HARGA DIRI SEBAGAI MODERATOR DALAM HUBUNGAN RELASI PARASOSIAL DAN INTENSI MEMBELI
Main Article Content
Abstract
Perkembangan Globalisasi mempengaruhi berkembangnya teknologi mempermudah akses informasi dari berbagai hal. Maraknya Korean Wave yang didominasi oleh boygroup dan girlgroup menjadi salah satu dampak adanya perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi, dengan dukungan perkembangan tersebut mempermudah terjadinya interaksi antara penggemar dan artis berasal Korea Selatan tersebut. Interaksi yang terjadi dapat menimbulkan perilaku parasocial relationship terutama pada remaja dalam masa mencari jati diri mereka. Adanya perilaku tersebut juga dapat menimbulkan tindakan intensi membeli yang juga dapat dipicu oleh tingkat self-esteem seseorang. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan parasocial relationship dan intensi membeli pada remaja penggemar K-Pop yang dimoderasi dengan self-esteem. Penelitian ini melibatkan 267 responden dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disusun atas Parasocial Interaction (PSI) Scale (α = 0.831), Purchase Intention Scale (α = 0.814), dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) ) (α = 0.803). Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa harga diri terbukti memiliki peran dalam hubungan yang terjadi pada parasocial relationship dan intensi membeli pada remaja yang merupakan penggemar K-Pop.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Aufa, R., Mar’at, S., & Tiatri, S. (2019). Peranan Cognitive Flexibility, Self-Esteem, dan Loneliness Terhadap Celebrity Worship Pada Remaja. Jurnal Muara Ilmu Sosial, dan Seni¸ 3(2). 539-548. DOI: https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i2.3483.2019
Bi, N. C., & Zhang, R. (2023). “I will buy what my ‘friend’ recommends”: the effects of parasocial relationships, influencer credibility and self-esteem on purchase intentions: Journal of Research in Interactive Marketing, 17(2). 157-175. https://doi.org/10.1108/JRIM-08-2021-0214
Dibble, J.L., Hartmann, T. and Rosaen, S.F. (2016), “Parasocial interaction and parasocial relationship: conceptual clarification and a critical assessment of measures”, Human Communication Research, 42(1), 21-44. DOI: 10.1111/hcre.12063
Horton, D., & Wohl, R. (1956). Mass communication and para-social interaction: Observations on intimacy at a distance. Psychiatry, 19(3) , 215-229.
Kusumawardani, V., & Agustina. (2023). Perilaku Celebrity Worship dan Psychological Well-Being Pada Remaja Penggemar NCT di Masa Pandemi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(3). 625-633. DOI: https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i3.19442.2022
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Consumer Markets and Buying Behavior. Dalam P. T. Kotler, & G. Armstrong, Principles of Marketing (p. 159). Harlow: Pearson Education Limited.
Lou, C., & Kim, H. .K. (2019). Fancying the New Rich and Famous? Explicating the roles of Influncer Content, Credibility, and Parental Mediation in Adolescents’ Parasocial Relationship, Materialism, and Purchase Intention. Front. Psychol, 10(2567). 1-17. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02567
Marsinondang & Dewi, F. I. R. (2022). Self-Control and Aggressive Behavior in Adolescent Fans of Korean Pop (K-pop). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 655. 1403-1407. DOI : 10.2991/assehr.k.220404.224
Nabila, M. (2023, Januari 4). Fenomena Korean Wave di Indonesia. https://kumparan.com/maulidyanabilawidyanaputri/fenomena-korean-wave-di-indonesia-1zZ4C4vVHRd
Naurah, N. (2023, Februari 1). Ini Sederet Alasan Orang Indonesia Menggemari K-Pop. https://goodstats.id/article/ini-sederet-alasan-orang-indonesia-menggemari-k-pop-TzcDq
Putri, I.P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan penyebaran Korean Wave di Indonesia : ProTVF, 3(1), 68-80.
Putri, N. Z. H., & Dewi, F.I. R. (2021). Students Who are Active in Organizations: Implications for Self-Esteem with Social Lofing. Advances in Science, Eductaion and Humanities Research, 570. 1377-1382. DOI: 10.2991/assehr.k.210805.216
Perbawani, P.S., & Nuralin, A.J. (2021). Hubungan Parasosial dan Perilaku Loyalitas Fans dalam Fandom Kpop di Indonesia. LONTAR: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 9(1). 42-54. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i1.3056
Reijmersdal, E. A. V., Fransen, M. L., Noort, G. V., Opree, S. J., Vandeberg, L., Reusch, S., Lieshout, F. V., & Boerman, S. C. (2016). Effect of disclosing sponsored content in blogs: How the use of resistance strategies mediates effect on persuasion. American Behavioural Scientist, 60(2), 1458-1474. https://doi.org/10.1177/0002764216660141
Robins, R.W., Hendin, H.M. and Trzesniewski, K.H. (2001), “Measuring global self-esteem: construct validation of a single-item measure and the Rosenberg Self-Esteem Scale”, Personality and Social Psychology Bulletin, 27(2), 151-161.
Rosenberg, M. (1965). Society and the adolescent self-image. Princeton University Press.
Saneva, T. A., Ninawati., & Kurniawati, M. (2022). Peran Motivasi Belanja dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada K-Poper Perempuan Remaja Akhir. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(2). 393- 400. DOI: https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i2.19230.2022
Sumirna, W. O., Maulana, H. F., & Putra, M. R. A. (2023). Hubungan parasosial antara fangirl dan selebriti K-Pop: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1612-1626. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25238
Spears, N., & Singh, S. N. (2004). Measuring attitude toward the brand and purchase intentions. Journal of Current Issues & Research in Advertising, 26(2), 53-66. DOI: 10.1080/10641734.2004.10505164.
Widodo, S. E., Gumelar, G., & Wibisono, A. (2014). Harga Diri dan Intensi Membeli Jersey Sepak Bola Tiruan Pada Remaja: Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 3(2). 52-58. https://doi.org/10.21009/JPPP.011.02