HUBUNGAN ANTARA MINDSET DENGAN PEMILIHAN KARIR PADA GENERASI Z

Main Article Content

Cindy Febriyanti
Riana Sahrani

Abstract

Pemilihan karir dianggap sebagai sikap inisiatif karena seseorang dapat mengontrol sendiri karir yang ingin mereka jalani. Hal yang dapat diukur dalam melihat kesuksesan seseorang adalah dengan memperhatikan keberhasilan jenjang karir yang dijalankannya. Pemilihan karir yang terencana saat berada dilingkungan sekolah atau kampus memiliki dampak yang luar biasa dalam kesuksesan seseorang. Pada saat ini, generasi Z memiliki kesulitan dalam mencari kerja. Kesulitan pada generasi ini terjadi akibat dari pandemik COVID-19 yang berlangsung kurang lebih selama dua (2) tahun. Mindset adalah rancangan pikiran seseorang atau perspektif yang dimiliki seseorang untuk melihat dan mempelajari berbagai hal yang menurutnya menarik. Seorang individu yang mempunyai fixed mindset memiliki kecenderungan menerapkan tujuan kinerja yang berpusat pada menampilkan kemampuan untuk memenuhi harapan orang lain. Seorang individu yang mempunyai growth mindset memiliki kecenderungan yang berpusat pada tujuan pembelajaran dan mengedepankan perkembangan intelektual serta menyukai tugas yang bersifat menantang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara mindset dengan pemilihan karir pada generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 372 partisipan yang berusia 17 – 24 tahun. Terdapat 2 alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu Dweck Mindset Instrument dari Dweck dan Hanson dan Career Decision Scale dari Osipow et al. Analisis data utama diolah dengan menggunakan uji korelasi. Hasil menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara mindset dengan pemilihan karir arena hasil korelasi p = 0.877 > 0.05.

Article Details

Section
Articles

References

Aprinal, H. S., Yusuf, A. M., Iswari, M., & Afdal. (2021). Career development in children (Childhood): Literature review. Bisma The Journal of Counseling, 5(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/bisma.v4i1

Aulia, L. (2023). Generasi pandemik tak mudah masuk dunia kerja. Kompas. https://www.kompas.id/baca/internasional/2023/08/11/generasi-pandemi-sulit-cari-kerja

Buchanan, A., & Kern, M. L. (2017). The benefit mindset: The psychology of contribution and everyday leadership. International Journal of Wellbeing, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.5502/ijw.v7i1.538

Buenconsejo, J. U., & Alfonso D. Datu, J. (2020). Growth and fixed mindsets about talent matter for career development self-efficacy in selected Filipino adolescents. Children and Youth Services Review, 118. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105470

Burnette, J. L., Pollack, J. M., Forsyth, R. B., Hoyt, C. L., Babij, A. D., Thomas, F. N., & Coy, A. E. (2020). A growth mindset intervention: Enhancing students’ entrepreneurial self-efficacy and career development. Entrepreneurship: Theory and Practice, 44(5), 878–908. https://doi.org/10.1177/1042258719864293

Cahayadewi, M. Y., Monika., & Tasdin, W. (2022). Peran phubbing terhadap proktrastinasi akademik mahasiswa generasi Z di Jabodetabek. Journal on Education, 5(1), 627-638. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/660

CNBC Indonesia. (2023). PR besar capres 2024: Gen Z susah cari kerja, PHK Meningkat. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230607195302-8-443971/pr-besar-capres-2024-gen-z-susah-cari-kerja-phk-meningkat

Corkin, D., Arbona, C., Coleman, N., & Ramirez, R. (2008). Dimensions of career indecision among Puerto Rican college students. Journal of College Student Development, 49(2), 81–94. https://doi.org/10.1353/csd.2008.0015

Dweck, C. S., Leggett, E. L., Cain, K., Clore, G., Erdley, C., Markman, E., Nicholls, J., Rodin, J., Smiley, P., Wyer, R., & Dweck, S. (1988). A Social-Cognitive Approach to Motivation and Personality. In Psychological Review, 95(2). https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0033-295X.95.2.256

Dweck, C. S. (2006). Mindset: The new psychology of success. Random House.

Fitri, F. F., Aiman, R. M. P., Angelica, C. N. R., Putri, N. T. A., & Saraswati, K. D. H. (2023). Career adaptability: Studi deskriptif pada karyawan gen Z. Jurnal Ilmiah Psyche, 17(1). https://doi.org/10.33557/jpsyche.v17i1.2510

Kapasi, A., & Pei, J. (2022). Mindset theory and school psychology. Canadian Journal of School Psychology, 37(1), 57–74. https://doi.org/10.1177/08295735211053961

King, A., & Sahrani, R. (2023). Hubungan mindset dan keputusan karir mahasiswa [Skripsi sarjana tidak dipublikasikan]. Universitas Tarumanagara.

Kurniasari, R. I., Dariyo, A., & Idulfilastri, R. M. (2018). Hubungan antara self-efficacy dengan pengambilan keputusan karier pada mahasiswa tingkat akhir fakultas psikologi (Studi kasus pada universitas di Jakarta Barat). Journal An-nafs, 3(1). https://doi.org/10.33367/psi.v3i1.497

Monika., & Nathania, V. (2023). Passion dan perencanaan karir. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 21-28. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.18317

Sari, A. K., Yusuf, A. M., & Megaiswari., & Afdhal. (2021). Analisis teori karir Krumboltz: Literature review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.33429

Sari, K. (2018). Korelasi motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan terhadap perencanaan karier. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 136. https://doi.org/10.26638/jfk.508.2099

Tambawun, E., & Sahrani, R. (2023). Hubungan antara tuntutan Kerja dan burnout dengan motivasi kerja sebagai moderator pada karyawan kalangan generasi z di DKI Jakarta. Journal on Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1040

Utami, S., & Rahmatika, G. (2022). Sulitnya sarjana cari kerja: Lulusan banyak tapi loker terbatas. Kumparan Bisnis. https://kumparan.com/kumparanbisnis/sulitnya-sarjana-cari-kerja-lulusan-banyak-tapi-loker-terbatas-1zWEl4LDhwD/full

Yavuz, O. (2019). A quantitative exploration of students’ mindsets and behaviors: A whole child academic, emotional, and career development. International Journal of Educational Reform, 28(4), 319–347. https://doi.org/10.1177/1056787919856735