HARDINESS PADA MAHASISWA BEKERJA DI JAKARTA: PERANAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL
Main Article Content
Abstract
Saat ini fenomena mahasiswa bekerja bukanlah suatu hal yang baru. Mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja di Jakarta memiliki tekanan yang lebih besar karena harus mengatur waktu dan mengerjakan tugas yang diberikan di perkuliahan dan pekerjaan. Adapun alasan mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja yaitu masalah finansial ataupun hanya mencari pengalaman bekerja dan memperluas relasi. Diketahui melalui penelitian sebelumnya bahwa terdapat korelasi antara efikasi diri dan dukungan sosial terhadap hardiness. Hipotesis penelitian ini adalah apakah terdapat peran efikasi diri dan dukungan sosial terhadap hardiness mahasiswa bekerja. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah General Self-Efficacy Scale (GSE), Multidimentional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), Dispositional Resilience Scale (DRS-15) dengan jumlah 203 partisipan yang merupakan seorang mahasiswa dan mahasiswi yang sedang menjalani kuliah sambil bekerja. Proses pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuantitatif non-eksperimental dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Penelitian ini melakukan uji asumsi klasik yaitu normalitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas sebelum melakukan regresi linear berganda yang digunakan sebagai teknik analisa. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, dengan nilai t pada uji regresi efikasi diri terhadap hardiness = 7.232 dan nilai t pada uji regresi dukungan sosial terhadap hardiness = 3.955, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peran positif dan signifikan efikasi diri dan dukungan sosial terhadap hardiness mahasiswa bekerja. Nilai R Square = 0.576 yang berarti efikasi diri dan dukungan sosial berperan terhadap hardiness mahasiswa bekerja sebesar 57.6% sementara 42.4% dipengaruhi variabel lain. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa peran efikasi diri dan dukungan sosial terhadap hardiness cukup tinggi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
American Psychological Association. (n.d). Social Support. In APA dictionary of psychology.
https://dictionary.apa.org/social-support
Arnett, J. J. (2000). Emerging adulthood: A theory of development from the late teens through
the twenties. American Psychologist: University of Maryland College Park, 55(5), 469-480. DOI: 10.1037//0003-066X.55.5.469
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W H Freeman/Times Books/ Henry
Holt & Co.
Bartone, P.T.(2006).Resilience Under Military Operasional Stress: Can Leaders Influence
Hardiness?. Journal Military Psychology,18,131-148. Washington DC: National Defense University
Databoks. (2021). Sebanyak 6,98% Pelajar di Indonesia Sekolah Sambil kerja. Diakses pada 6
Agustus 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/03/sebanyak-698-pelajar-di-indonesia-sekolah-sambil-kerja
Dewi, F. I., Budiarto, Y., Wardani, A. K., Diningrum, A. S., Lilianie, C., & Lau, A. (2022).
undefined. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 223 232. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.458
Fitri, V. Y., Hartati, R., & Fadhli, M. (2023). Bagaimana Efikasi Diri bisa meningkatkan work-
life balance Pada Mahasiswa Yang Bekerja ? Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 6(2), 52 59. https://doi.org/10.36341/psi.v6i2.3168
Hasbi, F. I. & Alwi, M. A. (2022). Kontribusi Dukungan Sosial Terhadap Hardiness Pada
Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa
Ives, J., & Castillo-Montoya, M. (2020). First-generation college students as academic learners:
A systematic review. Review of Educational Research, 90(2), 139 178. https://doi.org/10.3102/0034654319899707
Kobasa, S.C. (1979). Stressful Life Events, Personality and Health: Aprospective Study. Journal
of Personality and Social Psychology. 37,1-11.
Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa bekerja Dan dampaknya pada aktivitas belajar
Dan prestasi akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201. https://doi.org/10.21831/economia.v13i2.13239
Mund. (2016). Kobasa Concept of Hardiness. International Research Journal of Engineering, IT
& Scientific Research. https://sloap.org/journals/index.php/irjeis/article/view/243
M Nashich, T., & S Palupi, L. (2020). The relationship between social support and the
psychological well-being of students who work part-time. E3S Web of Conferences, 202, 12024. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020212024
Kirana, A., & Agustini, A. (2018). Dukungan Sosial guru Dalam Upaya Membimbing
Kemandirian Anak moderate intellectual disability. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.24912/provitae.v11i2.2757
Rasyid, F. I., & Rusmawati, D. (2023). Hubungan Antara hardiness dengan Efikasi Diri
Akademik pada Mahasiswa Rantau Dari pulau Sumatera Di Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 12(4), 319 325. https://doi.org/10.14710/empati.2023.28676
Sadewa, D. (10 September 2021). Kuliah Sambil Kerja,Orang Tua Kaget Saya Kirim Uang!.
https://youtu.be/so3iFWKPdwE?si=_pr3wcS1M0UzmH5m
Santrock, J.W. (2006). Human Adjustment. University of Texas at Dallas: Mc Graw Hill
Companies.
Schultz, D., & Schultz, S. E. (2010). Psychology & work today. Tenth edition. Upper Saddle
River: Prentice Hall.
Utami, A.T. (2020). Pengambilan Risiko pada Mahasiswa Bekerja. Psikologika: Jurnal
Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 25(1), 111-132. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss1.art9
Wijaya, C., Siregar, N. I., & Hidayat, H. (2020). Hubungan Antara self efficacy dengan self
regulated learning pada Mahasiswa Yang Bekerja Di Universitas Medan area. Analitika, 12(1), 83 91. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i1.3498
Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The multidimensional scale
of perceived social support. Journal of personality assessment, 52(1), 30-41.