IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG PADA PERSAINGAN ERA DIGITAL

Main Article Content

Tri Susanto
Wahyu Utamidewi
Reka Prakarsa Nur Muhamad
Satria Ali Syamsuri

Abstract

Penggunaan teknologi dalam kegiatan public relations sangat dibutuhkan dalam membangun network kepada baik konsumen ataupun relations yang dibutuhkan dalam sebuah institusi/perusahaan, dalam hal ini dikenal dengan istilah cyber Public Relations, yaitu suatu usaha seorang public relations yang menggunakan media internet sebagai sarana publikasinya dalam meningkatkan reputasi baik tingkat nasional maupun internasional. Persaingan yang ketat pada era digital menuntut perguruan tinggi terus bersaing dalam pemenuhan informasi pada khalayak, dalam proses ini Humas Unsika merupakan bagian terpenting dalam kegiatan cyber public relations. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis serta mengevaluasi kegiatan cyber public relations yang telah dilakukan oleh Universitas Singaperbangsa Karawang selama ini semenjak beralih status dari swasta menjadi Negeri. Dalam hal ini kegiatan cyber public relations terkait dengan publikasi online berupa press release, kerjasama, jurnal online, siakad, video maupun penyedia informasi pada situs resmi Universitas Singaperbangsa Karawang. Selain itu faktor pendukung lainnya adalah penggunaan media sosial karena kekuatan media sosial dalam menggalang opini di dunia maya mulai diperhitungkan banyak pihak, tidak mengherankan jika suatu merek institusi dapat dicitrakan secara baik tetapi juga dihancurkan melalui penggalangan opini melalui media sosial. Tetapi, kurang maksimalnya aktifitas cyber PR Unsika membuat Institusi ini cukup sulit bersaing di media internet. Peneliti berharap dengan adanya penelitian ini menjadi tinjauan serta masukan agar humas dapat meningkatkan aktivitas cyber public relations di Universitas Singaperbangsa Karawang dengan baik ke depannya sehingga dapat bersaing dalam tingkat nasional maupun internasional. 

 

The use of technology in public relations is needed for building networks toward consumers or important relations in an institution / company, in this case known as cyber Public Relations, an effort by public relations to utilize internet media as a mean of publicity in improving good reputation both nationally and internationally. Intense competition in the digital era requires universities to compete in sharing information to the public. In this process the Unsika Public Relations is the most important part in cyber public relations. This research was conducted using qualitative research method with descriptive nature. The aim of this research is to find out, analyze, and evaluate cyber public relations activities carried out by the University of Singaperbangsa Karawang so far after having its status changed from a private university to public university. In this case, cyber public relations activities related to online publications are in the form of press releases, cooperation, online journals, news, videos, and information provision on the official site of the University of Singaperbangsa Karawang. Meanwhile, another supporting factor is the use of social media for its capability to rally a certain opinion has begun to be taken into account by many parties. It is not surprising that an institutional brand can either be well-perceived, or ill-perceived through the gathering of opinions on social media. However, the lack of Unsika cyber PR activities hinders this university from competing on the internet media. The researchers hope that this research serves as a review and a suggestion for public relations to increase cyber public relations activities at the University of Singaperbangsa Karawang in the future to allow it to compete on national and international levels.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Tri Susanto, universitas Singaperbangsa Karawang

Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations Praktis. Widya Padjajaran, Bandung.

Aspikom. 2011. Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi. Buku Litera, Yogyakarta.

Breakenridge, Deirdre K. 2008. PR 2.0; New Media, New Tools, New Audiences. FT Press, New Jersey.

Butterick Keith. 2012. Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Rajawali Pers, Jakarta.

Cutlip, Scott M. Allen H. Center dan Glen M. Broom. 2009. Effective Public Relations (edisi sembilan). Kencana, Jakarta.

Fajar, Waryani. 2011. Komunikasi Al-Qur’an Perspektif dakwah integral. Yogyakarta

Julius, Bob Onggo. 2001. Cyber Public Relations. Elexmedia, Jakarta.

Morissan. 2008. Manajemen Public Relations. Prenada, Jakarta.

Ngurah, I Gusti. 1999. Manajemen Hubungan masyarakat. Penerbitan Universitas Atmajaya Yogyakarta, Yogyakarta.

Pawito, 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. LKIS, Yogyakarta.

Ruslan, Rosady. 1995. Praktik dan solusi Public Relations dalam situasi pemulihan citra. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Raja Grafindo Persada Jakarta, Jakarta.

Zarella, Dan. 2011. The Social Media Marketing Book. PT Serambi Ilmu, Jakarta.