Evaluasi Program Community-Based Learning yang Berdampak pada Perilaku Kerjasama Siswa SMP X Depok

Main Article Content

Tina Sugiharti
Riana Sahrani
Raja Oloan Tumanggor

Abstract

Program Community-Based Learning (CBL) merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan di SMP X Depok untuk memfasilitasi siswa dalam mengaplikasikan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) di masyarakat. Kerjasama merupakan salah satu aspek karakter yang diaplikasikan dalam CBL. Perilaku kerjasama tersebut belum muncul secara konsisten pada seluruh siswa yang telah melaksanakan CBL. Oleh karena itu dilakukan penelitian evaluasi terhadap program CBL ini. Penelitian bertujuan mengevaluasi dampak program CBL pada perilaku kerjasama siswa. Partisipan adalah siswa kelas 9 yang mengikuti CBL pada tahun 2015. Empat dari 20 partisipan diperoleh secara purposive sampling berdasarkan skor tertinggi kuesioner perilaku kerjasama (Tarricone & Luca, 2002). Model evaluasi yang digunakan adalah reciprocal determinism (teori sosial kognitif) terhadap pelaksanaan CBL. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teknik observasi dilakukan menggunakan daftar check list yang meliputi faktor kognitif, behavior dan environment pada setting kerja kelompok di kelas, focus group discussion (FGD), dan simulasi. Teknik wawancara menggunakan pedoman wawancara berdasarkan teori CBL terhadap terhadap 4 partisipan, serta kepala sekolah dan guru sebagai pendukung triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CBL memberikan dampak terhadap peningkatan perilaku kerjasama para siswa. Peningkatan itu terjadi pada aspek semangat, kekompakan, saling menghargai, dan usaha untuk total saat mengerjakan tugas kelompok. Sementara aspek lain yaitu pelaksanaan peran dalam kelompok, sudah ada ada namun tidak meningkat karena ketidakkonsistenan dari perilaku kerjasamanya.

Kata kunci: evaluasi program, community-based learning, karakter, kerjasama, Sekolah Menengah Pertama

Article Details

Section
Articles

References

Bandura, A. (1977). Social learning theory. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Bandura, A. (1989). Social cognitive theory. In R. Vasta (Ed.), Annals of Child Development, 6,

- 60. Greenwich, CT: JAI Press.

Brennan, M.A., & Barnett, R.V. (2009). Bridging community and youth development: Exploring

theory, research, and application. Community Development, 40(4), 305 – 310. doi:

1080/15575330903279515

Celio, C.I., Durlak, J., & Dymnicki, A. (2011). A meta-analysis of the impact of service-learning

on students. Journal of Experiential Education, 34(2), 264 – 181.

Constructing Excellence. (2004). Effective teamwork. A best practice guide for the construction

industry.

Melaville, A., Berg, A.C., & Blank M.J. (2006). Community based-learning, engaging students

for success and citizenship. Coalition for Community School, USA: Washington, DC. National Oceanic and Athmosphere Administration. (2009). Designing education projects. A comprehensive approach to needs assessment, project planning and implementation, and evaluation (2nd eds.). US Departement of Commerce. Diambil dari

www.oesd.noaa.gov/leadership/DEP_Manual_2ndEdt_Final.pdf.

Newman, W.L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approach (7th

ed.). United State of America: Pearson Education Limited.

Nova Scotia Department of Education and Early Childhood Development (2013). Community-

based learning: A resources for school.

Owens, T.R., & Wang, C. (1996). Community-based learning: A foundation for meaningful

educational reform. School Improve Research Series.

Owston, R. (2008). Models and methods for evaluation. Handbook of Research on Educational

Communications. York University, Toronto, Canada, p. 605 – 617.

Roehlkepartain, E.C. (2007). Benefits of community-based service learning. Scots Valley, CA:

Learn and Serve America’s National Service-Learning Clearinghouse. Diambil dari www.search-institute.org/downloadable/2007-Roehlkepartain-CBO-Benefits-SL- NSLC.pdf.

Rullière, J.L., Santos-Pinto, L., & Vialle, I. (2011). Self-confidence and teamwork: An experimental test. Working paper GATE 2011-26. Diambil dari http://halshs.archives- ouvertes.fr/halshs-00632091.

Tarricone, P., & Luca, J. (2002). Successful teamwork: A case study. Higher Education Research and Development Society of Australiasia (HERDSA), 640 – 346.