PERANAN GRATITUDE SEBAGAI MODERATOR DALAM HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN LONELINESS PADA DEWASA MUDA
Main Article Content
Abstract
Hadirnya media sosial dalam perkembangan teknologi memberikan kemudahan dan dampak bagi para penggunanya. Melalui perubahan pola interaksi dalam era digital, loneliness menjadi salah satu kondisi yang dirasakan oleh penggunanya. Loneliness merupakan sebuah perasaan yang muncul akibat pengalaman pribadi individu akan kehidupan sosialnya. Penelitian-penelitian terdahulu menunjukan hubungan antara loneliness dengan intensitas penggunaan media sosial. Gratitude merupakan sebuah perasaan bahagia serta cara pandang individu dalam memaknai kehidupannya. Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak loneliness pada pengguna, dibutuhkan gratitude. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan gratitude dalam hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan loneliness. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional non-eksperimental dengan mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner online. Penelitian menggunakan tiga alat ukur, yaitu Skala Intensitas Penggunaan Media Sosial, The Social and Emotional Loneliness Scale for Adults (SELSA-S) Indonesian Version, dan The 30-item Gratitude Scale Indonesian Version. Pengujian asumsi klasik ditemukan bahwa persebaran data pada 427 partisipan tidak normal, sehingga pengujian dilakukan dengan menggunakan metode non-parametrik. Data utama diolah dengan menggunakan uji regresi berganda. Hasil pengujian moderated regression analysis (MRA) menunjukan tidak terdapat peranan signifikan pada variabel gratitude dengan nilai t = 1.928; dan p = 0.055 > 0.05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gratitude tidak memiliki peran moderasi terhadap hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan loneliness.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Adamczyk, K., & DiTommaso, E. (2014). Psychometric properties of the polish version of the Social and Emotional Loneliness Scale for Adults (SELSA-S). Psihologijske Teme, 23(3), 327-341. https://hrcak.srce.hr/130657
Ardari, C. S. S. (2016). Pengaruh kepercayaan diri terhadap intensitas penggunaan media sosial pada remaja awal [Skripsi sarjana tidak dipublikasikan]. Universitas Sanata Darma: Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/6571/1/119114160.pdf
Astuti, S. W., & Yenny, Y. (2021). Hubungan antara penggunaan media sosial dengan kesepian dan perilaku perbandingan sosial. Jurnal Psikohumanika, 13(1), 68-81. https://doi.org/10.31001/j.psi.v13i1.1243
Aulia, Q., & Astriska, B. (2022). Self compassion dan gratitude sebagai prediktor loneliness narapidana perempuan di lapas perempuan kelas IIA Medan. Journal of Correctional Issues, 5(1), 33-46. https://doi.org/10.52472/jci.v5i1.109
Bonsaksen, T., Ruffolo, M., Price, D., Leung, J., Thygesen, H., Lamph, G., ... & Geirdal, A. Ø. (2023). Associations between social media use and loneliness in a cross-national population: do motives for social media use matter?. Health Psychology and Behavioral Medicine, 11(1), 2158089. https://doi.org/10.1080%2F21642850.2022.2158089
Bozzola, E., Spina, G., Agostiniani, R., Barni, S., Russo, R., Scarpato, E., Di Mauro, A., Di Stefano, A. V., Caruso, C., Corsello, G., & Staiano, A. (2022). The use of social media in children and adolescents: Scoping review on the potential risks. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(16), 9960. https://doi.org/10.3390/ijerph19169960
Candra, D. A. (2017). Kesepian dan intensitas penggunaan media sosial pada mahasiswa [Skripsi sarjana dipublikasikan]. Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/43628
Caputo, A. (2015). The relationship between gratitude and loneliness: The potential benefits of gratitude for promoting social bonds. Europe's Journal of Psychology, 11(2), 323. https://doi.org/10.5964/ejop.v11i2.826
Fardghassemi, S., & Joffe, H. (2022). The causes of loneliness: The perspective of young adults in London’s most deprived areas. Plos one, 17(4). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0264638
Hammond, C. (2018, Oktober). The anatomy of loneliness – Who feels lonely? The results of the world’s largest loneliness study. BBC. https://www.bbc.co.uk/programmes/articles/2yzhfv4DvqVp5nZyxBD8G23/who-feels-lonely-the-results-of-the-world-s-largest-loneliness-study
Heinrich, L. M., & Gullone, E. (2006). The clinical significance of loneliness: A literature review. Clinical Psychology Review, 26(6), 695–718. https://doi.org/10.1016/J.CPR.2006.04.002
Hunt, M. G., Marx, R., Lipson, C., & Young, J. (2018). No more FOMO: Limiting social media decreases loneliness and depression. Journal of Social and Clinical Psychology, 37(10), 751-768. https://doi.org/10.1521/jscp.2018.37.10.751
Kemp, S. (2023, Januari). Digital 2023: Global overview report. Datareportal. https://datareportal.com/reports/digital-2023-global-overview-report
Listiyandini, R. A., Nathania, A., Syahniar, D., Sonia, L., & Nadya, R. (2015). Mengukur rasa syukur: Pengembangan model awal skala bersyukur versi Indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat, 2(2), 473-496. https://doi.org/10.24854/jpu39
Mao, J., Fu, G. X., & Huang, J. J. (2023). The double-edged sword effects of active social media use on loneliness: The roles of interpersonal satisfaction and fear of missing out. Frontiers in psychology, 14, 1108467. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1108467
Miftahurrahmah, H., & Harahap, F. (2020). Hubungan kecanduan sosial media dengan kesepian pada mahasiswa. Acta Psychologia, 2(2), 153-160. http://dx.doi.org/10.21831/ap.v2i2.34544
Neidi, A. W. (2019). Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa. Acta Psychologia, 1(2), 97-105. https://www.researchgate.net/publication/356345970_Hubungan_antara_Intensitas_Penggunaan_Media_Sosial_dan_Prokrastinasi_Akademik_dalam_Menyelesaikan_Skripsi_pada_Mahasiswa
O’Day, E. B., & Heimberg, R. G. (2021). Social media use, social anxiety, and loneliness: A systematic review. Computers in Human Behavior Reports, 3, 100070. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2021.100070
Peltzer, K., & Pengpid, S. (2019). Loneliness correlates and associations with health variables in the general population in Indonesia. International journal of mental health systems, 13(1), 1-11. https://doi.org/10.1186/s13033-019-0281-z
Roberts, J. A., & David, M. E. (2019). The social media party: Fear of Missing Out (FoMO), social media intensity, connection, and well-being. International Journal of Human–Computer Interaction, 1–7. https://doi.org/10.1080/10447318.2019.1646517
Salsabila, T. A., & Sahrani, R. (2021). Peran moderasi mindfulness dalam hubungan antara intensitas penggunaan Instagram dan kesepian pada dewasa muda. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 5(2), 352-361. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v5i2.10932.2021
Sciara, S., Villani, D., Di Natale, A. F., & Regalia, C. (2021). Gratitude and social media: a pilot experiment on the benefits of exposure to others’ grateful interactions on facebook. Frontiers in Psychology, 12, 667052. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.667052
Seemann, A. (2022). The psychological structure of loneliness. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(3), 1–12. https://doi.org/10.3390/IJERPH19031061
Sundqvist, A., & Hemberg, J. (2021). Adolescents’ and young adults’ experiences of loneliness and their thoughts about its alleviation. International Journal of Adolescence and Youth, 26(1), 238–255. https://doi.org/10.1080/02673843.2021.1908903
U.S. Surgeon General’s Advisory. (2023, Juni) Social media and Youth Mental Health. Office of Juvenile Justice and Delinquency Prevention. https://ojjdp.ojp.gov/news/juvjust/us-surgeon-general-issues-advisory-social-media-and-youth-mental-mealth#:~:text=U.S.%20Surgeon%20General%20Dr.,harms%20social%20media%20use%20poses.
Widi, S. (2023, Februari). Pengguna media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta pada 2023. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023
Yavich, R., Davidovitch, N., & Frenkel, Z. (2019). Social media and loneliness--forever connected?. Higher Education Studies, 9(2), 10-21. https://doi.org/10.5539/hes.v9n2p10
Yenny, Y. & Astuti, S. W. (2021). Hubungan antara penggunaan media sosial dengan kesepian dan perilaku perbandingan sosial. Jurnal Psikohumanika, 13(1), 68-81. https://doi.org/10.31001/j.psi.v13i1.1243