PERBANDINGAN DEFLEKSI ABSOLUT MAKSIMUM DARI PELAT ORTOTROPIK SEMI RIGID DENGAN BERBAGAI MACAM JENIS TANAH YANG DIMODELKAN MENGGUNAKAN PEMODELAN PASTERNAK AKIBAT BEBAN IN-PLANE TEKAN DAN BEBAN DINAMIK TRANSVERSAL

Riyawan Adi Kuncoro, Sofia Alisjahbana

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 45 times

Abstract

Di dalam paper ini, analisa respons dinamik dari pelat ortotropik diteliti. Pelat ortotropik memiliki perletakan semi rigid yang mencerminkan keadaan sebenarnya dari pelat. Pelat ortotropik didukung dengan tanah yang dimodelkan dengan menggunakan pemodelan yang diusulkan oleh Pasternak. Pemodelan elastis ini digunakan untuk dapat mengakomodasi interaksi gaya geser antar elemen pegas. Modified Bolotin Method (MBM) dengan dua buah persamaan transcedental digunakan untuk menyelesaikan permasalah respons dinamik dari pelat. Respons dinamik dari pelat diperoleh dengan basis ortogonalitas dari fungsi eigen yang dapat diekspresiskan dalam bentuk integral, sehingga dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan Metode Duhamel. Beban transversal dimodelkan sebagai sebuah beban terpusat yang bergerak dengan kecepatan konstan di arah x yang dapat diselesaikan dengan menggunakan karakteritsik khusus dari Dirac-delta, sedangkan beban in-plane diasumsikan sebagai beban static dari kedua arah (x dan y axis).

Keywords

semi rigid; pelat; Modified Bolotin Method (MBM); in-plane tekan; beban dinamik bergerak; pondasi Pasternak

Full Text:

PDF

References

Alisjahbana, S. W., Wangsadinata, W. (2006), “Dynamic Response of Rectangular Orthotropic Plate Supported by Pasternak Foundation Subjected to Dynamic Load”, First International Structural Specialty Conference, Calgary, Alberta, Canada

Alisjahbana, S. W., Wangsadinata, W, dan Baadilla, D.A. (2007), “Dynamic Behaviour of Rigid Concrete Pavements Under Dynamic Traffic Loads.” 1st International Conference of European Asian Civil Engineering Forum, Jakarta.

Alisjahbana, S. W., Wangsadinata, W. (2012). “Dynamic Analysis of Rigid Roadway Pavement Under Moving Traffic Loads with Variable Velocity.” Interaction and Multiscale Mechanics: An International Journal, Vol. 5, No. 2, pp 105 - 114.

Baadilla, D. A. (2006). “Dinamika Pelat Perkerasan kaku dengan Tahanan Tepi Sembarang”, Disertasi Doktor Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Tarumanegara, Jakarta.

Dickinson, S. M., 1975, “Modified Bolotin’s Method Applied to Buckling and Lateral Vibration of Stressed Plates”, AIAA Journal, Vol. 13, No. 1, January 1975, pp. 109-110.

Dickinson, S. M., 1975, “Modified Bolotin’s Method Applied to Buckling and Vibration of Stressed Plates”, AIAA Journal, Vol. 13, No. 12, December 1975, pp. 1672-1673.

Kerr, A. D., 1964, “Elastic and Viscoelastic Foundation Models”, Journal of Applied Mechanics Transactions, ASME, 31, pp 491-498.

Kerr, A. D., 1964, “A Study of New Foundation Model”, Acta Mechanica, Springer-Verlag

Patil, V.A., Sawant, V.A. and Deb, Kousik, 2010, “Use of Infinite Elements in the Dynamic Analysis of Rigid Pavement Resting on Two Parameter Soil Medium”, Indian Geotechnical Conference, 895-98, IGS Mumbai Chapter & IIT Bombay.

Pevzner, P. & Weller, T. & Berkovits, A., 2000, “Further Modification of Bolotin Method in Vibration Analysis of Rectangular Plates”, AIAA Journal, Vol. 38, No. 9, September 2000, pp. 1725-1729.

Vijayakumar, K., 1971, “New Method for Analysis of Flexural Vibration of Rectangular Orthotropic Plates”, Journal of Aeronautical Society of India, Vol 23, pp 198-204.

Timoshenko, S. P., and J. N. Goodier., 1974, “Theory of Elasticity”, International Student Edition, McGraw-Hill Book Company, Singapore.

Zaman, M., Alvappillai, A. and Taheri, MR., 1993, “Dyanamic Analysis of Concrete Pavements Resting on a Two Parameter Medium”, Intl. J. Num. Meth. Engg., 36, 1465-86.

Copyright (c) 2018 Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.