EVALUASI PENERAPAN SERTIFIKASI CHSE PADA LOBBY HOTEL RESORT DI CISARUA PUNCAK - BOGOR

Main Article Content

Adi Ismanto
Fivanda Fivanda

Abstract

Industri pariwisata dan perhotelan di Indonesia pada tahun 2022 diprediksi akan mengalami peningkatan seiring dengan kondisi global dan usaha pemerintah untuk menangani permasalahan pandemi Covid-19. Kebutuhan dasar manusia sebagai makhluk sosial juga menjadi pertimbangan dalam dibukanya fasilitas publik termasuk hotel. Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, merupakan salah satu Kawasan yang diminati wisatawan karena aksesnya yang mudah dari Jakarta. Kawasan resort pegunungan yang dilengkapi dengan banyaknya fasilitas rekreasi dan relaksasi, membuka banyaknya peluang investasi untuk fasilitas akomodasi, salah satunya adalah The Botanica Sanctuary yang baru dibuka pada masa pandemi bulan Oktober 2021. Sejak pertama dibuka hingga kuartal ketiga tahun 2022, tingkat hunian hotel mencapai 80-100% terutama pada akhir minggu dan momen liburan.Beberapa kriteria tingginya tingkat okupansi dipengaruhi oleh lokasi dan juga penerapan standar kebersihan, Kesehatan, keamanan dan  ramah lingkungan atau CHSE yang diarahkan pemerintah dapat diterapkan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif terkait dengan bagaimana penerapan sertifikat CHSE dapat dilaksanakan pada hotel resort Botanica Sanctuary di Bogor, apa saja kriteria yang mempengaruhi kepercayaan pengguna untuk mau menggunakan sarana akomodasi di hotel tersebut sehingga dapat menjadi acuan parameter desainer dalam studi perancangan interior hotel resort. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi rekomendasi untuk masyarakat umum dalam memilih dan melakukan aktivitas di hotel. Hasil data analisis tersebut akan dijadikan acuan untuk konsep pengembangan standar penerapan CSHE sebagai solusi pariwisata di masa dan menuju akhir pandemi di era new normal. Melalui penelitian ini didapatkan hasil bahwa desain interior yang dihasilkan sangat berperan dalam pertimbangan mengurangi resiko paparan Covid-19 dengan persentase implementasi kriteria sebesar 88% (lebih besar dari minimal capaian 85%). Berdasarkan evaluasi penerapan standar dan pedoman CHSE didapatkan kesimpulan bahwa The Botanica Sanctuary pada area masuk telah memenuhi sepenuhnya (100%) standar CHSE yang dianjurkan pemerintah. Pada area lobby dan lounge penerapan tercapai sebesar 92,8%. Pada area kamar penerapan CHSE mencapai persentase sebesar 96,4% dengan kekurangan pada kamar terbebas vektor atau binatang pembawa penyakit, hal ini terjadi karena lokasi hotel di resort pegunungan dan banyaknya bukaan yang langsung ke alam, setidaknya ada kemungkinan hewan tersebut memasuki kamar.

Article Details

Section
Articles

References

Aprilia, R.L., Marini, S., Yahya, A.I. (2021). Implementasi Protokol Kesehatan CHSE dalam Meningkatkan Kepercayaan Tamu di Hotel. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan 5(2),1-15.

Botti, Rose Mary – Salitsky. (2017). Programming & Research ‘Skills and Techniques for Interior Designers. New York : Bloomsbury Inc (Second Edition).

Fivanda, F. Evaluasi terhadap Konsep Desain Interior Ramah Lingkungan pada Lobby Lounge Boutique Hotel Studi Kasus: Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta. In VISUAL (Vol. 12, No. 2).

Herwanto. (2020, April 15). Ternyata Material Tembaga Membunuh Bakteri dan Virus Termasuk Covid-19. KOMPAS.tv. https://www.kompas.tv/article/76239/ternyata- material-tembaga-membunuh-bakteri-dan-virus-termasuk-covid-19, diakses 14 Juli 2021

Ismanto. A, Fivanda. F and Indrawan. H, "The Implementation of Javanese Culture With Urban Style Design in the Interior Lobby of Alila Solo Hotel," in In The 2nd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2020), Jakarta, 2020.

Jason. Marille. Ryan. (2020). “How Architecture and Interior Design reduce the Risk of Covid-19”. Webinar oleh Comelite Architecture, Structure and Inetrior Design, CAS design London, Inggris.

Kemenparekraf.go.id. (2021). Tren Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi. Dikases pada tanggal 1 Februari 2022 dari https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Tren-Pariwisata-Indonesia-di-Tengah-Pandemi

Kemenparekraf.go.id. (2022). Tingkat Penghunian Kamar Hotel Bintang Tahun 2021. Dikases pada tanggal 1 Februari 2022 dari https://www.kemenparekraf.go.id/statistik-akomodasi/Tingkat-Penghunian-Kamar-Hotel-Bintang-Tahun-2021.

Kilmer, Rosemary and W. Otie Kilmer. (2014). Designing Interiors: Second Edition. New Jersey: Jogn Wiley & Sons, Inc.

Medina, M. A., & Rostika, E. (2014). Pemilihan Material pada Interior Brussels Spring Resto & Cafe Jalan Setiabudhi Bandung. Rekajiva Jurnal Desain Interior ITENAS Bandung, 2 (1).

Permatasari, A. (2021, Januari 27). Kandungan Cat Dinding Ampuh Tangkal Virus Corona di Rumah. MSN. https://www.msn.com/id-id/berita/other/kandungan-cat-dinding- ampuh-tangkal-virus-corona-di-rumah/ar-BB1d8tlV, diakses 14 Juli 2021.

Setiawan, Denny. (2020). Towards A New Urban House In Pandemic Era. Online Seminar, Arsitektur Universitas Bina Nusantara dan Kenari Djaya, Jakarta, 4 November 2020.

Silfia, Immamatul. (2021). Tahun 2022 Diprediksi Jadi Kebangkitan Industri Perhotelan Indonesia. Wartaekonomi.co.id. diakses pada tanggal 24 Januari 2022 dari https://wartaekonomi.co.id/read367380/tahun-2022-diprediksi-jadi-kebangkitan-industri-perhotelan-indonesia