ANALISIS KAPASITAS DUKUNG TIANG TUNGGAL BERDASARKAN DATA KALENDERING

Main Article Content

Aazokhi Waruwu
Jhonson Frenky Leonardo Sirait

Abstract

Fondasi tiang digunakan untuk mendukung bangunan, bila lapisan tanah kuat terletak sangat dalam. Kapasitas dukung tiang perlu dianalisis untuk menentukan seberapa kemampuan tiang dalam mentransfer beban-beban ke lapisan tanah keras. Banyak metode yang dapat digunakan untuk menganalisis kapasitas tiang. Metode yang digunakan tergantung data yang tersedia. Analisis kapasitas tiang pancang tunggal memerlukan data kalendering berupa data pemancangan di lapangan. Beberapa metode dapat digunakan, namun perlu diketahui metode mana yang memberikan hasil yang mendekati satu sama lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kapasitas dukung tiang, hubungannya dengan penetrasi, dan perbandingan antar metode yang digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data-data kelendering pada dua lokasi titik pemancangan. Berdasarkan metode Hilley, Sanders, dan Navy-Mckay dilakukan analisis kapasitas dukung tiang dan hubungannya dengan penetrasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kapasitas dukung tiang Hiley mendekati sama dengan Navy-Mckay. Metode Sanders menujukkan perbedaan yang cukup jauh dan lebih tinggi 80% dari metode Hiley, sedangkan metode Navy-Mckay memiliki perbedaan 20% lebih tinggi dari dari metode Hiley.  Hubungan kapasitas ijin tiang rata-rata dengan penetrasi tiang didapatkan bahwa semakin kecil nilai penetrasi tiang, maka nilai kapasitas dukung tiang semakin besar.

Article Details

Section
Articles

References

Basoka, I W A. “Perbandingan Daya Dukung Tiang Pancang Berdasarkan Pengujian Cone Penetration Test (CPT) dan Standard Penetration Test (SPT) pada Tanah Berpasir.” Jurnal Kadiri Riset Teknik Sipil 4.1 (2020): 109-123.

Firmando, Alfandy, Hendy Wijaya dan Amelia Yuwono. “Analisis Riwayat Waktu Gempa Sesar pada Sistem Pondasi Tiang.” Jurnal Mitra Teknik Sipil 4.1 (2021): 205-220.

Hardiyatmo, Hary Christady. Analisis dan Perancangan Fondasi II. 3. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,, 2015.

Lukman, Hikmad. “Rasio Daya Dukung Tiang Pancang Berdasarkan Hasil Kalendering.” Jurnal Teknik 18 No 1 (2017): 50-57.

Pratama, Raden Ridwan, Hikmad Lukman dan Andi Rahmah. “Analisa Daya Dukung Tiang Pancang Berdasarkan Hasil Data Kalendering Pada Proyek Icon City Delta Mas, Cikarang Pusat, Bekasi.” Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik-Universitas Pakuan (2016): 1-7.

Randyanto, Eko Seftian. “Analisis Daya Dukung Tiang Pancang dengan Menggunakan Metode Statik dan Calendering.” Jurnal Sipil Statik 3.9 (2015): 631-643.

Sagita, Monika Ayu, Fera Fahriani dan Yayuk Aprianti. “Analisis Perbandingan Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Menggunakan Hasil Uji SPT dan Uji Beban Dinamis pada Proyek Penggantian Jembatan Baturusa.” Pangkalpinang: Prosiding Seminar Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, 2020.

Sulha, S, et al. “Analisis Kapasitas Dukung Tiang Pancang Tunggal Berdasarkan Data N-SPT, CPT dan Kalendering.” Jurnal STABILITA 7.1 (2019): 39-46.

Tampubolon, Elvina Marianna dan Yuki Achmad Yakin. “Analisis Daya Dukung Tiang Tunggal Dinamik pada Tanah Lunak di Gedebage.” Jurnal Online Institud Teknologi Nasional 3 No 2 (2017): 81-92.

Yusti, Andi dan Ferra Fahriani. “Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Diverifikasi dengan Hasil Uji Pile Driving Analyzer Test dan Capwap.” Jurnal Fropil 2 No 1 (2014): 19-31.