ANALISIS RISIKO INVESTASI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PERKANTORAN

Main Article Content

Hizkia Huwae
Iwan B. Santoso
Mark Setiadi

Abstract

Gedung perkantoran adalah salah bentuk properti komersial yang pengembangannya cukup pesat dilakukan di Jakarta khususnya di kawasan pusat kegiatan bisnis (CBD). Sebagai sebuah proyek, pengembangan gedung perkantoran tentunya dihadapi dengan berbagai ketidakpastian yang merupakan sumber risiko. Analisis risiko menjadi perlu dalam studi kelayakan, khususnya pada saat studi kelayakan finansial karena ketidakpastian pada pendapatan maupun biaya konstruksi selalu hadir. Studi ini bertujuan untuk melakukan studi kelayakan finansial pada suatu proyek gedung perkantoran strata di Jakarta dan melakukan analisis risiko menggunakan Metode Simulasi Monte Carlo yaitu simulasi yang mempertimbangkan distribusi probabilitas pada variabel yang telah ditentukan ke dalam suatu model, yang pada penelitian ini adalah Model Arus Kas Terdiskonto (Discounted Cash Flow, DCF). Hasil penelitian menunjukan bahwa kesimpulan kelayakan yang dihasilkan oleh analisis keuangan dengan Metode Arus Kas Terdiskonto memiliki p-value sebesar sekitar 67%. Dari analisis sensitivitas, diketahui bahwa harga jual memiliki dampak dua kali lebih besar terhadap NPV dan IRR dibandingkan biaya konstruksi.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Hizkia Huwae, Universitas Tarumanagara, PT Lippo Karawaci Tbk

Research and development at PT Lippo Karawaci Tbk

Iwan B. Santoso, Universitas Tarumanagara

Lecturer at Universitas Tarumanagara.

Mark Setiadi, Universitas Tarumanagara

Lecturer at Universitas Tarumanagara.

References

Colliers International (2017). “Colliers Quaterly Property Market Report, Q2 2017.” Jakarta

Javid, M. dan Seneviratne P. (2000). “Investment Risk Analysis in Airport Parking Facility Development.”, ASCE, USA.

Planton, V., dan Constantinescu, A. (2014). “Monte Carlo Method in risk analysis for investment projects.” Procedia, Buchares, Romania.

Potts, Keith (2008). Construction Cost Management, Taylor & Francis e-Library, UK.

Raftery, John (2003). Risk Analysis in Project Management, UK.

Royal Institution of Chartered Surveyors (2015), “Property cycles.” tersedia di www.rics.org/uk/knowledge/glossary/property-cycles/, diakses Januari 2018.