THE GOOD STUDENTS: PENGARUH SELF-ESTEEM TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS XYZ

Isi Artikel Utama

Kyren Michellen
Tji Beng Jap

Abstrak

Tidak banyak penelitian yang meneliti mengenai Organizational Citizenship Behavior dalam konteks mahasiswa sebagai pelaku OCB. Padahal, student OCB atau Organizational Citizenship Behavior pada mahasiswa dapat memberikan dampak positif bagi universitas dan diri mereka sendiri. Dalam menjalankan kuliah sebagai bentuk ‘ujicoba’ sebelum masuk ke dalam dunia kerja, mahasiswa hendaknya mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Mahasiswa dengan self-esteem (SE) yang tinggi diperkirakan memiliki tingkat OCB yang tinggi juga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran SE terhadap OCB pada mahasiswa. Teknik pengambilan data penelitian adalah dengan non-probability sampling dan convenience sampling. Kuesioner disebar di Universitas XYZ di Jakarta dengan bentuk tautan google form. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan uji regresi linier sederhana dan diuji menggunakan aplikasi SPSS. Karakteristik 152 responden adalah mahasiswa atau mahasiswi aktif di Fakultas Psikologi di suatu universitas di Jakarta dan tidak dibatasi oleh suku, ras, maupun agama. Alat ukur yang digunakan adalah hasil adaptasi ke dalam bahasa Indonesia dari Rosenberg’s Self-Esteem Scale (Rosenberg, 1965) untuk variabel self-esteem dengan 4 skala likert. Alat ukur OCB menggunakan hasil adaptasi dari alat ukur OCB Scale for Student Teams (Allison, 2010) ke dalam bahasa Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh self-esteem terhadap OCB pada mahasiswa di Universitas XYZ di Jakarta dengan persentase sebesar 25,4%.


 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Azila-Gbettor, E. M., Atatsi, E. A., Mensah, C., & Abiemo, M. K. (2020). Self-esteem, organizational citizenship behavior and commitment among university students. Journal of Applied Research in Higher Education, 12(5), 975–991. https://doi.org/10.1108/JARHE-04-2019-0095

Badan Pusat Statistik. (2022, n.d.). Jumlah perguruan tinggi1, dosen, dan mahasiswa2 (negeri dan swasta) di bawah kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi menurut provinsi, 2022. Badan Pusat Statistik, https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/cmdTdG5vU0IwKzBFR20rQnpuZEYzdz09/da_04/1. diakses pada 13 Oktober 2023

Baldwin, S. A., & Hoffmann, J. P. (2002). The dynamics of self-esteem: A growth-curve analysis. Journal of Youth and Adolescence, 31(2), 101–113, https://doi.org/10.1023/A:1014065825598/METRICS

Beng, J.T., Keni, Solikhah, N., Idulfilastri, R.M., Dewi, F.I.R., Mirabella, Perlita, N., & Tiatri, S. (2022). Dampak implementasi mbkm pada kognitif mahasiswa universitas x: Rekomendasi peningkatan MBKM di PTS. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(1), 148-156, https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.16077.2022

Branden, N. (1992). The power of self-esteem. Health Communications, Inc.

Bukowski, W. M., & Raufelder, D. (2018). Peers and the self. In Handbook of peer interactions, relationships, and groups, 2nd ed, 141–156. The Guilford Press.

Gerwing, C. (2016). Meaning of change agents within organizational change. Journal of Applied Leadership and Management, 4, 21-40, https://www.econstor.eu/bitstream/10419/156751/1/17107-66665-1-PB.pdf

Gregorio, K., Heng, P. H., & Saraswati, K. D. H. (2020). Overview of university student organizational citizenship behaviour in x university. Proceedings of the Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2019), 701–706, https://doi.org/10.2991/assehr.k.200515.115

Idulfilastri, R.M., Tiatri, S., Keni, Solikhah, N., Dewi, F.I.R., Beng, J.T. (2022). Dampak psikologis mahasiswa pada implementasi pembelajaran kolaboratif dan partisipatif di Kabupaten Belitung. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(1), 198-206, https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.16074.2022

Myers, D. G., & Twenge, J. M. (2016). Social psychology (12th edition). McGraw-Hill Education.

Nelis, S., & Bukowski, W. M. (2019). Daily affect and self-esteem in early adolescence: Correlates of mean levels and within-person variability. Psychologica Belgica, 59(1), 96. https://doi.org/10.5334/PB.467

Ogihara, Y. (2020). The pattern of age differences in self-esteem is similar between males and females in Japan: Gender differences in developmental trajectories of self-esteem from childhood to old age. Cogent Psychology, 7(1), 1756147. https://doi.org/10.1080/23311908.2020.1756147

Organ, D. W. (1997). Organizational citizenship behavior: It’s construct clean-up time. Human Performance, 10(2), 85–97. https://doi.org/10.1207/s15327043hup1002_2

Robins, R. W., & Trzesniewski, K. H. (2005). Self-esteem development across the lifespan. Current Directions in Psychological Science, 14(3), 158–162. https://doi.org/10.1111/J.0963-7214.2005.00353.X

Robins, R. W., Trzesniewski, K. H., Tracy, J. L., Gosling, S. D., & Potter, J. (2002). Global self-esteem across the life span. Psychology and Aging, 17(3), 423–434. https://doi.org/10.1037/0882-7974.17.3.423

Rosenberg, M. (1965). Society and the adolescent self-image. Princeton University Press. https://fetzer.org/sites/default/files/images/stories/pdf/selfmeasures/Self_Measures_for_Self-Esteem_ROSENBERG_SELF-ESTEEM.pdf

Sesen, H., & Basim, N. H. (2012). Impact of satisfaction and commitment on teachers' organizational citizenship. Educational Psychology, 32(4), 475-491

van Tonder, J. I., Jordaan, J., & Esterhuyse, K. (2023). Self-esteem, interpersonal communication competence, and media and technology usage as predictors of loneliness among university students. SAGE Open, 13(1). https://doi.org/10.1177/21582440221148379