An ANALISIS TIPOGRAFI (LOGOTYPE) PADA POSTER SERIAL SUPERHERO MARVEL VERSI NETFLIX ANALISIS TIPOGRAFI (LOGOTYPE) PADA POSTER SERIAL SUPERHERO MARVEL VERSI NETFLIX
Main Article Content
Abstract
Typography adalah salah satu aspek terpenting di dalam pembuatan poster. Poster selalu dikaitkan penggunaannya sebagai material utama yang mengedepankan visual untuk memasarkan film. Film Marvel yang dikenal dengan sebutan Marvel Cinematic Universe (MCU) mengadaptasi dari komik Marvel telah menghasilkan puluhan film yang selalu sukses di pasaran, sehingga Marvel melebarkan sayapnya dengan memproduksi serial TV yang didistribusikan di Netflix seperti Daredevil, Luke Cage dan Iron Fist. MCU memiliki daya Tarik tersendiri pada setiap rilisan poster yang dikeluarkan di Netflix, dilihat dari poster bisa terlihat bahwa MCU sangat mengedepankan citra karakter pada poster mereka. Tentunya hal tersebut menarik untuk dibuktikan melalui penelitian di bidang keilmuan desain. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mencari dan menggali informasi terkait hubungan antara karakteristik tipografi yang digunakan pada poster dengan representasi visual dari karakter film serial superhero pada platform Video on demand. Analisis ini dilakukan untuk bisa menentukan pentingnya tipografi jenis logotype di dalam penggunaannya untuk poster yang bisa menunjukkan elemen visual dari film atau serial tersebut. Metode penelitian yang akan digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang dibantu dengan pendekatan fundamental tipografi dan kasifikasi huruf yang sebelumnya telah dikembangkan oleh Alexander Lawson. Penelitian ini menghasilkan analisis mengenai hubungan antara tipografi, khususnya logotype dan visual dari serial Marvel yang menyatakan bahwa benar adanya jika memang terlihat berkaitan antara pemilihan, penggunaan sebuah karakteristik huruf tertentu dengan karakter superhero.
Kata kunci: typography, logotype, Netflix, Marvel, poster.
the main material that emphasizes visuals to market films. Marvel films known as the Marvel Cinematic Universe (MCU), adapting Marvel comics, have produced dozens of films which have always been successful in the market, so Marvel has expanded its wings by producing TV series distributed on Netflix such as Daredevil, Luke Cage and Iron Fist. The MCU has its own charm in every poster released on Netflix, judging by the posters, it can be seen that the MCU really emphasizes the image of the characters on their posters. Of course, this is interesting to prove through research in the scientific field of design. The main objective of this research is to find and explore information related to the relationship between the typographical characteristics used on posters and the visual representation of superhero serial film characters on the Video on demand platform. This analysis was carried out to determine the importance of logotype typography in its use for posters that can show the visual elements of the film or series. The research method that will be used is descriptive qualitative, which is assisted by the fundamental approach of typography and classification of letters that has previously been developed by Alexander Lawson. This research produces an analysis of the relationship between typography, especially the logotype and visuals of the Marvel series which states that it is true that there is indeed a connection between the selection, the use of certain letter characteristics and superhero characters.
Keywords: typography, logotype, Netflix, Marvel, poster.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Arifrahara, G. (2021). Analisis Penggunaan TIpografi Spasial Sans Serif dalam Ruang Publik Taman Tematik Kota Bandung. Andharupa, 7 (1), 92-104.
Ekawardhani, Y.A. & Natagracia, G. (2012). Kajian Prinsip Pokok Tipografi (Legibility, Readibility, Visibility dan Clarity) pada Poster Beranak dalam Kubur The Movie dan Jelangkung. Visualita: Jurnal Online Desain Komunikasi Visual 4 (1), 87-99.
Erlyana, Y. & Hansen, Y. (2014). Tinjauan Tipografi pada Poster Film Horor Indonesia Garapan Rizal Mantovani (Analisa dengan Prindip Pokok Tipografi). Jurnal Ruparupa, 3 (1), 17-28.
Isnandar, A.R. & Wantoro. (2016). Analisis Tipografi pada Logotype Band Forgotten. Andharupa, 2 (2), 121-136.
Rahma, L.I. & Utami, L.R. (2021). Analisis Makna Desain Font Judul Film dalam Poster Sebagai Media Promosi. Visual Heritage, 4 (1), 64-69.
Malia, Y.N, dkk. (2021). Analisis Minat Konsumen Berlangganan Netflix di Masa Pandemi Perspektif Ekonom Islam. ePrints UNISKA.
Vasthi, N.A. & Setiadi, V.S. (2020). ANalisis Elemen Visual pada Poster Film Gundala (2019). Prosiding KOMA DKV 2020, 86-91.
Santoso, A.N.P, dkk. (2017). Representasi Superhero dalam Film X-Men: The Days of The Future Past. Jurnal Adiwarna, 1 (10)