HARDINESS PADA MAHASISWA BEKERJA DI JAKARTA: PERANAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL

Main Article Content

Dania Yusuf
Fransisca Iriani R. Dewi

Abstract

Saat ini fenomena mahasiswa bekerja bukanlah suatu hal yang baru. Mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja di Jakarta memiliki tekanan yang lebih besar karena harus mengatur waktu dan mengerjakan tugas yang diberikan di perkuliahan dan pekerjaan. Adapun alasan mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja yaitu masalah finansial ataupun hanya mencari pengalaman bekerja dan memperluas relasi. Diketahui melalui penelitian sebelumnya bahwa terdapat korelasi antara efikasi diri dan dukungan sosial terhadap hardiness. Hipotesis penelitian ini adalah apakah terdapat peran efikasi diri dan dukungan sosial terhadap hardiness mahasiswa bekerja. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah General Self-Efficacy Scale (GSE), Multidimentional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), Dispositional Resilience Scale (DRS-15) dengan jumlah 203 partisipan yang merupakan seorang mahasiswa dan mahasiswi yang sedang menjalani kuliah sambil bekerja. Proses pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuantitatif non-eksperimental dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Penelitian ini melakukan uji asumsi klasik yaitu normalitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas sebelum melakukan regresi linear berganda yang digunakan sebagai teknik analisa. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, dengan nilai t pada uji regresi efikasi diri terhadap hardiness = 7.232 dan nilai t pada uji regresi dukungan sosial terhadap hardiness = 3.955, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peran positif dan signifikan efikasi diri dan dukungan sosial terhadap hardiness mahasiswa bekerja. Nilai R Square = 0.576 yang berarti efikasi diri dan dukungan sosial berperan terhadap hardiness mahasiswa bekerja sebesar 57.6% sementara 42.4% dipengaruhi variabel lain. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa peran efikasi diri dan dukungan sosial terhadap hardiness cukup tinggi.

Article Details

Section
Articles

References

American Psychological Association. (n.d). Social Support. In APA dictionary of psychology.

https://dictionary.apa.org/social-support

Arnett, J. J. (2000). Emerging adulthood: A theory of development from the late teens through

the twenties. American Psychologist: University of Maryland College Park, 55(5), 469-480. DOI: 10.1037//0003-066X.55.5.469

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W H Freeman/Times Books/ Henry

Holt & Co.

Bartone, P.T.(2006).Resilience Under Military Operasional Stress: Can Leaders Influence

Hardiness?. Journal Military Psychology,18,131-148. Washington DC: National Defense University

Databoks. (2021). Sebanyak 6,98% Pelajar di Indonesia Sekolah Sambil kerja. Diakses pada 6

Agustus 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/03/sebanyak-698-pelajar-di-indonesia-sekolah-sambil-kerja

Dewi, F. I., Budiarto, Y., Wardani, A. K., Diningrum, A. S., Lilianie, C., & Lau, A. (2022).

undefined. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 223 232. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.458

Fitri, V. Y., Hartati, R., & Fadhli, M. (2023). Bagaimana Efikasi Diri bisa meningkatkan work-

life balance Pada Mahasiswa Yang Bekerja ? Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 6(2), 52 59. https://doi.org/10.36341/psi.v6i2.3168

Hasbi, F. I. & Alwi, M. A. (2022). Kontribusi Dukungan Sosial Terhadap Hardiness Pada

Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa

Ives, J., & Castillo-Montoya, M. (2020). First-generation college students as academic learners:

A systematic review. Review of Educational Research, 90(2), 139 178. https://doi.org/10.3102/0034654319899707

Kobasa, S.C. (1979). Stressful Life Events, Personality and Health: Aprospective Study. Journal

of Personality and Social Psychology. 37,1-11.

Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa bekerja Dan dampaknya pada aktivitas belajar

Dan prestasi akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201. https://doi.org/10.21831/economia.v13i2.13239

Mund. (2016). Kobasa Concept of Hardiness. International Research Journal of Engineering, IT

& Scientific Research. https://sloap.org/journals/index.php/irjeis/article/view/243

M Nashich, T., & S Palupi, L. (2020). The relationship between social support and the

psychological well-being of students who work part-time. E3S Web of Conferences, 202, 12024. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020212024

Kirana, A., & Agustini, A. (2018). Dukungan Sosial guru Dalam Upaya Membimbing

Kemandirian Anak moderate intellectual disability. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.24912/provitae.v11i2.2757

Rasyid, F. I., & Rusmawati, D. (2023). Hubungan Antara hardiness dengan Efikasi Diri

Akademik pada Mahasiswa Rantau Dari pulau Sumatera Di Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 12(4), 319 325. https://doi.org/10.14710/empati.2023.28676

Sadewa, D. (10 September 2021). Kuliah Sambil Kerja,Orang Tua Kaget Saya Kirim Uang!.

https://youtu.be/so3iFWKPdwE?si=_pr3wcS1M0UzmH5m

Santrock, J.W. (2006). Human Adjustment. University of Texas at Dallas: Mc Graw Hill

Companies.

Schultz, D., & Schultz, S. E. (2010). Psychology & work today. Tenth edition. Upper Saddle

River: Prentice Hall.

Utami, A.T. (2020). Pengambilan Risiko pada Mahasiswa Bekerja. Psikologika: Jurnal

Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 25(1), 111-132. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss1.art9

Wijaya, C., Siregar, N. I., & Hidayat, H. (2020). Hubungan Antara self efficacy dengan self

regulated learning pada Mahasiswa Yang Bekerja Di Universitas Medan area. Analitika, 12(1), 83 91. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i1.3498

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The multidimensional scale

of perceived social support. Journal of personality assessment, 52(1), 30-41.