ANALISIS KAPASITAS DAN KINERJA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN JENDERAL SUDIRMAN JAKARTA

Main Article Content

Sarah Haryati
Najid Najid

Abstract

Jakarta as the capital city of Indonesia is the center of economy, culture, and politics. Jenderal Sudirman street always crowded with passing vehicles, traffic snarls up everyday. The causes of these traffic jam is an increase the number of vehicles and cause a change in traffic behavior. Theoretically there is a fudamental relationship between flow, speed, & density, so the purpose of these research are to analyze and evaluate performance of traffic capacity in various conditions based on Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 and Greenshields model. Conclusion of the analysis are, after compared with traffic volume, capacity and speed based on MKJI are 3.127,6 pcu/hour and 55,7 km/hour, but the capacity of the model are selected because it’s largest, for sudirman – thamrin it’s 8.272,5 pcu/hour, and for thamrin – sudirman it’s 8.067,9 pcu/hour, While the calculation of free flow for sudirman – thamrin it’s 41.2 km/hour the lowest occurs in  evening, and for thamrin – sudirman it’s 43,9 km/hour the lowest occurs in  afternoon. The largest capacity it’s used for the next analysis, the next analysis are calculating degree of saturation and level of service, the result  shows that the roads are at C and D.


ABSTRAK

Jakarta ibu kota negara Indonesia merupakan pusat ekonomi, budaya, dan politik. Sebuah jalan di Jakarta yaitu Jenderal Sudirman selalu dipadati kendaraan. Lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman setiap hari mengalami kemacetan penyebabnya adalah peningkatan jumlah kendaraan di dalam kota dan menyebabkan perubahan perilaku lalu lintas, secara teoritis terdapat hubungan yang mendasar antara arus, kecepatan, dan kepadatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, mengevaluasi kinerja dan kapasitas lalu lintas di berbagai macam kondisi, tentu berdasarkan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia dan kapasitas model Greenshields. Dari hasil analisis hasil perhitungan kapasitas dan kecepatan arus bebas berdasarkan MKJI sebesar 3.127,6 smp/jam dan 55,7 km/jam setelah dibandingkan dengan volume lalu lintas dipilih kapasitas model yang terbesar yaitu sebesar 8.272,5 smp/jam pada sudirman - thamrin & 8.067,9 smp/jam pada thamrin - sudirman, dan hasil perhitungan kecepatan arus bebas terendah sebesar 41,2 km/jam di sore hari untuk sudirman - thamrin, sebaliknya thamrin - sudirman terendah sebesar 43,9 km/jam di siang hari. Gunakan kapasitas yang terpilih tersebut untuk analisis berikutnya yaitu perhitungan ratio perbandingan arus dan kapasitas (DS) dan tingkat pelayanan yan berada pada tingkat pelayanan huruf C dan D di kedua arahnya.

Article Details

Section
Articles

References

Adiel Lorenzo Giovanni. Pengaruh Electronic Road Pricing terhadap Perbaikkan Pelayanan Waktu Tunggu Dan Waktu Tempuh Transjakarta Pada Ruas Jalan Sudirman – Thamrin. 2020. Universitas Tarumanagara

Departemen Pekerjaan Umum. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jenderall Bina Marga. 1997. Jakarta.

Dikdik Sunardi, Ida Farida, Agus Ismail, Studi Analisis Hubungan, Keceptan, Volume, Dan Kepadatan Di Jalan Merdeka Kabupaten Garut Dengan Metode Greenshield. Vol. 11. 2013. Jurnal STT-Garut All Right Reserved. no.1.

Eko Nugroho. Hubungan Antara Kecepatan, Volume, dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang. Vol. 12. 2010. Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan. (no.4): Hal 151 -160.

Najid. Evaluation of Side Friction In IHCM For Highway 2 Lanes 2 Ways, ISTSDC. 2019.

Ofyar Z Tamin. Perencanaan, Permodelan, dan Rekayasa Transportasi. ITB. 2008. Bandung.