HARGA DIRI DAN PROBLEMATIC SOCIAL MEDIA USE PENGGUNA TIKTOK

Main Article Content

De Clara Margaretha
Linda Wati

Abstract

Peningkatan aplikasi TikTok tiap tahunnya terus meningkat sehingga mencapai 109,9 juta Angka ini meningkat 18 juta pengguna (19%) dibandingkan bulan yang sama pada tahun 2022 menurut survei GlobalWbIndex (2023). Menurut Katadata.co.id (2022) juga menemukan bahwa jumlah pengguna Tiktok mencapai 30% dari populasi Indonesia dan penggunaan aplikasi TikTok didominasi oleh pengguna usia 18-24 tahun, pada usia ini peran media sosial sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dalan bersosialisasi (Müller et., 2016). Penggunaan TikTok dapat mempengaruhi harga diri dan kualitas diri sendiri karena dapat pengguna TikTok melihat berbagai video (Rahmasari et al., 2022). Sosial media telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dimana mereka dapat berinteraksi secara sosial dengan pengguna lainnya (Zhao et al., 2012). Harga diri dapat ditingkatkan dengan menggunakan media sosial (Andreassen et al., 2017), karena Individu dengan tingkat harga diri yang rendah akan memiliki kecenderungan menggunakan sosial media yang berlebihan (Blachinio, 2016) sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara harga diri dan problematic social media use (PSMU) pada pengguna TikTok. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara harga diri dan problematic social media use (PSMU). Penelitian ini sebanyak 246 responden yang berjumlah 180 perempuan dan laki-laki 66 responden. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan metode non-eksprimental dan menggunakan dua alat ukur: (a) Rosenberg Self-Esteem Scale dengan α = (10 items) dan Problematic TikTok Use Scale dengan α = (6 item). Hasil analisis menggunakan teknik korelasi menunjukkan terdapat hubungan negatif dan signifikan antara harga diri dengan masalah penggunaan media sosial (r =-0.162  dan p = 0.011, p < 0.05). Pada penelitian Uji beda tidak terdapat perbedaan antara status pernikahan dan jenis kelamin terhadap harga diri dan PSMU.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmed, O., Nayeem Siddiqua, S. J., Alam, N., & Griffiths, M. D. (2021). The mediating role of problematic social media use in the relationship between social avoidance/distress and self-esteem. Technology in Society, 64. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101485

Andreassen, C. S., Billieux, J., Griffiths, M. D., Kuss, D. J., Demetrovics, Z., Mazzoni, E., & Pallesen, S. (2016). The relationship between addictive use of social media and video games and symptoms of psychiatric disorders: A large-scale cross-sectional study. Psychology of Addictive Behaviors, 30(2), 252–262. https://doi.org/10.1037/adb0000160

Andreassen, C. S., Torsheim, T., Brunborg, G. S., & Pallesen, S. (2012). Development of a Facebook Addiction Scale. Psychological Reports, 110(2), 501–517. https://doi.org/10.2466/02.09.18.PR0.110.2.501-517

Bányai, F., Zsila, Á., Király, O., Maraz, A., Elekes, Z., Griffiths, M. D., … Demetrovics, Z. (2017a). Problematic Social Media Use: Results from a Large-Scale Nationally Representative Adolescent Sample. PLOS ONE, 12(1), e0169839. https://doi.org/10.1371/JOURNAL.PONE.0169839

Błachnio, A., Przepiorka, A., & Pantic, I. (2016). Association between Facebook addiction, self-esteem and life satisfaction: A cross-sectional study. Computers in Human Behavior, 55, 701–705. https://doi.org/10.1016/J.CHB.2015.10.026

Czincz, J., & Hechanova, R. (2009). Internet Addiction: Debating the Diagnosis. Journal of Technology in Human Services, 27(4), 257–272. https://doi.org/10.1080/15228830903329815

Fazriyati, W. (2013). “Perilaku di Facebook Cermin Masalah Penerimaan Diri.” https://health.kompas.com/read/2013/09/18/1625487/Perilaku.di.Facebook.Cerm

GlobalWebIndex. (2023b). Time Spent Using Social Media Apps. London, UK.

Hong, F. Y., Huang, D. H., Lin, H. Y., & Chiu, S. L. (2014). Analysis of the psychological traits, Facebook usage, and Facebook addiction model of Taiwanese university students. Telematics and Informatics, 31(4), 597–606. https://doi.org/10.1016/J.TELE.2014.01.001

Ibrahim, B., Aljarah, A., & Ababneh, B. (2020). Do Social Media Marketing Activities Enhance Consumer Perception of Brands? A Meta-Analytic Examination. Journal of Promotion Management, 26(4), 544–568. https://doi.org/10.1080/10496491.2020.1719956

Kittinger, R., Correia, C. J., & Irons, J. G. (2012). Relationship between Facebook use and problematic Internet use among college students. Cyberpsychology, Behavior and Social Networking, 15(6), 324–327. https://doi.org/10.1089/cyber.2010.0410

Ma’una, S. V, Islamiyah, I. I., & Nurjannah Iqlima, Z. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Tingginya Minat Generasi Post-Millenial Indonesia Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik-Tok. Social Science Educational Research, 2(1), 40–53.

Rahmasari, D., Alicia, M. A., Imakulata, M., Retnaning, O., & Bonita, Y. (2022, November 14). PENGARUH ‘TIKTOK’ TERHADAP “KESEHATAN MENTAL” GEN Z, APA SAJA DAMPAKNYA? Retrieved October 19, 2023, from Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Waluya Malang website: https://stikespantiwaluya.ac.id/2022/11/14/pengaruh-tiktok-terhadap-kesehatan-mental-gen-z-apa-saja-dampaknya/

Rahma, L. M. J., & Setiasih, S. (2021). The impact of social media usage intensity on self-esteem: survey on emerging adulthood of instagram user. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 8(1), 39–46.

Rosenberg, M. (1979). Conceiving the self (301st–311th ed.; M. Rosenberg, Ed.). New York: Basic Books.

Sha, P., & Dong, X. (2021). Research on Adolescents Regarding the Indirect Effect of Depression, Anxiety, and Stress between TikTok Use Disorder and Memory Loss. Environmental Research and Public Health, 18(16).