PEMANFAATAN KUIS SEBAGAI ASESMEN FORMATIF DALAM PEMBELAJARAN BLOK DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Main Article Content

Yoanita Widjaja

Abstract

Saat ini di FK Untar masih ada beberapa blok dengan persentase kelulusan di bawah 80% yang belum menyelenggarakan asesmen formatif. Padahal,asesmen formatif diketahui besar manfaatnya untuk meningkatkan pembelajaran.Selain itu juga belum ditemukan rekomendasi pelaksanaan asesmen formatif yang efektif dalam pembelajaran blok pada pendidikan kedokteran tahap akademik di Indonesia.Tujuan penelitian pendahuluan ini yaitu untuk mengeksplorasi aspek manfaat dan fisibilitas dari penggunaan kuis, dengan menggunakan rancangan pelaksanaan yang diusulkan, sebagai metode asesmen formatif.Berdasarkan penelitian ini, selanjutnya dapat disusun rekomendasi rancangan pelaksanaan kuis yang efektif dalam blok pada pendidikan kedokteran tahap akademik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap beberapa mahasiswa dan staf pengajar dan telaahdokumen laporan nilai akhir blok.Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan peningkatan persentase kelulusan. Dari persepsi mahasiswa dan staf pengajar, metode kuis sebagai asesmen formatif yang diaplikasikan saat ini memberikan manfaat bagi mahasiswa dan staf pengajar. Manfaat bagi mahasiswa yaitu mendorong pembelajaran, menyediakan sarana untuk mengaplikasikan pengetahuan, menekankan hal-hal prinsipdalam learning issues, memberikan gambaran ujian sumatif dan sebagai bahan refleksi. Faktor internal dalam diri mahasiswa dapat membuat manfaat tersebut dirasakan berbeda oleh masing-masing individu. Kuis juga bermanfaat bagi staf pengajar sebagai sarana memonitor pembelajaran mahasiswa dan menilai kinerja diri.Sistem pelaksanaannya dinilai sudah efektif, namun fisibilitasnya masih harus ditingkatkan.Kesimpulan hasil penelitian ini, yaitu pelaksanaan kuis bermanfaat bagi mahasiswa dan staf pengajar. Rancangan kuis akan dimodifikasi dalam pelaksanaannya dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan fisibilitas dan penerimaannya.

 

Article Details

Section
Articles

References

Alzughaibi, M., Alotaibi, M., Ahmed, F., Alqahtani, B., & Bargo, M. (2016). PBL quizzes and their effects on student performance. Journal of US-China Medical Science, 13, 108-112. doi: 10.17265/1548-6648/2016.02.007

Amin, Z. & Eng, K. H. (2006). Basics in medical education. World scientific, Singapore, 251-265.

Amin, Z., Seng. C. Y., & Eng, K. H. (2010). Practical guide to medical student assessment. World scientific, Singapore, 3-7.

Archer, J. C. (2010). State of the science in health professional education: Effective feedback. Medical Education, 44, 101-108. doi:10.1111/j.1365-2923.2009.03546.x

Biggs, J. (1998). Assessment and classroom learning: A role for summative assessment?. Assessment in Education, 5, 103-110. Cited in Rushton (2005).

Black, P. & Wiliam, D. (1998). Inside the black box: Raising standards through classroom assessment. Phi Delta Kappan, 80(2), 139-148.

Boud, D. (2015). Feedback: Ensuring that it leads to enhanced learning. The Clinical Teacher, 12, 3-7. doi: 10.1111/tct.12345

Boud, D. & Falchikov, N. (2006). Aligning assessment with long-term learning. Assessment & Evaluation in Higher Education, 31(4), 399-413. doi: 10.1080/02602930600679050

Bricki, N. & Green, J. (2009). A guide to using qualitative research methodology. Medecins Sans Frontieres Field Research. Retrieved December 9, 2015, from: http://hdl.handle.net/10144/84230.

Carrillo-De-La-Peña, M. T., Baillès, E., Caseras, X., Martínez, À., Ortet, G., & Pérez, J. (2009). Formative assessment and academic achievement in pre-graduate students of health sciences. Advances in Health Sciences Education, 14(1), 61–67. https://doi.org/10.1007/s10459-007-9086-y

Chang, E. K., & Wimmers, P. F. (2016). Effect of repeated/spaced formative assessments on medical school final exam performance. Health Professions Education, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.08.001

Epstein, R. M. (2007). Assessment in medical education. N Engl J Med, 356, 387-396.

Hattie, J. (1999). Influences on student learning. Inaugural Lecture given on August, 2(August), 1–25. Retrieved from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.114.8465&rep=rep1&type=pdf

Hattie, J. & Timperley, H. (2007). The power of feedback. Review of educational research, 77(1), 81-112. doi: 10.3102/003465430298487

Jain, V., Agrawal, V., & Biswas, S. (2012). Use of formative assessment as an educational tool. Journal of Ayub Medical College, Abbottabad?: JAMC, 24(3–4), 68–70. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24669614

Kibble, J. (2007). Use of unsupervised online quizzes as formative assessment in a medical physiology course: Effects of incentives on student participation and performance. Advances in Physiology Education, 31(3), 253-260. doi: 10.1152/advan.00027.2007

Krackov, S. K. (2013). Giving feedback. In J. A. Dent & R. M. Harden (Eds.), A practical guide for medical teachers (4th ed., pp. 323-328). London: Elsevier.

Larsen, D. P., Butler, A. C., & Roediger, H. L. (2008). Test-enhanced learning in medical education. Medical Education, 42(10), 959–966. https://doi.org/10.1111/j.1365-2923.2008.03124.x

McLachlan, J. C. (2006). The relationship between assessment and learning. Medical Education, 40, 716-717.

Nicholls, G. (2002). Developing teaching and learning in higher education. New York: Routledge.

Nicol, D. J. & Macfarlane-Dick, D. (2006). Formative assessment and self-regulated learning: A model and seven principles of good feedback practice. Studies in Higher Education, 31(2), 199-218. doi: 10.1080/03075070600572090

Norcini, J., Anderson, B., Bollela, V., Burch, V., Costa, M.J., Duvivier, R., … Roberts, T. (2011). Criteria for good assessment: Consensus statement and recommendations from the Ottawa 2010 conference. Medical teacher, 33, 206-214. doi: 10.3109/0142159X.2011.551559

Norcini, J. & David, M. F. B. (2013). Concept in assessment. In J. A. Dent & R. M. Harden (Eds.), A practical guide for medical teachers. (pp. 285-290). London: Elsevier.

Peraturan Universitas Tarumanagara nomor 078 tentang penyelenggaraan pembelajaran pada program studi kedokteran. (2007).

Peraturan Universitas Tarumanagara nomor 091 tentang penyelenggaraan pembelajaran pada program studi kedokteran. (2011).

Roediger, H. L., & Karpicke, J. D. (2006). Test-enhanced learning: Taking memory tests imporves long-term retention. Psychological Science, 17(3), 249–255. https://doi.org/10.1111/j.1467-9280.2006.01693.x

Rushton, A. (2005). Formative assessment: A key to deep learning?. Medical Teacher, 27, 509-512. doi: 10.1080/01421590500129159

Sadler, D. R. (1998). Formative assessment: Revisiting the territory. Assessment in Education, 5(1), 77-84.

Sargeant, J. M., Mann, K. V., Van der Vleuten, C. P., Metsemaker, J. K. (2008). Reflection: a link between receiving and using assessment of feedback. Advances in Health Science Education, 13(3), 275-288. Cited in

Krackov (2013).

Schuwirth, L. W. T, Van der Vleuten, C. P. M. (2013). Written assessment. In J. A. Dent & R. M. Harden (Eds.), A practical guide for medical teachers (4th ed., pp. 299-305). London: Elsevier.

Shathele, S. M. S. & Oommen, A. (2015). Factors influencing the academic performance of the female medical students in preclinical and clinical years. Journal of Medicine and Medical Sciences, 6(6), 109-114. http:/dx.doi.org/10.14303/jmms.2015.047

Shawwa, L. A., Abulaban, A. A., Abulaban, A. A., Merdad, A., Baghlaf, S., Algethami, A., …Balkhoyor, A. (2015). Factors potentially influencing academic performance among medical students. Advances in Medical Education and Practice, 65. https://doi.org/10.2147/AMEP.S69304

Van Der Vleuten, C. P. M., Schuwirth, L. W. T., Driessen, E. W., Govaerts, M. J. B., & Heeneman, S. (2015). Twelve Tips for programmatic assessment. Medical Teacher, 37(7), 641–646. https://doi.org/10.3109/0142159X.2014.973388