KINERJA PERUSAHAAN DAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TERHADAP PROGRAM CICADAS BIJAK BERPLASTIK DI DESA CICADAS, KABUPATEN BOGOR

Main Article Content

Alifa Rafidah Fitri
Hana Indriana

Abstract

Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) sering kali didominasi oleh kepentingan bisnis, yang kadang-kadang mengabaikan dampak lingkungan. Banyak program CSR yang tidak memuaskan masyarakat karena tidak sesuai dengan harapan mereka. PT Tirta Investama – Plant Citeureup, sebagai salah satu perusahaan terbesar di Desa Cicadas, menjalankan program Cicadas Bijak Berplastik sebagai upaya untuk peduli terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja perusahaan dalam mengimplementasikan program CSR, mengidentifikasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dan menganalisis hubungan antara keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan dukungan data kualitatif untuk mendapatkan pembahasan lebih mendalam. Penelitian dilakukan kepada 78 penerima program yang bertempat pada enam bank sampah yang tersebar di Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program CSR oleh PT Tirta Investama – Plant Citeureup dapat dikategorikan sebagai sedang, sementara IKM menunjukkan hasil yang baik. Penelitian ini mengindikasikan adanya korelasi yang signifikan antara kinerja perusahaan dalam setiap tahapan implementasi program CSR dengan Indeks Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat pemahaman tentang pentingnya kesesuaian antara program CSR dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya perusahaan memperhatikan dampak sosial dan lingkungan dalam strategi pelaksanaan CSR mereka untuk memastikan keberlanjutan dan penerimaan positif dari masyarakat.

Article Details

Section
Articles

References

Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (F. Sukmawati (ed.)). Pradina Pustaka.

Ardana, A. D. A., Ketut Rachmi Handayani, I. G. A., & Karjoko, L. (2023). Menasdikkan Prinsip Deep Ecology Dan Shallow Ecology Di Dalam Peraturan Terhadap Lingungan Sebagai Upaya Pencegahan Pencemaran. Jurnal Discretie, 3(1), 1. https://doi.org/10.20961/jd.v3i1.70137

Ariastini, N. N., & Semara, I. M. T. (2019). Implementasi konsep triple bottom line dalam program corporate social responsibility di hotel alila seminyak. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 9(2), 160–168. https://doi.org/https://doi.org/10.22334/jihm.v9i2

Cahayani, F. Y., & Amalia, D. (2024). Strategi public relations PT semen indonesia (persero) tbk melalui program corporate social responsibility (CSR) dalam mempertahankan citra perusahaan. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(3), 1160–1171. https://doi.org/10.47476/dawatuna.v3i3.3864

Eko Widodo, W., Noor Cholidah, S., Putri Isnaeni, A., Tri Wibowo, K., & Abriandi, E. (2019). Mengukur kepuasan masyarakat pada program CSR di desa kertajaya: sebuah analisis menggunakan metode sustainability compass. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 3(1), 29–52. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.031-02

Hildawati, H. (2020). Indeks kepuasan masyarakat (IKM) kelompok nelayan tuna terhadap program CSR PT Pertamina RU II Dumai. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, VI(2), 151–165. https://doi.org/10.25299/jiap.2020.vol6(2).5964

Hutomo, D. S., & Saputra, J. A. (2023). CSR sebagai instrumen pengendali keamanan di ring 1 perusahaan. Hukum Bisnis, 12(3), 152–160. https://jurnal.itscience.org/index.php/jhb/article/view/2754/2115

Kurniawan, A., Hidayat, W., & Suryoko, S. (2015). Analisis penerapan corporate social responsibility dalam upaya pengembangan masyarakat. Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science Tahun, 4(2), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/

Mundir. (2012). Statistik Pendidikan (Muhibbin & H. Hasanah (eds.)). Stain Jember Press.

Oemar, U., & Zulpaidah. (2016). Analisis pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap kepuasan masyarakat pada PT. kirana musi persada. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 90–100.

Palupi, T., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Pro-Lingkungan Ditinjau dari Perspektif Theory Of Planned Behavior. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 214–217.

[Permen] Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Robbiy, S. R., Mulyani, I., & Fatkhullah, M. (2023). Tingkat kepuasan kelompok masyarakat alam tani terhadap program CSR PT kilang pertamina internasional unit dumai. Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial, 9(1), 38–52.

Sigit, I. (2022). Indeks kepuasan masyarakat (IKM) program corporate social responsibility kampung bioflok laju. Jurnal Sosial Teknologi, 2(10), 826–833. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i10.424

Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR. Gresik Fascho Publishing.

Yudiana, F. E., & Setyono, J. (2016). Analisis corporate social responsibility, loyalitas nasabah, corporate image dan kepuasan nasabah pada perbankan syariah. Inferensi, 10(1), 93. https://doi.org/10.18326/infsl3.v10i1.93-114

Yuliani, R., Mubarak, Z., Arifah, & Norlena. (2023). Indeks kepuasan masyarakat terhadap program corporate social responsibility (CSR) bujur berstamina: budidaya jahe merah. Jurnal Administrasi Publik Dan Pembangunan (JPP), 5(1), 14–21. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201