Gambaran Kepribadian Dosen-Tetap pada Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Main Article Content

Zamralita Zamralita

Abstract

Dosen adalah salah satu komponen utama dalam sistem pendidikan di perguruan tinggi. Tugas utama dosen adalah melaksanakan tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Terdapat empat kompetensi yang mesti dimiliki dosen, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Untuk dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, peneliti menduga dosen memiliki karakteristik kepribadian tertentu yang sesuai dengan sifat pekerjaannya, karena profesi dosen berbeda dengan profesi yang lain. Tujuan penelitian untuk memeroleh gambaran kepribadian dosen-tetap. Teori yang digunakan adalah trait kepribadian dari Costa dan McCrae (1992) yang terdiri dari 5 trait yaitu trait openness to experience, trait conscientiousness, trait extraversion, trait agreeableness, dan trait neuroticism. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif.  Responden penelitian adalah dosen tetap dari 5 universitas swasta terbaik di Indonesia, yang berjumlah 602 orang. Responden yang berasal dari Universitas 1 (U1) = 158 dosen, Universitas 2 (U2) =  109 dosen, Universitas 3 (U3) = 115 dosen , Universitas 4 (U4) = 82 dosen dan Universitas 5 (U5) =138 dosen.  Data penelitian diperoleh melalui kuesioner. Analisis data menggunakan anova with in subject. Hasil penelitian menunjukkan dosen-tetap  memiliki trait agreeableness yang tinggi (M = 4,29), trait conscientiousness yang tinggi (M = 3,90), trait extraversion yang tinggi (M = 3,70), trait openness to experience yang tinggi (M = 3,66) dan trait neuroticism yang rendah (M = 2,24).  Kesimpulan dari penelitian ini dosen-tetap memiliki gambaran kepribadian trait agreeableness, trait conscientiousness, trait extraversion, trait openness to experience yang tinggi dan trait neuroticism yang rendah.  

Kata kunci : trait kepribadian, dosen tetap, universitas swasta

Article Details

Section
Articles

References

Costa, P.T. dan R.R. McCrae (1992). Revised NEO Personality Inventory (NEO PI-R) and Neo Five Factor Inventory (NEO-FFI). Odessa, FL: Psychological Assessment Resource, Inc.

Goldberg, L.R. (1990). An alternative description of personality: The big five factor structure. Journal of personality and social psychology, 59, 1216-1229.

Greenberg, J., Baron, R. A. (1997). Behavior in organizations: understanding and managing the human side of work (6th ed.). NJ: Prentice-Hall

Kim, H.J., Shin, K.H., & Swanger, N. (2009). Burnout and engagement: A comparative analysis using The Big Five personality dimensions. International Journal of Hospitality Management, 28, 96-104.

Langelaan, S., Bakker, A.B., van Doornen, L.J.P., & Schaufeli, W.B. (2006). Burnout and work engagement: Do individual differences make a difference?. Personality and Individual Differences, 40, 521-532.

McCrae, R.R. (2002). Cross-cultural research on the five-factor model of personality.

Mostert, K., & Rothmann, S. (2006). Work related well – being in the South African police

service. Journal of Criminal Justice, 94, 1452–1465.

Pervin, L. A., John, O. P. (1997). Personality: theory and research (7th ed.). NY: John Wiley &

Sons.

Raad, B. D. (2000). The big five personality factors: the psycholexical approach to personality.

Göttingen: Hogrefe & Huber Publishers.

Seniati, A.N.L. (2002). Pengaruh masa kerja, trait kepribadian, kepuasan kerja, dan iklim

psikologis terhadap komitmen dosen pada Universitas Indonesia. Disertasi tidak

dipublikasikan, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Depok.

Sumintardja, E.N., (2009). Tes Lima Dimensi. Tidak dipublikasikan.

Tim Tempo (2010). Panduan memilih Perguruan Tinggi. Gramedia, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Zaidi, N.R., Wajid, R.A., Zaidi, F.B., Zaidi, G.B., & Zaidi, M.T. (2013). The big five personality

traits and their relationship with work engagement emong public sector university teachers of Lahore. African Journal of Business Mangement, 7(15), 1344-1353.