HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN SELF-EFFICACY PADA DEWASA AWAL YANG MEMILIKI MINAT UNTUK BEKERJA DI LUAR NEGERI

Main Article Content

Muhammad Dimas Aji Jati Ramadhan
Pamela Hendra Heng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang valid dan dapat diandalkan mengenai hubungan motivasi dan efikasi diri pada dewasa awal yang ingin bekerja di luar negeri. Menurut Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dari data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, sebanyak 200 ribu pekerja migran Indonesia yang aktif di seluruh dunia. Fenomena ini mencerminkan minat yang tinggi dari dewasa awal untuk mencari pengalaman kerja di luar negeri. Motivasi mereka terdorong oleh peluang pengembangan diri, pengalaman baru, dan gaji yang menjanjikan. Seseorang yang memiliki tingkat self-efficacy yang tinggi akan cenderung lebih percaya diri dalam menghadapi kesulitan yang mungkin timbul dalam usaha mereka untuk bekerja di luar negeri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasional dengan menyebarkan survei dan data diolah dengan aplikasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Populasi dewasa awal di Desa Langut Kabupaten Indramayu berjumlah 973 orang, dan sampel yang didapat dalam penelitian ini berjumlah 288 sampel, terdiri dari 170 pria dan 118 wanita dengan rentan usia 19 tahun sampai 25 tahun. Penelitian ini menggunakan alat ukur Work Extrinsic and Intrinsic Motivation Scale (WEIMS) untuk mengukur motivasi dan General Self-Efficacy Scale (GSES) untuk mengukur efikasi diri pada responden. Hasil penelitian terdapat signifikan hubungan positif dengan r= 0.566, yang berarti semakin tinggi motivasi responden maka semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki

Article Details

Section
Articles

References

Alkaabi, S. A. R., Alkaabi, W., & Vyver, G. (2017). Researching Student Motivation. Contemporary

Issues in Education Research (CIER), 10(3), 193–202.

https://doi.org/10.19030/cier.v10i3.9985

Cherian, J., & Jacob, J. (2013). Impact of self efficacy on motivation and performance of employees.

International Journal of Business and Management 8(14), 80–88.

https://doi.org/10.5539/ijbm.v8n14p80

Davidovitch, N., & Yavich, R. (2018). The effect of motivation and self-efficacy on math studies in

the israeli ministry of education’s program “give five.” International Journal of Higher

Education, 7(6), 63–77. https://doi.org/10.5430/ijhe.v7n6p63

Dewi, F. I. R., & Sari, M. P. (2022). Motivation for instagram use, passive instagram use and fear of

missing out (FoMO). Jurnal Komunikasi, 14(1), 251. https://doi.org/10.24912/jk.v14i1.18592

Dewi, P. E. P., & Dewi, I. G. A. M. (2015). Pengaruh self-efficacy dan motivasi kerja pada kepuasan

kerja karyawan happy bali tour & travel denpasar. Jurnal Manajemen Strategi Bisnis Dan

Kewirausahaan, 1, 15–25.

Hadi, P. (2023). Research in Business & Social Science The influence of self-efficacy on employee

performance mediated by work motivation and work engagement. International Journal of

Research in Business & Social Science 12(2), 653–661.

Hasanah, U., Alizamar, A., Marjohan, M., & Engkizar, E. (2019). The effect of self efficacy and

parent support on learning motivation in management business students in padang’s private

vocational school. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 6(2), 133–140.

https://doi.org/10.24042/kons.v6i2.5074

Heng, P. H., Soetikno, N., & Fahditia, A. (2020). Peranan pola asuh orang tua terhadap kualitas hidup

remaja perkotaan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 5671747.

Idulfilastri, R. M., Tiatri, S., Keni, K., Solikhah, N., Dewi, F. I. R., & Beng, J. T. (2022). Dampak

psikologis mahasiswa pada implementasi pembelajaran kolaboratif dan partisipatif di

kabupaten belitung. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 198.

https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.16074.2022

Muhammad, M. (2016). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87.

https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Pertiwi, M. A. (2021). Hubungan efikasi diri (self efficacy) terhadap motivasi belajar peserta didik

kelas v min 5 bandar lampung. Ilmu Tarbiyah Dan Kependidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1–138.

Putri, P. E. V., & Wibawa, I. M. A. (2016). Pengaruh self-efficacy dan motivasi kerja terhadap

kepuasan kerja pegawai bagian perlengkapan sekretariat kabupaten klungkung. E-Jurnal

Manajemen Unud, 5(11), 7339–7365. file:///C:/Users/user/Downloads/21253-1-48846-2-10-

pdf

Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni

Vol. x, No. x, xxx xxxx: hlm xx-xx

ISSN 2579-6348 (Versi Cetak)

ISSN-L 2579-6356 (Versi Elektronik)

https://doi.org/10.24912/ jmishumsen.xxx 3

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic

motivation, social development, and well being. American Psychological Association, 55(1),

–78. https://doi.org/10.4324/9780429052675-23

Sadirman. (2006). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sahrani, R., Hastuti, R., & Dharma, A. S. (2020). Psikoedukasi kebijaksanaan (wisdom) untuk

meningkatkan pengetahuan pemecahan masalah pada siswa sekolah rakyat ancol (sra). Jurnal

Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 2(2), 29–34.

https://doi.org/10.15294/panjar.v2i2.36594

Santrock, J, W, (2011). Life-span development (perkembangan masa hidup) Jakarta: Erlangga.

Schwarzer, R., Jerusalem, M., & Johnston, M. (1995). Generalized Self-Efficacy Scale. January.

Subroto, U., Wati, L., & Satiadarma, M. P. (2018). Hubungan tipe kepribadian dengan penyesuaian

diri mahasiswa perantau di universitas tarumanagara jakarta. Provitae: Jurnal Psikologi

Pendidikan, 11(2), 81–98. https://doi.org/10.24912/provitae.v11i2.2760

Suzanna, E., & Ulfa, M. (2023). Self-efficacy sarjana fresh graduate dalam menghadapi dunia kerja

di masa pandemi covid-19. Jurnal Sublimapsi, 4(1), 149–160.

Tremblay, M. A., Blanchard, C. M., Taylor, S., Pelletier, L. G., & Villeneuve, M. (2009). Work

extrinsic and intrinsic motivation scale: its value for organizational psychology research.

Canadian Journal of Behavioural Science, 41(4), 213–226. https://doi.org/10.1037/a0015167

Wade, C & Tavris, C. (2007). Psokologi (9th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

(Buku asli diterbitkan tahun 2006)