Hubungan antara School Well-Being dengan Rumination

Main Article Content

Sandi Kartasasmita

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara School Well-being dengan rumination. Teori School Well-being dikemukakan oleh Konu dan Rimpela dan teori rumination dikemukakan oleh  Susan Nolen-Hoeksema. School well-being adalah penilaian individu berkaitan dengan keadaan lingkungan sekolah tempat belajar, sedangkan rumination adalah pola pikir yang berulang yang berakar pada mood negatif (seperti kesedihan) dan tidak memotivasi seseorang untuk menyusun rencana untuk menghilangkan pemikiran tersebut. Penelitian ini melibatkan 126 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan  bahwa tidak terdapat hubungan (r = -0.016, p >0.05). Namun, dari hasil penelitian pada dimensi ruminasi indikator depresi, terdapat hubungan dengan School Well-Being (r = -0.191, p < 0.05). Demikian pula dengan perhitungan untuk indikator Brooding dalam ruminasi dengan indikator health dalam School Well-Being terdapat hubungan yang signifikan (r = 0.211, p <0.05).

Kata kunci: School Well-being, Rumination, Depresi, Brooding, Health

Article Details

Section
Articles

References

Andiani & Wijaya. E (2016). Hubungan School Well-being dan kecerdasan emosi dengan penyesuaian diri mahasiswa perantau tingkat pertama. Skripsi. Jakarta: Univeritas Tarumanagara

Gouw,E & Kartasasmita, S. (2015). Pengaruh Ruminasi terhadap academic achievement pada mahasiswa tingkat sarjana. Skripsi. Jakarta: Universitas Tarumanagara

Kumar, S. M. (2009). The mindful path through worrying and rumination: Letting go anxious and depressive thoughts. Oakland, CA: New Harbinger Publication. Diunduh dari http://chomikuj.pl/stooges/music/coil/Nowy+folder/1.4+The+Relationship+between+Mind fulness+and+Uncontrollability+ruminative+thinking,1051287012.pdf.

Konu, A., & Rimpela, M. (2002). Well–being in School: A conceptual model. Health Promotion International, 17(1), 79-87.

Mudhovozi, P. (2012). Social and academic adjustment of first year university students. Journal Social Science, 33(2), 251-259.

Nolen-Hoeksema, S., Wisco, B. E., & Lyubomirsky, S. (2008). Rethinking Rumination. Perspective on Psychological Science, 3(5), 400-424. Diunduh dari http://drsonja.net/wp- content/themes/drsonja/papers/NWL2008.pdf.

Papageorgiou, C. & Wells, A. (2004). Depressive rumination: Nature, theory, and treatment. West Sussex: John Wiley & Sons, Ltd.

Salami, S.O (2011). Psychosocial predictors of adjustment among first year college of education students. Academic Journal, 8(2), 239-248.

Singh, Y.K. (2006). Fundamental of research methodology and statistics. New Delhi: New Age International Publishers.