Picture Exchange Communication System (PECS) untuk meningkatkan Komunikasi Fungsional dalam melakukan Request pada Anak Autis Nonverbal

Main Article Content

Indri Indri
Samsunuwijati Mar'at
Agustina Agustina

Abstract

Penerapan Picture Exchange Communication System (PECS) merupakan salah satu pendekatan dari intervensi Augmentative and Alternative Communication (AAC), yaitu sebuah fasilitator untuk mengajarkan komunikasi alternatif kepada individu yang mengalami keterbatasan pada kemampuan berbahasa dan berbicara, seperti Autism Spectrum Disorder (ASD) nonverbal atau gangguan pervasif lainnya. Penerapan PECS menggunakan kartu bergambar sebagai media komunikasi yang akan diberikan individu kepada partner komunikasi untuk menyatakan keinginannya. Dengan menggunakan PECS, individu dapat melakukan pertukaran kartu bergambar dengan item atau objek yang diinginkan sebagai bentuk direct reinforcement. Penerapan ini sangat tepat untuk individu dengan ASD yang dikenal dengan visual learner, apalagi didukung dengan direct reinforcement dengan item atau kegiatan yang disukai individu. Penelitian ini merupakan clinical case study yang dilakukan pada tiga partisipan yang sesuai dengan karakteristik penelitian. Pengukuran komunikasi fungsional pada penelitian ini menggunakan Wetherby and Prizant Communication Checklist yang diadaptasi oleh Magiati dan Howlin (2003) untuk mengukur hasil pre dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan komunikasi fungsional setiap partisipan dalam melakukan request dengan menggunakan PECS untuk menyatakan keinginannya. Setiap partisipan dapat berinisiatif mencari dan membuka buku komunikasi, memilih dan mengambil kartu bergambar, lalu berjalan mendekati partner komunikasi dan memberikan untuk mendapatkan item atau kegiatan yang diinginkannya.

Article Details

Section
Articles

References

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed.).

Bondy, A. S., & Frost, L. A. (2002). The picture exchange communication system. Pyramid.

Carré, A. J. M., Grice, B. L., Blampied, N. M., & Walker, D. (2009). Picture Exchange Communication (PECS) training young children: Does training transfer at school and to home? Behaviour Change, 26(1), 54-65. http://doi.org/10.1375/bech.26.1.54

Centers for Disease Control. (2016). Facts about ASD. http://www.cdc.gov/ ncbddd/autism/facts.html.

Conklin, C. G., & Mayer, G. R. (2010). Effects of implementing the Picture Exchange Communication System (PECS) with adults with developmental disabilities and severe communication deficits. Remedial and Special Education, 32(2), 155-166. https://doi.org/10.1177/0741932510361268

Dogoe, M. S., Banda, D. R., & Lock, R. H. (2010). Acquisition and generalization of the picture exchange communication system behaviors across settings, persons, and stimulus classes with three students with autism. Education and Training in Autism and Developmental Disabilities, 45(2), 216-229. https://www.jstor.org/stable/23879808

Dooley, P., Wilzenski, F. L., & Torem, C. (2001). Using an activity schedule to smooth school transitions. Journal of Positive Behavioral Interventions, 3(1), 57‐61. https://doi.org/10.1177/109830070100300108

Ganz, J. B., Simpson, R. L., & Lund, E. M. (2012). The picture exchange communication system (PECS): A promising method for improving communication skills of learners with autism spectrum disorders. Education and Training in Autism and Developmental Disabilities, 47(2), 176-186. https://www.jstor.org/stable/23880098

Hart, S. L. & Banda, D. R. (2010). Picture exchange communication system with individuals with developmental disabilities: A meta-analysis of single subject studies. Remedial and Special Education, 31(6), 476-488. https://doi.org/10.1177/0741932509338354

Kerig, P. K., Ludlow, A., & Wenar, C. (2012). Developmental psychopathology: From infancy through adolescence (6th ed.). McGraw-Hill.

Lerna, A., Esposito, D., Conson, M., Russo, L. & Massagli, A. (2012). Social-communicative effects of the picture exchange communication system (PECS) in autism spectrum disorders. International Journal of Language and Communication Disorders, 47(5), 609-617. https://doi.org/10.1111/j.1460-6984.2012.00172.x

Mar’at, S. (2005). Psikologi perkembangan. PT Remaja Rosdakarya.

Mash, E. J., & Wolfe, D. A. (2013). Abnormal child psychology (5th ed.). Wadsworth.

Stoner, J. B., Beck, A. R., Bock, S. J., Hickey, K., Kosuwan, K., & Thompson, J. R. (2006). The effectiveness of the picture exchange communication system with nonspeaking adults. Remedial and Special Education, 27(3), 154-165. https://doi.org/10.1177/07419325060270030401

Tincani, M., & Devis, K. (2011). Quantitative synthesis and component analysis of single-participant studies on the picture exchange communication system. Remedial and Special Education, 32(6), 458-470. https://doi.org/10.1177/0741932510362494