Gambaran Kecerdasan dan Minat Remaja Panti Asuhan X
Main Article Content
Abstract
Pendidikan bagi seseorang yang tinggal di panti asuhan menjadi hal yang penting demi masa depannya agar mampu bertahan dan menyesuaikan diri dalam lingkungan sosial. Individu yang tinggal di panti asuhan diharapkan dapat diasuh dan dididik dengan keterampilan tertentu agar mereka dapat berprestasi dan bekerja di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kecerdasan dan minat remaja Panti Asuhan X di mana hasil yang diperoleh dapat menjadi informasri kepada pengurus panti dalam mengoptimalkan kemampuan anak sesuai dengan kapasitas kecerdasan dan minat mereka. Pengambilan data kecerdasan diperoleh dengan menggunakan tes dan minat diperoleh dengan menggunakan tes Cattell’s Culture Fair Intelligence Test (CFIT). Data minat diperoleh dengan menggunakan tes minat Holland. Jumlah subyek penelitian ini adalah 125 remaja usia 13 – 17 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 125 subyek, ada 6 (4,8%) subyek yang memiliki taraf kecerdasan di atas rata-rata, 64 (51,2 %) remaja yang memiliki taraf kecerdasan rata-rata, 34 (27%) remaja dengan taraf kecerdasan di bawah rata-rata, dan 21 (16,8%) remaja dengan taraf borderline. Selain itu, berdasarkan tes minat, minat yang paling dominan adalah minat Artistik/seni yaitu sebanyak 29 subyek (23,2%) dan minat yang paling sedikit disukai adalah minat Realistik sebanyak 8 subyek (6,4%).
Kata kunci: Kecerdasan, IQ, minat, remaja, panti asuhan.
Article Details
References
Berk, L. E. (2005). Infants, children, and adolescents 5th edition. Boston: Pearson Education. Brown, D., & Brooks, L. (1991). Career counseling techniques. Needham Heights, MA: Allyn
and Bacon.
Feldman, R. S. (2000). Development across the life span 2nd edition. Upper Saddle River, NJ:
Prentice-Hall.
Gregory, R. J. (2011). Psychological testing: History, principles, and applications 6th edition.
Upper Saddle River, NJ: Pearson.
Gregory, R. J. (2013). Psychological testing: History, principles, and applications 7th edition.
Upper Saddle River, NJ: Pearson.
King, L. (2011). The science of psychology: An appreciative view 2nd edition. New York, NY:
McGrw-Hill.
Papalia, D. E., Olds, S. W, & Feldman, R. D. (1998). Human development 7th edition. New
York: McGraw Hill Companies.
Sattler, J. M. (2001). Assessment of children: Cognitive application 4th edition. San Diego:
Jerome M. Sattler.
Tursz, A. (2000). Adolescents’ risk taking behavior, myth or reality: Evidence from international
data. In D. Mohan & G. Tiwari (Eds.), Injury prevention and control (pp. 149-163). New
York, NY: Taylor & Francis
Weiten, W. & Lloyd, M. A. (2003). Psychology applied to modern life 7th edition. Belmont,
CA: Wadsworth/Thomson Learning