PERENCANAAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN KOMUNITAS IDN MEDIA
Main Article Content
Abstract
Di era globalisasi yang serba digital ini, dengan pertumbuhan internet tersebut berdampak pada perkembangan teknologi yang telah membuat pergeseran perilaku pembaca media konvensional menjadi pembaca berita melalui media digital atau media online. Salah satu media online di Indonesia yaitu IDN Media melakukan hubungan dengan komunitas tidak hanya terpaku pada kegiatan online, akan tetapi IDN Media juga mencangkup kegiatan offline untuk menjalin hubungan dengan komunitas hal tersebut menjadi salah satu perencanaan public relations IDN Media untuk menjalin hubungan dengan IDN Media Community, sudah berhasil menjadi media online yang paling banyak dikunjungi. Karena pencapaian tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti mengenai perencanaan strategi yang dilakukan oleh public relations IDN Media dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IDN Media menggunakan semua langkah perencanaan public relations yang memiliki empat fase yaitu formative research, strategi, taktik, dan riset evaluatif yang mencakup sembilan tahap dan dapat mendukung IDN Media untuk menjalin hubungan dengan komunitas IDN Media. Temuan dalam penelitian ini adalah IDN Media menjadikan komunitas sebagai alat untuk branding mengenai semua produk yang ada di dalam IDN Media, IDN media tidak melakukan media promosi seperti memasang banner atau spanduk di beberapa tempat untuk menunjukkan bahwa IDN Media adalah perusahaan media online di Indonesia, akan tetapi di sini IDN Media lebih melakukan kegiatan yang berhubungan langsung dengan komunitas untuk melakukan branding terhadap perusahaan IDN Media sebagai salah satu perencanaan public relations IDN Media yang paling efektif untuk menjalin hubungan dengan IDN Media Community.
Kata kunci: branding, IDN perencanaan strategi public relations, menjalin hubungan, komunitas.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Ardianto, A. (2011). Handbook of PR: Pengantar komprehensif. Remaja Rosdakarya.
Butterick, K. (2012). Pengantar PR: Teori dan praktik. PT Raja Grafindo Persada.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Pustaka Pelajar.
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2009). Effective public relations. Pearson Prentice Hall.
Danandjaja, D. (2011). Peran humas dalam perusahaan. Graha.
Darwin, W. (2017). Survey markplus insight: Pengguna internet di Indonesia 55 juta, mobile internet 29 juta. Marketeers. http://marketeers.com/survey-markplus-insight-pengguna-internet-di-indonesia-55-jutamobile-internet-29-juta/
Effendy, O. U. (2011). Ilmu komunikasi: Teori dan prakteknya. Remaja Rosdakarya.
Iriantara, Y. (2010). Community relations: Konsep dan aplikasinya. Simbiosa Rekatama Media.
Kriyantono, R. (2017). Teknik praktis riset komunikasi. Kencana Prenada Media Group.
Kumparan. (2018). Keisengan Winston Utomo lahirkan media daring terhits untuk generasi Y dan Z. Kumparan.com. https://kumparan.com/bibia-indonesia/keisengan-winston-utomo-lahirkan-media-daring-terhits-untuk-generasi-y-dan-z-1533582530265420157
Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S. T., & Toth, E. L. (2010). Public relations: Profesi dan praktik. Salemba Humanika.
Mariana, D. 2017. Faktor-faktor usaha pembelian, persepsi terhadap risiko, dan keterlibatan konsumen terhadap jasa penginapan pada hotel merpati di Pontianak. Jurnal Bisma,2(2).
McQuail, D. (2011). Teori komunikasi massa: McQuail mass communication theory (6th ed.). Salemba Humanika.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Pratama, A. (2017). Platform menulis brilio creator. Techinasia. https://id.techinasia.com/platform-menulis-brilio-creator
Ruslan, R. (2010). Manajemen PR & media komunikasi: Konsep dan aplikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Smith, R. D. (2013). Strategic planning for public relations. Routledge.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tirto.id. (2018). Benarkah bisnis media online tak secerah masa depan internet. Tirto. https://tirto.id/benarkah-bisnis-media-online-tak-secerah-masa-depan-internet-cEv5