HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MATEMATIKA DAN SELF-EFFICACY DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA X KOTA PALANGKA RAYA
Main Article Content
Abstract
Article Details
References
Ali, F. R. U. (2013, Desember). Siswa Indonesia peringkat 64 dari 65 negara, tapi
paling bahagia di Dunia. Kompasiana. Diunduh dari
http://www.kompasiana.com/www.febrialdiali.blogspot.com/siswa-indonesia-
peringkat-64-dari-65-negara-tapi-paling-bahagia-di-
dunia_552b89306ea83485098b4595
American Psychiatric Association. (2000). Diagnostic and Statistical Manual of Mental
Disorders (4th ed., text rev.). DOI:10.1176/appi.books.9780890423349.
Andiny, L. (2008). Perbedaan self-efficacy. Jakarta: FPSI UI.
Bandura, Albert. (1997). Self Efficacy : The Exercise Of Control. New York : W.H.
Freeman and Company.
Baron, R. A. & Branscombe, N. R. (2014). Social psyhcology (13th ed.). USA: Pearson.
Feist, J. & Feist, J. G. (2013). Theories of personality (8th ed.). Singapore: McGraw-
Hill.
Ghufron, M. N. & Suminta, R. R. (2013, Juni). Efikasi diri dan hasil belajar
matematika: Meta-analisis. Buletin Psikologi. 21(1). 20-30. Diunduh dari
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=
rja&uact=8&ved=0ahUKEwj8zfDL1arPAhXBvI8KHa5qCvYQFggnMAE&url
=https%3A%2F%2Fjurnal.ugm.ac.id%2Fbuletinpsikologi%2Farticle%2Fdownl
oad%2F9843%2F7411&usg=AFQjCNEe6s_tvc1ry9VJeT4fywHpDAzjWg&sig
=Mmh3inX0wOZ9FeGs4zgPew&bvm=bv.133700528,d.c2I
Hong, A. L. (2012). Pengaruh pelatihan metode gasing untuk meningkatkan self-
efficacy, motivasi belajar dan prestasi belajar matematika pada siswa SD. Tesis.
Jakarta: Universitas Tarumanagara
Ibrahim. (2008). Pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Atas. Semnas
Matematika dan Pendidikan Matematika. 90-100. Diunduh dari
http://eprints.uny.ac.id/6908/1/P-7%20Pendidikan%20(Ibrahim).pdf
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Laporan hasil ujian nasional tahun
Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Khaeriyah, Y. (2003). Hubungan antara kecemasan dan minat belajar matematika
dengan prestasi belajar matematika. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah
Mada. Diunduh dari
http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=Penelitia
nDetail&act=view&typ=html&buku_id=21536&obyek_id=4
King, L. A. (2013). The science of psychology: A appreciative view (2nd ed.). New
York: McGraw-Hill.
Mahmood, S. & Khatoon, T. (2011). Development and Validation of the Mathematics
Anxiety Scale for Secondary and Senior Secondary School Students. British
Journal of Arts and Social Sciences, 2(2), 169-179. Retrieved from
http://www.bjournal.co.uk/paper/BJASS_2_2/BJASS_02_02_07.pdf
Morada, M. H. D. (2015, December). Correlation of numerical anxiety and mathematics
performance. Asia Pasific Journal of Multidisciplinary Research, 3(5), 45-43.
Retrieved from http://www.apjmr.com/wp-content/uploads/2016/04/APJMR-
-3.5.3.06.pdf
Mukhid, A. (2009). Self-Efficacy: Persepektif teori kognitif sosial dan implikasinya
terhadap pendidikan. Tadrîs. 4(1). 105-122. Diunduh dari
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=
rja&uact=8&ved=0ahUKEwjm7prU0qrPAhXDo48KHaEqAfUQFggzMAI&url
=http%3A%2F%2Fejournal.stainpamekasan.ac.id%2Findex.php%2Ftadris%2Fa
rticle%2Fview%2F247%2F238&usg=AFQjCNF0H7cgobqQFllCOgcCmboeufG
hJQ&sig2=J--kIwVU--3lvZNnB6sFiA
Mutawah, M. A. A. (2015, October). The influence of mathematics anxiety in middle
and high school students math achievement. International Educational Studies.
(11). 239-252. Retrieved from http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1082131.pdf
Omrod, J. E. (2008). Psikologi pendidikan: Membantu siswa tumbuh dan berkembang.
Jakarta: Erlangga.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. (2006). Lampiran peraturan Menteri
Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tanggal 23 Mei 2005. Diunduh dari
http://dokumen.tips/documents/permendiknas-no-22-tahun-2006-standar-
isi.html
Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rounds, J. & Hendel, D. (1980). Measurement and dimensionality of mathematics
anxiety. Journal of Counseling Psychology, 27, 138-149.
Seng, E. L. K. (2015, October). The influence of pre-university students’s mathematics
test anxiety and numerical anxiety on mathematics achievements. International
Education Studies, 8 (11). Doi 10.5539/ies.v8n11p162
Solikah, M. (2012). Pengaruh kecemasan siswa pada matematika dan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar matematika. eJournal UNNESA. 1(1). 1-8. Diunduh
dari http://ejournal.unesa.ac.id./index.php/mathedunesa/article/view/251/406
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Suinn, R. M. & Winston, E. H. (2003). The mathematics anxiety reting scale, a brief
version: psychometric data. Psychological Reports, 92, 167-173.
Suriasumantri, J. S. (2009). Filsafat ilmu: Sebuah pengantar populer. Jakarta: Pustaka
Sinar Harapan.
Syah, M. (2007). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Wicaksono, A. B. & Saufi, M. (2013, November). Mengelola kecemasan siswa dalam
pembelajaran matematika. Prosiding. Diunduh dari
http://eprints.uny.ac.id/10735/1/P%20-%2012.pdf
Zakaria, E. & Nordin, N. M. (2008). The effects of mathematics anxiety on
matriculation students as related to motivation and achievement. Eurasia
Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 4(1), 27-30.
Diunduh dari http://www.ejmste.com/v4n1/Eurasia_v4n1_Zakaria_Nordin.pdf