ANALISIS EFEKTIVITAS LAJUR KHUSUS SEPEDA PADA KAWASAN TOMANG – CIDENG TIMUR

Main Article Content

Devin Devin
Giovanni Pranata
Johannes Susanto

Abstract

During this pandemic, cycling has become an increasingly popular activity in Indonesian society. more and more people are flocking to bike. The reasons are also various, some are cycling to avoid cramming on public transportation for fear of contracting the corona virus, some are aimed only at eliminating boredom while doing Work From Home (WFH). Cycling also has many benefits including reducing stress, reducing the risk of degenerative desease, controlling body weight, and increasing body strength, balance and muscle coordination. However, there are still many problems with free space on the bicycle paths in the Jakarta area. One of the problems on bicycle paths that is often encountered is the difficulty of making the bicycle paths become steering due to several reasons. Therefore, this study aims to determine the level of satisfaction of the people of Jakarta, especially bicycle lane users to the bicycle lanes that have been provided by the Government. This research was conducted directly by observing the research location. And distribute questionnaires to the public to determine the level of respondent satisfaction. Processing of data analysis used descriptive statistical methods with the help of the application of the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS).


ABSTRAK

Di masa pandemi ini, bersepeda menjadi kegiatan yang makin populer di lakukan oleh masyrakat Indonesia. semakin banyak orang berbondong-bondong untuk bersepeda. Alasannya pun beragam ada yang bersepeda untuk menghindari berdesakan di kendaraan umum karena takut tertular virus corona ada pula yang bertujuan hanya untuk menghilangkan kejenuhan selama melakukan Work From Home (WFH). Bersepeda juga memiliki banyak manfaat diantaranya adalah mengurangi stres, mengurangi risiko penyakit degeneratif, mengandalikan berat badan, dan meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi otot tubuh. Akan tetapi masih terdapat banyak masalah pada lajur sepeda yang ada di kawasan jakarta ini. Salah satu masalah pada lajur sepeda yang sering dijumpai adalah sulitnya membuat lajur sepeda menjadi stelir dikarenakan oleh beberapa hal. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat jakarta khususnya para pengguna lajur sepeda terhadap lajur sepeda yang telah disediakan oleh Pemerintah. Penelitian ini dilakukan secara langsung dengan melakukan pengamatan di lokasi penelitian dan membagikan kuesioner kepada masyarakat untuk mengetahui tingkat kepuasan responden. Pengolahan analisis data menggunakan metode statistika deskriptif dengan bantuan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS).

Article Details

Section
Articles

References

AASHTO. GUIDE FOR THE DEVELOPMENT OF BICYCLE FACILITIES. America: AASHTO, 2012.

Arifiani, Rida Agniya. EVALUASI PENGELOLAAN LANSKAP LAJUR SEPEDA DI SENTUL CITY, BOGOR. Bogor: Institut Pertanian Bogor, 2012.

Budiman, Dicky. HOBI BERSEPEDA SELAMA PANDEMI CORONA, KESADARAN ATAU HANYA LATAH? 22 6 2020. <https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/22/191500765/hobi-bersepeda-selama-pandemi-corona-kesadaran-atau-hanya-latah-?page=all>

CROW, Fistberaad. DESIGN MANUAL FOR BICYCLE TRAFFIC.

Netherlands: CROW, 2017.

ITDP. PANDUAN JAKARTA RAMAH BERSEPEDA. Indonesia: ITDP, 2019.

Pramudiarja, AN Uyung. 5 ALASAN BANYAK PESEPEDA 'OGAH' PAKAI LAJUR SEPEDA. 30 12 2019. <https://health.detik.com/kebugaran/d-4839803/5-alasan-banyak-pesepeda-ogah-pakai- lajur -sepeda>

PRESTO. PRESTO .CYCLING POLICY GUIDE. PRESTO, 2007.