HUBUNGAN ANTARA MINDSET DENGAN PEMILIHAN KARIR PADA GENERASI Z
Main Article Content
Abstract
Pemilihan karir dianggap sebagai sikap inisiatif karena seseorang dapat mengontrol sendiri karir yang ingin mereka jalani. Hal yang dapat diukur dalam melihat kesuksesan seseorang adalah dengan memperhatikan keberhasilan jenjang karir yang dijalankannya. Pemilihan karir yang terencana saat berada dilingkungan sekolah atau kampus memiliki dampak yang luar biasa dalam kesuksesan seseorang. Pada saat ini, generasi Z memiliki kesulitan dalam mencari kerja. Kesulitan pada generasi ini terjadi akibat dari pandemik COVID-19 yang berlangsung kurang lebih selama dua (2) tahun. Mindset adalah rancangan pikiran seseorang atau perspektif yang dimiliki seseorang untuk melihat dan mempelajari berbagai hal yang menurutnya menarik. Seorang individu yang mempunyai fixed mindset memiliki kecenderungan menerapkan tujuan kinerja yang berpusat pada menampilkan kemampuan untuk memenuhi harapan orang lain. Seorang individu yang mempunyai growth mindset memiliki kecenderungan yang berpusat pada tujuan pembelajaran dan mengedepankan perkembangan intelektual serta menyukai tugas yang bersifat menantang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara mindset dengan pemilihan karir pada generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 372 partisipan yang berusia 17 – 24 tahun. Terdapat 2 alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu Dweck Mindset Instrument dari Dweck dan Hanson dan Career Decision Scale dari Osipow et al. Analisis data utama diolah dengan menggunakan uji korelasi. Hasil menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara mindset dengan pemilihan karir arena hasil korelasi p = 0.877 > 0.05.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Aprinal, H. S., Yusuf, A. M., Iswari, M., & Afdal. (2021). Career development in children (Childhood): Literature review. Bisma The Journal of Counseling, 5(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/bisma.v4i1
Aulia, L. (2023). Generasi pandemik tak mudah masuk dunia kerja. Kompas. https://www.kompas.id/baca/internasional/2023/08/11/generasi-pandemi-sulit-cari-kerja
Buchanan, A., & Kern, M. L. (2017). The benefit mindset: The psychology of contribution and everyday leadership. International Journal of Wellbeing, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.5502/ijw.v7i1.538
Buenconsejo, J. U., & Alfonso D. Datu, J. (2020). Growth and fixed mindsets about talent matter for career development self-efficacy in selected Filipino adolescents. Children and Youth Services Review, 118. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105470
Burnette, J. L., Pollack, J. M., Forsyth, R. B., Hoyt, C. L., Babij, A. D., Thomas, F. N., & Coy, A. E. (2020). A growth mindset intervention: Enhancing students’ entrepreneurial self-efficacy and career development. Entrepreneurship: Theory and Practice, 44(5), 878–908. https://doi.org/10.1177/1042258719864293
Cahayadewi, M. Y., Monika., & Tasdin, W. (2022). Peran phubbing terhadap proktrastinasi akademik mahasiswa generasi Z di Jabodetabek. Journal on Education, 5(1), 627-638. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/660
CNBC Indonesia. (2023). PR besar capres 2024: Gen Z susah cari kerja, PHK Meningkat. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230607195302-8-443971/pr-besar-capres-2024-gen-z-susah-cari-kerja-phk-meningkat
Corkin, D., Arbona, C., Coleman, N., & Ramirez, R. (2008). Dimensions of career indecision among Puerto Rican college students. Journal of College Student Development, 49(2), 81–94. https://doi.org/10.1353/csd.2008.0015
Dweck, C. S., Leggett, E. L., Cain, K., Clore, G., Erdley, C., Markman, E., Nicholls, J., Rodin, J., Smiley, P., Wyer, R., & Dweck, S. (1988). A Social-Cognitive Approach to Motivation and Personality. In Psychological Review, 95(2). https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0033-295X.95.2.256
Dweck, C. S. (2006). Mindset: The new psychology of success. Random House.
Fitri, F. F., Aiman, R. M. P., Angelica, C. N. R., Putri, N. T. A., & Saraswati, K. D. H. (2023). Career adaptability: Studi deskriptif pada karyawan gen Z. Jurnal Ilmiah Psyche, 17(1). https://doi.org/10.33557/jpsyche.v17i1.2510
Kapasi, A., & Pei, J. (2022). Mindset theory and school psychology. Canadian Journal of School Psychology, 37(1), 57–74. https://doi.org/10.1177/08295735211053961
King, A., & Sahrani, R. (2023). Hubungan mindset dan keputusan karir mahasiswa [Skripsi sarjana tidak dipublikasikan]. Universitas Tarumanagara.
Kurniasari, R. I., Dariyo, A., & Idulfilastri, R. M. (2018). Hubungan antara self-efficacy dengan pengambilan keputusan karier pada mahasiswa tingkat akhir fakultas psikologi (Studi kasus pada universitas di Jakarta Barat). Journal An-nafs, 3(1). https://doi.org/10.33367/psi.v3i1.497
Monika., & Nathania, V. (2023). Passion dan perencanaan karir. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 21-28. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.18317
Sari, A. K., Yusuf, A. M., & Megaiswari., & Afdhal. (2021). Analisis teori karir Krumboltz: Literature review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.33429
Sari, K. (2018). Korelasi motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan terhadap perencanaan karier. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 136. https://doi.org/10.26638/jfk.508.2099
Tambawun, E., & Sahrani, R. (2023). Hubungan antara tuntutan Kerja dan burnout dengan motivasi kerja sebagai moderator pada karyawan kalangan generasi z di DKI Jakarta. Journal on Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1040
Utami, S., & Rahmatika, G. (2022). Sulitnya sarjana cari kerja: Lulusan banyak tapi loker terbatas. Kumparan Bisnis. https://kumparan.com/kumparanbisnis/sulitnya-sarjana-cari-kerja-lulusan-banyak-tapi-loker-terbatas-1zWEl4LDhwD/full
Yavuz, O. (2019). A quantitative exploration of students’ mindsets and behaviors: A whole child academic, emotional, and career development. International Journal of Educational Reform, 28(4), 319–347. https://doi.org/10.1177/1056787919856735