ANALISIS KAPASITAS DAN KECEPATAN ARUS BEBAS BERDASARKAN MKJI DI RUAS JALAN GATOT SUBROTO

Main Article Content

Zahwa Nur Raudah
Widodo Kushartomo
Najid Najid

Abstract

The congestion that occurs in the city of Jakarta is caused by the large number of four-wheeled and two-wheeled vehicle drivers who fill the road, so that the volume increases which results in a congestion on the road segment. In this research, we will discuss about the capacity and free flow on Gatot Subroto street  in both directions. The data needed to calculate the capacity and speed of free flow is the volume of the vehicle, the speed and density of the road sections. This research was conducted in the morning to evening, each 2 hours with a time interval of 15 minutes. The calculation in the study used the MKJI 1997 method and the Greenshield method. Obtained from the Greenshield model the highest R2 value in the morning to evening is 0,9943 with a VS value = 40.011 - 0.0396D for direction 1 and a value of C = 10107 pcu / hour while the R2 value for direction 2 is 0,9193 with VS = 66 ,9928 – 0,1583D for direction 2, the value of C = 7088 pcu / hour. By using the MKJI 1997 method, the value of C = 4890,6 pcu / hour was obtained.

 

ABSTRAK

Kemacetan yang terjadi di Kota Jakarta disebabkan  banyaknya pengemudi kendaraan roda empat maupun roda dua  yang memenuhi ruas jalan tersebut, sehingga volume meningkat yang mengakibatkan terjadinya kepadatan pada ruas jalan tersebut. Pada penelitian ini, akan dibahas mengenai  kapasitas dan kecepatan arus bebas di ruas jalan Gatot Subroto di kedua arah. Data yang dibutuhkan untuk menghitung kapasitas dan kecepatan arus bebas adalah volume kendaraan,kecepatan dan kepadatan ruas jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan pada pagi hari hingga sore hari  , masing masing setiap 2 jam dengan interval waktu 15 menit. Perhitungan pada penelitian menggunakan metode MKJI 1997 dan metode Greenshield. Didapat dari model Greenshield nilai Rtertinggi pada saat pagi hingga sore hari yaitu 0,9943 dengan nilai  VS = 40,011 – 0,0396D untuk arah 1 dan nilai C = 10107 smp/jam sedangkan nilai R2 untuk arah 2  0,9193 dengan  VS = 66,9928 – 0,1583D untuk arah 2 nilai C = 7088 smp/jam. Dengan menggunakan metode MKJI 1997 didapat nilai C = 4890,6 smp/jam.

Article Details

Section
Articles

References

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. 1997.

Pribadi, Lucky Tulus. "Studi Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kerapatan Pada Ruas Jalan Gatot Subroto Kota Cimahi." Jurnal Teknik, Volume 3 No.1 Mei (2004): 235.

Risdiyanto. Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Leutikapro, 2014.

Salim, Abbas. Manajemen Transportasi. Jakarta: Raja Grafindo Prasada, 2000.

Tamin, Ofyar Z. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB, 2000.