EFEKTIFITAS CHILD CENTERED PLAY THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN JOINT ATTENTION PADA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER

Main Article Content

Maria Novitawati
Ediasri Toto Admodiwirjo
Debora Basaria

Abstract

Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) kesulitan mengembangkan dan menumbuhkan kemampuan sosial dan emosi dalam pola yang sama dengan perkembangan anak seusianya. Anak ASD seringkali memiliki kesulitan untuk menginisiasi sebuah permainan dan secara umum tidak menyukai interaksi sosial timbal balik. Defisit joint attention merupakan core yang ditampilkan oleh anak ASD dalam kriteria DSM 4 (APA,1994). Child Centered Play Therapy (CCPT) adalah terapi yang memiliki salah satu area tujuannya yaitu joint attention. Penelitian sebelumnya menyebutkan, CCPT dapat efektif untuk meningkatkan kemampuan joint attention sehingga meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial bagi anak dengan ASD. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas CCPT untuk meningkatkan kemampuan Joint Attention pada anak ASD sehingga mampu merespon dan terlibat dalam lingkungan sosial. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan single case-experiment pre-testpost-test design dengan mengukur skor kemampuan joint attention meliputi kemampuan inisiative joint attention (IJA) dan kemampuan response joint attention (RJA) pada anak ASD dengan usia tiga tahun saat sebelum dan sesudah diberikan CCPT. CCPT diberikan sebanyak dua puluh sesi terapi selama empat minggu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa Child Centered Play Therapy (CCPT) dapat meningkatkan inisiative joint attention (IJA) dengan perbandingan skor pada post-test lebih tinggi (77,56) dibandingankan dengan pre-test (38,12).

Article Details

Section
Articles

References

Adamson LB, & Bakeman R. (1984). Mothers’ communicative actions: Changes during infancy.

Infant Behavior and Development.7, 467–478.

American Psychiatric Assosiation. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorder

(5

th ed.). Washington, DC: American Psychiatric Association Publishing.

Balch, J.W., & Ray, D.C. (2015). Emotional assets of children with autism spectrum disorder: A

single case therapeutic outcome experiment. Journal of Counseling and Development,

, 429-439.

Bavin, E., et al. (2014). Severity of autism is related to children's language processing.

International Society for Autism Research. 7 (6), 687-694.

Berk, L. E. (2013). Infants, Children, and Adolescents (7th ed.) Upper Saddle River, NJ: Pearson

Education, Inc.

Charman,T, & Wendy, S (2006). Social & Communication Development in Autism Spectrum

Disorder. Early Identification, Diagnosis, and Intervention. New York, NY: 72 Spring

Street

Cochran, N.H, Nordling, W.J, & Cochran, J.L (2010). Child-centered play therapy. A practical

guide to developing therapeutic relationships with children. Hoboken, NJ: John Wiley &

Sons.

Crain, W. (2011). Theories of development, concepts and applications (6th ed.). Upper Saddle

River, NJ: Pearson Education, Inc.

Deckers, A, Roelofs, J., Muris, P., & Rinck, M. (2014). Desire for social interaction in children

with autism spectrum disorders. Research in Autism Spectrum Disorders, 8, 449-453.

Jeyabalan. S. (2012). Developing Joint Attention in Children with Autism Spectrum Disorder - A

Pilot Study. Developing Joint Attention in Children with ASD. Bachelor of Arts in

Psychology (Honours). Murdoch University, Perth, WA.

Kaale, A., Smith, L., & Sponheim, E. (2012). A randomized controlled trial of preschool-based

joint attention intervention for children with autism. Journal of Child Psychology

Psychiatry, 53(1), 97-105.

Kasari, C. Freeman, S. & Paparella. (2006). Joint attention and symbolic play in

young children with autism: A Randomized controlled intervention study. Journal of

Child Psychology and Psychiatry, 47(6), 611- 620.

Kerig, P. K., Ludlow, A., & Wenar, C. (2012). Developmental psychopathology: from infancy

through adolescence (6

th ed.). Maidenhead, UK: McGraw-Hill.

Kring, A. M., Johnson, S. L., Davison, G. C., & Neale, J. M. (2010). Abnormal psychology.

Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.

Lynch, K. G. (2013). Review Response to and initiation of joint attention: overlapping but

distinct roots of development in autism?. Department of Psychology, College of Staten

Island, City University of New York, New York, NY.

Mash, E. J., & Wolfe, D.A. (2013). Abnormal child psychopathology, (5th Ed). Belmont, CA:

Wadsworth/ Cengage Learning.

Mellisa, F. (2013). 112.000 Anak Indonesia diperkirakan menyandang autisme. Republika.

Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/04/09/mkz2un-

-anak-indonesia-diperkirakan-menyandang-autisme.