PENGARUH INTENSITAS MENONTON POSTINGAN INSTASTORY SELEBGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF FOLLOWERS AKTIF (Studi Kasus Pada Akun Instagram X)
Main Article Content
Abstract
Fenomena selebgram yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat di Indonesia menuai kontroversi, di mana selebgram yang mempublikasikan gaya hidup mewah mereka ke media sosial Instagram dan dilihat oleh masyarakat membuat keinginan masyarakat untuk memiliki barang atau hidup sesuai dengan gaya selebgram yang diidolakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton unggahan Instastory selebgram terhadap perilaku konsumtif followers aktif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers aktif Instagram selebgram X berjumlah 434.000 orang; menggunakan rumus Taro Yamane diperoleh sampel sebanyak 400 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan teknik analisis data menggunakan analisis statistik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh intensitas menonton unggahan Instastory Instagram Xterhadap perilaku konsumtif positif dan lemah. Meskipun demikian, pengaruh intensitas menonton unggahan Instastory selebgram X terhadap perilaku konsumtif dapat dikatakan signifikan. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung (8.612) > t tabel (1.960). Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat teruji kebenarannya. Hal ini menandakan bahwa teori Kultivasi yang digunakan dalam penelitian ini membuktikan intensitas menonton mampu memperkuat persepsi khalayak terhadap realitas sosial. Semakin banyak waktu seseorang dihabiskan untuk menonton konten unggahan Instagram selebgram, maka seseorang semakin menganggap bahwa realitas sosial sama dengan yang digambarkan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.