HUBUNGAN HARGA DIRI DENGAN PHUBBING PADA REMAJA

Main Article Content

Nadine Ivanka
Niken Widi Astuti

Abstract

Pada tahun 2019 sebanyak 3.706.811 orang Indonesia melakukan phubbing sehingga, Indonesia menempati urutan ke 11 sebagai negara dengan phubbing terbanyak di dunia (Cecilia, 2019). Generasi yang saat ini merupakan generasi yang memiliki peluang yang tinggi untuk melakukan phubbing adalah generasi Z karena, generasi ini sangat akrab dengan gadget (Youarti et al., 2020). Remaja akan memasuki tahap kelima yaitu ego-identity versus role confusion di mana remaja berusaha untuk mengembangkan pemahaman yang jelas tentang identitasnya dengan merefleksikan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Keberhasilan menavigasi tahap ini menghasilkan rasa kohesif terhadap diri sendiri, sementara kesulitan dapat menyebabkan identity crisis (Benson, 2012). Berdasarkan fenomena tersebut peneliti ingin mengetahui hubungan harga diri dengan phubbing pada remaja. Harga diri adalah harga diri menurut Coopersmith adalah penilaian yang dibuat oleh individu terhadap dirinya sendiri, yang menunjukkan sejauh mana individu percaya bahwa mereka memiliki kemampuan, penting, sukses, dan berharga (dalam Sarandria, 2012) dan phubbing adalah tindakan seseorang yang menggunakan ponselnya ketika sedang bercakap-cakap dengan orang lain, memprioritaskan ponselnya di atas komunikasi interpersonal (Karadaǧ et al., 2015). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimen dengan sample pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling dan secara online. Terdapat 306 responden remaja pada penelitian ini. Pada penelitian ini menggunakan alat ukur Coopersmith Harga diri Scale dengan nilai cronbach's alpha α = 0.908 untuk mengukur harga diri dan phubbing scale dengan nilai cronbach's alpha sebesar α = 0.837 untuk mengukur phubbing. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara harga diri dengan phubbing pada remaja dengan koefisien korelasi sebesar 0.217. Yang berarti semakin tinggi harga diri maka akan semakin rendah tingkat phubbing, begitupun sebaliknya. Penelitian ini diharapkan bisa menambahkan pengembangan ilmu pada psikologi pendidikan. Kemudian penelitian ini dapat menjadi referensi pada penelitian-penelitian selanjutnya dan dapat berkontribusi untuk menambahkan wawasan mengenai harga diri dan phubbing pada remaja.


 

Article Details

Section
Articles

References

Aditia, R. (2021). Fenomena Phubbing: Suatu Degradasi Relasi Sosial Sebagai Dampak Media Sosial. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.24123/SOSHUM.V2I1.4034

Benson, N. (2012). THE PSYCHOLOGY BOOK : BIG IDEAS SIMPLY EXPLAINED.

Cecilia, S. (2019). Fakta Phubbing di Indonesia. Logout Indonesia. https://logoutindonesia.wixsite.com/logout/fakta-phubbing-di-indonesia

Chotpitayasunondh, V, & Douglas, K. (2018). The effects of “phubbing” on social interaction. Researchgate.Net, 48(6), 304–316. https://doi.org/10.1111/jasp.12506

Chotpitayasunondh, Varoth, & Douglas, K. M. (2016). How “phubbing” becomes the norm: The antecedents and consequences of snubbing via smartphone. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.018

Kartika, endy sandya. (2022). HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN ALTRUISM PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI ANGKATAN 2017 UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. http://etheses.uin-malang.ac.id/39783/1/17410027.pdf

Mamun, M., Hossain, M., … M. M.-A., & 2020, undefined. (2020). Does loneliness, self‐esteem and psychological distress correlate with problematic internet use? A Bangladeshi survey study. Wiley Online Library, 12(2). https://doi.org/10.1111/appy.12386

Rifda, A. (2022). Karakteristik Generasi Z dan Tahun Berapa Generasi Z. Gramedia. https://www.gramedia.com/best-seller/gen-z/

Sarandria. (2012). EFEKTIFITAS COGNITIVE BEHAVIOURAL THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA DEWASA MUDA. https://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20315071-T31798-Efektifitas cognitive.pdf

Youarti, I., Konseling, N. H.-J. F., & 2018, undefined. (2020). Perilaku phubbing sebagai karakter remaja generasi Z. Researchgate.Net, 3, 46. https://www.researchgate.net/profile/Nur-Hidayah-26/publication/329500828_Perilaku_Phubbing_Sebagai_Karakter_Remaja_Generasi_Z/links/5ce643c792851c4eabb714b1/Perilaku-Phubbing-Sebagai-Karakter-Remaja-Generasi-Z.pdf