HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPRIBADIAN DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA DI JAKARTA

Main Article Content

Linda Wati
Untung Subroto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tingginya tingkat kecemasan pada mahasiswa perguruan tinggi. Banyaknya faktor yang dapat membuat mahasiswa mengalami cemas dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental mahasiswa serta performa akademik mereka. Selain karena faktor eksternal, kecemasan pada mahasiswa juga dipengaruhi oleh faktor internal seperti tipe kepribadian. Beberapa penelitian sebelumnya berhasil melihat adanya korelasi antara tipe kepribadian seseorang dengan kecemasan yang dimilikinya. Oleh karena itu melalui penelitian ini, peneliti ingin melihat apakah tipe kepribadian mahasiswa berhubungan dengan kecemasan atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Subjek penelitian ini terdiri dari 21 laki-laki dan 89 Perempuan. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Pearson, ditemukan bahwa State-anxiety berkorelasi negatif dan signifikan dengan tipe kepribadian Openness to experience (r = -0.253, p = 0.008) dan Agreeableness (r = -0.294, p = 0.002). Sedangkan, Trait-anxiety berkorelasi negatif dan signifikan dengan tipe kepribadian Extraversion (r = -0.260, p = 0.001) dan Agreeableness (r = -0.325, p = 0.001). Di sisi lain, tipe kepribadian Neuroticism berkorelasi kuat, positif, dan signifikan dengan State-anxiety (r = 0.630, p = 0.000) maupun Trait-anxiety (r = 0.773, p = 0.000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang memiliki kepribadian Agreeableness yang tinggi cenderung tidak merasa cemas ketika dalam situasi yang dirasakan mengancam maupun dalam kesehariannya. Sedangkan tipe kepribadian Neuroticism cenderung merasakan cemas dalam kesehariannya, maupun dalam situasi yang mengancam. Dengan demikian terdapat hubungan antara tipe kepribadian dengan kecemasan pada mahasiswa di Jakarta.

Article Details

Section
Articles

References

American Psychological Association (2023). Anxiety. From https://www.apa.org/topics/anxiety

Beiter, R., Nash, R., McCrady, M., Rhoades, D., Linscomb, M., Clarahan, M., Sammut, S. (2015). The prevalence and correlates of depression, anxiety, and stress in a sample of college students. Journal of Affective Disorders, Volume 173, 2015, Pages 90-96, ISSN 0165-0327. DOI: 10.1016/j.jad.2014.10.054

Costa, P. T., & McCrae, R. R. (1992). Normal personality assessment in clinical practice: The NEO Personality Inventory. Psychological Assessment, 4(1), 5–13. https://doi.org/10.1037/1040-3590.4.1.5

Farrer, L.M, Gulliver, A., Bennett, K., Fassnacht, D. B., & Griffiths, K. M. (2016) Demographic and psychosocial predictors of major depression and generalized anxiety disorder in Australian university students. BMC Psychiatry, 16, 241, https://doi.org/10.1186/s12888-016-0961-z

Feist, J. & Feist, G. J. (2009). Theories of personality 6th edition. New York, NY: McGraw-Hill.

Feyter, T. D., Caers, R., Vigna, C., & Berings, D. (2012). Unraveling the impact of the Big Five personality traits on academic performance: The moderating and mediating effects of self efficacy and academic motivation. Learning and Individual Differences. Vol 22, pp 439-448. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2012.03.013

Gershuny, B. S., & Sher, K. J. (1998). The relation between personality and anxiety: Findings from a 3-year prospective study. Journal of Abnormal Psychology, 107(2), 252–262. https://doi.org/10.1037/0021-843X.107.2.252

Kyung-Hye, H., Yang-Sook, Y., & Ok-Hee, C. (2012). Smartphone overuse and upper extremity pain, anxiety, depression, and interpersonal relationship among college students. https://doi.org/10.5392/JKCA.2012.12.10.365

Prince, E., Siegel, D., Carroll, C., Sher, K., & Bienvenu, O. (2020). A longitudinal study of personality traits, anxiety, and depressive disorders in young adults. Anxiety, Stress, &Amp; Coping, 34(3), 299-307. https://doi.org/10.1080/10615806.2020.1845431

Sabu, S, Thomas (2020). Personality Types, Anxiety, and Stress among Young Adults. Educational Quest- An International Journal Of Education And Applied Social Sciences, 11(2). https://doi.org/10.30954/2230-7311.2.2020.14

Santrock, J. W. (2016). Adolescence 6th edition. New York, NY: McGraw-Hill.

Saringo-Rodriguez, J. (2013). Studies show depression affects academic progress, causes stress and chemical imbalance. From https://sundial.csun.edu/73124/news/studies-show-depression-affects-academic-progress-causes-stress-and-chemical-imbalance/

Schultz, D.P. & Schultz, S.E. 2004. Theories of personality (8th ed.) Thomson Wadsworth

Statistica Research Department (2023). Percentage of mental health clinicians who stated select issues were the top concerns of their college student patients during the 2021-2022academic school year. From https://www.statista.com/statistics/827374/clinician-chosen-top-mental-health-concerns-for-college-students/

Thurber, A. C., & Walton, E. A. (2012). Homesickness and Adjustment in University Students. From https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/07448481.2012.673520

Unwin, B. K., Goodie, J., Reamy, B. V., & Quinlan, J. (2013). Care of the college. From https://www.aafp.org/pubs/afp/issues/2013/1101/p596.html#afp20131101p596-t1

Yao, M. Z., & Zhong, Z. (2014). Loneliness, social contacts, and Internet addiction: A cross-lagged panel study, Computers in Human Behavior, Volume 30, 2014, Pages 164-170,ISSN 0747-5632, https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.08.007.