GAMBARAN KINERJA MAHASISWA YANG TERLIBAT ORGANISASI KEMAHASISWAAN

Main Article Content

Lusyana
Niken Widi Astuti

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia dan cara untuk meningkatkan kualitas hidup terhadap seseorang. Pendidikan memiliki tujuan yang penting pada masa era modern ini, yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang dapat mengikuti perkembangan zaman. Salah satu tingkat pendidikan yang menjadi tolak ukur pada penelitian ini adalah pendidikan di institusi perguruan tinggi. Perguruan tinggi tidak hanya menyediakan proses pembelajaran secara akademik, melainkan juga menyediakan lingkungan untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minat mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya organisasi kemahasiswaan dengan berbagai bidang pada perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat keterlibatan mahasiswa yang terlibat dalam organisasi kemahasiswaan. Kinerja dianggap sebagai salah satu petunjuk seberapa efektif seseorang dalam menyelesaikan tugas, tingkat inisiatif yang mereka tunjukkan, dan cara mereka menangani masalah. Keterlibatan dalam kegiatan organisasi dapat dijelaskan sebagai aktivitas atau partisipasi di mana seseorang secara tekun berusaha menyumbangkan energi, pemikirannya, waktu, dan ide-idenya untuk kepentingan organisasi. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 260 mahasiswa yang terlibat dalam organisasi kemahasiswaan dan berusia antara 19 hingga 21 tahun. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan Individual Work Performance (IWPQ) sebagai alat ukur kinerja untuk mengevaluasi tingkat keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan organisasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor kinerja dalam kegiatan organisasi tergolong tinggi, dengan nilai rata-rata sebesar 5.0010, dan rentang skor berkisar antara 3.56 (rendah) hingga 5.78 (tinggi).

Article Details

Section
Articles

References

Azidin, Y., Rahmah, A., Zuraida, D., & Maulana, R. (2022). Pelatihan kepemimpinan dan manajemen organisasi dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 82-87

Carmelia, T., Tiatri, S., & Wijaya, E. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi akademik dengan job performance pada mahasiswa aktif organisasi kemahasiswaan. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 184-197.

Garkaz, M., Banimahd, B., & Esmaeili, H. (2011). Factors affecting students' performance : the case of students at the islamic azad university. International Conference On Education And Educational Psychology, 29(2), 122 - 128.

Heryana, A. (2021, Maret 21). Analisa jabatan. Researchgate.

Koopmans, L., Bernaards, C. M., Hildebrandt, V. H., Beek, A. J. V. D., & Vet, H. C. W. D (2014). Construct validity of the individual work performance questionnaire. Journal of Occupational and Environmental Medicine, 56(3), 153 – 171.

Kusumastuti, D. (2020). Kecemasan dan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(1). 22 – 33.

Lasut, E. E., Lengkong, V. P. K., & Ogi, I. W. J. (2017). Analisis perbedaan kinerja pegawai berdasarkan gender, usia dan masa kerja (studi pada dinas pendidikan sitaro). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2). 2771 – 2780.

Lutfiwati, S. (2020). Motivasi belajar dan prestasi akademik. Jurnal Kependidikan Islam, 10(1). 53 – 63.

Manurung, T. M. S. (2017). Pengaruh motivasi dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia, 1(1), 17 – 26.

Ningsih, A. F. (2020). Pengaruh organisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa institut ilmu al-qur’an (iiq) Jakarta (Studi Kasus Pengurus BKKBM IIQ Jakarta periode 2020 – 2021). [Skripsi sarjana]. Institut Ilmu AL-QUR`AN (IIQ) Jakarta 2020 M/1441 H.

Nuryoto, S. (1998). Perbedaan prestasi akademik antara laki-laki dan perempuan studi di wilayah Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 2(25), 16 – 24.

Pertiwi, A. D., Septian, R. N., Ashifa, R., & Prihantini. (2021). Peran organisasi kemahasiswaan dalam membangun karakter: urgensi organisasi kemahasiswaan pada generasi digital. Journal on Early Childhood, 4(3), 107-115.

Sa’adah, L., Martadani, L., & Taqiyuddin, A. (2021). Analisis perbedaan kinerja karyawan pada pt surya indah food multirasa jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 515-522.

Safitri, D. (2021). Manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik di smp negeri 5 batusangkar. [Skripsi sarjana]. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Santoso, I. B. (2019). Pengaruh keaktifan organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pengurus unit kegiatan mahasiswa universitas negeri yogyakarta periode 2019-2020. Jurnal Ilmu Manajemen, 16(2). 102-113.

Yanti, S. N. (2022). Hubungan job performance dan prestasi akademik ketua himpunan mahasiswa jurusan di universitas islam negeri antasari banjarmasin. Sultan Idris Journal Of Psychology And Education, 2(1), 77 – 87.