PENGEMBANGAN ALAT UKUR MOTIVASI MEMBACA PADA REMAJA

Main Article Content

Felicia Felicia
Sri Tiatri
Heni Mularsih

Abstract

Alat ukur motivasi membaca telah dikembangkan oleh berbagai studi alat ukur untuk mengukur motivasi membaca siswa/i TK dan SD (3-8 tahun). Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi alat ukur Reading Motivation Questionnaire (RMQ) dari Schiefele dan Schaffner (2016) ke dalam bahasa Indonesia. RMQ mempunyai 34 butir dan 7 dimensi, antara lain rasa ingin tahu, keterlibatan, nilai akademik, kompetisi, pengakuan sosial, regulasi emosi dan bebas dari kebosanan. Alat ukur yang disusun diuji secara statistik untuk menghasilkan alat ukur yang valid dan reliabel. Proses penyusunan alat ukur yang dilakukan adalah menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, back translation dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris lalu mencocokkan dengan butir asli, validitas muka, penilaian ahli kepada tiga dosen ahli, dan revisi butir. Setelah direvisi, peneliti membuang butir-butir alat ukur yang tidak valid sehingga alat ukur motivasi membaca pada remaja memiliki 31 butir dengan 7 dimensi. Diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia, peneliti mengubah butir-butir menjadi positif dan negatif. Setelah hasil adaptasi alat ukur sebanyak 37 butir diuji reliabilitas dan validitasnya, alat ukur motivasi membaca pada remaja reliabel (Cronbach’s Alpha = 0,897) dan valid secara konten dan konstruk. Dimensi yang memiliki butir-butir positif saja adalah dimensi regulasi emosi, sedangkan dimensi yang memiliki butir-butir negatif saja adalah dimensi pengakuan sosial. Pembahasan dan saran dibahas di dalam jurnal.

Article Details

Section
Articles

References

Central Connecticut State University. (2016). World’s Most Literate Nations Ranked. Diunduh dari http://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data

Gliem, J. A. & Gliem, R. R. (2003). Calculating, Interpreting, and Reporting Cronbach’s Alpha Reliability Coefficient for Likert-Type Scales, Midwest Research-to-Practice Conference, Ohio, October 8-10. Columbus, OH: Adult, Continuing, and Community Education.

Gravetter, F. J. & Wallnau L. B. (2008). Essentials of Statistics for the Behavioral Sciences, 6th Ed. Belmont, CA: Thomson Wadsworth.

Gregory, R. J. (2004). Psychological Testing: History, Principles, and Applications, 4th Ed. Boston, MA: Allyn and Bacon.

Gross, J. J. (2013). Emotion regulation: taking stock and moving forward. Emotion, 13 (3), 359-365.

Guthrie, J. T., Hoa, A. L. W., Wigfield, A., Tonks, S. M., Humenick, N. M., & Littles, E. (2007). Reading motivation and reading comprehension growth in the later elementary years. Contemporary Educational Psychology, 32(3), 282–313. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2006.05.004

Klauda, S. L. (2009). The role of parents in adolescents’ reading motivation and activity. Educational Psychology Review, 21(4), 325–363. https://doi.org/10.1007/s10648-009-9112-0

McGeown, S., Goodwin, H., Henderson, N., & Wright, P. (2012). Gender differences in reading motivation: Does sex or gender identity provide a better account? Journal of Research in Reading, 35(3), 328–336. https://doi.org/10.1111/j.1467-9817.2010.01481.x

Morgan, P. L., Fuchs, D., Compton, D. L., Cordray, D. S., & Fuchs, L. S. (2008). Does early reading failure decrease children’s motivation? Journal of Learning Disabilities, 41(5), 387–404.

Ryan, R. M. & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25, 54-67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020

Schaffner, E., Schiefele, U., & Ulferts, H. (2013). Reading amount as a mediator of the effects of intrinsic and extrinsic reading motivation on reading comprehension. Reading Research Quarterly, 48(4), 369–385. https://doi.org/10.1002/rrq.52

Schiefele, U., & Schaffner, E. (2016). Factorial and construct validity of a new instrument for the assessment of reading motivation. Reading Research Quarterly, 51(2), 221–237. https://doi.org/10.1002/rrq.134

Schiefele, U., Schaffner, E., Möller, J., Wigfield, A., Nolen, S., & Baker, L. (2012). Dimensions of reading motivation and their relation to reading behavior and competence. Reading Research Quarterly, 47(4), 427–463. https://doi.org/10.1002/RRQ.030

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2012). Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian dan Aplikasi, Edisi Ketiga. Jakarta, Indonesia: PT Indeks.

Stutz, F., Schaffner, E., & Schiefele, U. (2016). Measurement invariance and validity of a brief questionnaire on reading motivation in elementary students. Journal of Research in Reading, 0(0), 1–23. https://doi.org/10.1111/1467-9817.12085

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wigfield, A., & Guthrie, J. T. (1997). Relations of children’s motivation for reading to the amount and breadth or their reading. Journal of Educational Psychology, 89(3), 420–432. https://doi.org/10.1037/0022-0663.89.3.420