PERAN KONTEN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

Main Article Content

Muhammad Alif Ramadhan
Vinta Sevilla

Abstract

Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan menjadi salah satu penyebab dari masalah pencemaran lingkungan di Indonesia. Selain itu, banyaknya sampah yang belum bisa terkelola dari tiap kota ikut menambah pencemaran. Karenanya, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya sangat perlu ditingkatkan untuk menciptakan lingkungan yang selalu bersih. Media Sosial TikTok Akun X merupakan salah satu akun yang menginspirasi masyarakat melalui konten-konten tentang peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana konten yang disampaikan oleh Media Sosial TikTok Akun X berkontribusi dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan di kalangan pengikutnya. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif eksplanatif dan teknik pengumpulan data Non-Probability Sampling dengan teknik Accidental Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 403 responden yang terdiri dari 79 laki-laki dan 324 perempuan. Penelitian ini menggunakan uji regresi linear dan uji hipotesis yang didukung oleh teori yang relevan dalam mengukur pengaruh pesan media sosial terhadap sikap kepedulian lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Media Sosial TikTok Akun X berperan sebesar 53,8% terhadap sikap peduli lingkungan followers. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peran konten di Media Sosial TikTok Akun X terhadap sikap peduli lingkungan, sesuai dengan praktik yang telah dilakukan didapatkannya keterlibatan sosial yang meningkatkan kesadaran akan kepeduilian, dan inspirasi menjaga lingkungan didalam postingan yang dibagikan oleh Media Sosial TikTok Akun X. Implikasi penelitian ini untuk memberikan wawasan bagi pengelola akun media sosial dalam merancang strategi komunikasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan melalui platform TikTok.


Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan menjadi salah satu penyebab dari masalah pencemaran lingkungan di Indonesia. Selain itu, banyaknya sampah yang belum bisa terkelola dari tiap kota ikut menambah pencemaran. Karenanya, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya sangat perlu ditingkatkan untuk menciptakan lingkungan yang selalu bersih. Media Sosial TikTok Akun X merupakan salah satu akun yang menginspirasi masyarakat melalui konten-konten tentang peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana konten yang disampaikan oleh Media Sosial TikTok Akun X berkontribusi dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan di kalangan pengikutnya. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif eksplanatif dan teknik pengumpulan data Non-Probability Sampling dengan teknik Accidental Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 403 responden yang terdiri dari 79 laki-laki dan 324 perempuan. Penelitian ini menggunakan uji regresi linear dan uji hipotesis yang didukung oleh teori yang relevan dalam mengukur pengaruh pesan media sosial terhadap sikap kepedulian lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Media Sosial TikTok Akun X berperan sebesar 53,8% terhadap sikap peduli lingkungan followers. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peran konten di Media Sosial TikTok Akun X terhadap sikap peduli lingkungan, sesuai dengan praktik yang telah dilakukan didapatkannya keterlibatan sosial yang meningkatkan kesadaran akan kepeduilian, dan inspirasi menjaga lingkungan didalam postingan yang dibagikan oleh Media Sosial TikTok Akun X. Implikasi penelitian ini untuk memberikan wawasan bagi pengelola akun media sosial dalam merancang strategi komunikasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan melalui platform TikTok.

Article Details

Section
Articles

References

Alwie, D. R., & Kurniawati, S. D. (2023). Peran Kampanye #BringBackOurBottles terhadap Sikap Peduli Lingkungan pada Followers Instagram The Body Shop. CARAKA : Indonesia Journal of Communication, 4(2), 91–103.

Anwar, N., & Ruliana, P. (2021). Peran Komunikasi Kampanye #Mudikonline di Aplikasi TikTok terhadap Niat Perilaku untuk Mudik. PARAHITA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). Retrieved from http://parahita.web.id/index.php/parahita/article/view/64

Azwar, S. (2021). Sikap manusia: Teori dan pengukuranya (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

CNN Indonesia. (2018). Kesadaran Masyarakat Indonesia akan Kebersihan Masih Rendah. Cnnindonesia.Com. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180423183600-255-292946/kesadaran-masyarakat-indonesia-akan-kebersihan-masih-rendah

Dewi, W. W. A., & Syauki, W. R. (2022). Konten Kampanye Non-Goverment Organization terhadap Permasalahan Sampah Plastik. Jurnal Riset Komunikasi, 5(2).

Fitra, K. (2023). 167 Juta Warga RI Main Medsos, Habiskan Waktu 3 Jam Lebih per Hari. Teknologi.Bisnis.Com, p. 1. Retrieved from https://teknologi.bisnis.com/read/20230203/84/1624561/167-juta-warga-ri-main-medsos-habiskan-waktu-3-jam-lebih-per-hari.

Kemenkopmk.go.id. (2023). 7,2 Juta Ton Sampah di Indonesia Belum Terkelola Dengan Baik. Kemenkopmk.Go.Id. Retrieved from https://www.kemenkopmk.go.id/72-juta-ton-sampah-di-indonesia-belum-terkelola-dengan-baik

Laili, A. V. (2022). PERAN AKUN TIKTOK @SWARAGEMBIRA TERHADAP SIKAP FOLLOWERS DALAM PENGGUNAAN KAIN ADAT TRADISIONAL (Universitas Lampung). Universitas Lampung. Retrieved from https://digilib.unila.ac.id/67790/3/SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2014). Teori Komunikasi (9th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Maryana, D. (2016). Analiasis Teknik Komunikasi Informatif BPJS Kesehatan Dalam Memberikan Pelayanan Pada Pengguna Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di RSUD A.W.Sjahranie Samarinda. Ilmu Komunikasi, 4(1). Retrieved from https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/03/JURNAL fix (03-07-16-04-48-04).pdf

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muslih, C. (2023). Peran Konten Di Media Sosial Instagram Terhadap Sikap Penggunaan Plastik Sekali Pakai (Survei Pada Followers Media Sosial Instagram @demibumi.id) (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta). Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Retrieved from https://repository.upnvj.ac.id/26008/

Nurcahyanti, L. A., & Cahyaningrum, Q. N. (2022). Konten Kampanye BBOB 2.0 #kerentanpanyampah The Body Shop pada Sikap Peduli Lingkungan (Survei Pada Followers Instagram @thebodyshopindo.impact). Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 28(1). https://doi.org/10.33751/wahana.v28i1.5228

Rahmadhani, P., & Sari, I. D. M. (2022). Peran Media Sosial Twitter @Greenpeace.Id Terhadap Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Professional, 9(2), 633–646. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v9i2.3321

Ramadani, A. L., & Zuhri, S. (2023). Peran konten akun tiktok @Handmadeshoesby terhadap perilaku konsumtif perempuan di Surabaya. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 9(1), 1002–1015. Retrieved from https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/2100

Riyanto, G., & Pertiwi, W. (2023). No Title. Tekno.Kompas.Com, p. 1. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2023/07/10/11000067/pengguna-tiktok-di-indonesia-tembus-113-juta-terbesar-kedua-di-dunia

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryanto. (2015). Pengantar ilmu komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Syafrikurniasari, N., & Widiani, S. P. (2020). Peran Konten Kampanye No Straw Movement Di Media Sosial Terhadap Perubahan Sikap Publik. Jurnal Lugas, 4(1), 17–26. Retrieved from https://ojs.stiami.ac.id/index.php/lugas/article/view/937/508

TikTok. (2023). pandawara @pandawaragroup. Retrieved from Tiktok.com website: https://www.tiktok.com/@pandawaragroup?lang=id-ID

Utami, R. F., Mahdalena, V., & Nathanael, G. C. (2023). Accumulate Content About LGBTQ+ Towards Attitude of Muslims on Instagram. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 9(1), 101–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30983/islam_realitas.v9i1.6245