerusakan, sehingga hasil yang ditampilkan berbeda.

Article Details

Section
Articles

References

Arhin, S. A., Williams, L. N., Ribbiso, A., & Anderson, M. F. (2015). Predicting Pavement Condition Index Using International Roughness Index in a Dense Urban Area. Journal of Civil Engineering Research, 5(1), 10-17.

ASTM. (2008). Standard Practice for Road and Parking Lots Pavement Conditions Survey: D 6433-07. Pennsylvania: ASTM.

Bina Marga. (1995). Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Jalan Propinsi. Jakarta: Departemen Pekerjaab Unun.

Croney, D., & Croney, P. (1998). THE DESIGN AND PERFORMANCE OF ROAD PAVEMENTS (Third ed.). New York: McGraw-Hill.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2011). Indonesia Integrated Road Management System (IIRMS) No. SMD-03/RC Panduan Survei Kondisi Jalan. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2011). SURVEI KONDISI JALAN UNTUK PEMELIHARAAN RUTIN No. 001-01 / M / BM / 2011. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum.

Setyawan, A., Nainggolan, J., & Budiarto, A. (2015). Predicting the remaining service life of road using pavement condition index. Procedia Engineering, 125, 417-423.

Shahin, Y. M. (2000). Pavement management for airports, roads, and parking lots. Boston: Kluwer.

Sukirman, S. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Nova.

Yoder, E. J., & Witczak, M. W. (1975). Principles of Pavement Design. New York: A Wiley-Interscience Publication.