GAMBARAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA INDONESIA TINGKAT SARJANA YANG KULIAH DI TAIWAN

Main Article Content

Jeremy Timothy
Rita Markus Idulfilastri
Linda Wati

Abstract

Taiwan menjadi salah satu negara favorit dari mahasiswa Indonesia untuk berkuliah dengan reputasinya yang baik dalam berbagai bidang. Usaha penyesuaian diri berbeda dengan istilah adaptasi, namun beberapa peneliti mengatakan bahwa kedua hal saling berkaitan. Adaptasi merupakan salah satu sudut pandang penyesuaian diri. Namun, di dalam usaha penyesuaian diri mahasiswa Indonesia disana, masih adanya tantangan karena perbedaan budaya dan bahasa menjadi salah satu hambatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan psikologis atau tingkat stres seseorang adalah budaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran variabel penyesuaian diri pada mahasiswa Indonesia tingkat sarjana yang berkuliah di Taiwan.  penelitian ini dilakukan dengan dasar melihat fenomena yang positif dan negatif yang dirasakan oleh sebagian mahasiswa Indonesia di Taiwan. Definisi penyesuaian diri adalah tujuan yang hendak dicapai oleh individu tersebut sebagai keadaan dirinya dalam usaha mengatasi konflik dan frustasi dalam hal menyelaraskan dirinya dengan lingkungannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel non-probability sampling. Partisipan penelitian berjumlah 41 partisipan. Alat ukur yang digunakan oleh peneliti adalah milik dari Runyon & Harber (dalam Maulida, 2020). Hasil penelitian menunjukkan penyesuaian diri dan tingkat dimensi- dimensinya berada pada skor tinggi, namun perlu mendapatkan perhatian pada dimensi interpersonal karena sebagai dimensi dengan mean terendah. Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya menggunakan jumlah partisipan yang lebih banyak dan dilakukan pengambilan kesuksesan akademis mahasiswa.

Article Details

Section
Articles

References

Brunsting, N. C., Zachry, C., & Takeuchi, R. (2018). Predictors of undergraduate international student psychosocial adjustment to US universities: A systematic review from 2009-2018. International Journal of Intercultural Relations, 66(June), 22–33. https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2018.06.002

Cao, C., Zhu, C., & Meng, Q. (2016). An exploratory study of inter-relationships of acculturative stressors among Chinese students from six European union (EU) countries. International Journal of Intercultural Relations, 55(January 2018), 8–19. https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2016.08.003

Elias, R. A. (2019). The (In)visibility of Taiwan – Indonesia relations: Indonesian students on the sideline. JAS (Journal of ASEAN Studies), 6(2), 192. https://doi.org/10.21512/jas.v6i2.5354

Iflah, I., & Listyasari, W. D. (2013). Gambaran penyesuaian diri mahasiswa baru. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 2(1), 33–36. https://doi.org/10.21009/jppp.021.05

Irdianti. (2021). Self-adjustment of overseas students during the covid-19 pandemic in Makassar City. Budapest International Research and Critics-Journal (BIRCI Journal), 4(4), 7522–7529. https://doi.org/10.33258/birci.v4i4.2668

Maulida Erwin, Erina (2020) Peran dukungan sosial dan self-esteem terhadap penyesuaian diri mahasiswa yang sedang berkuliah di luar negeri. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Pedersen, P. J. (2010). Assessing intercultural effectiveness outcomes in a year-long study abroad program. International Journal of Intercultural Relations, 34(1), 70–80. https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2009.09.003

Rahman, F. F., Hamka, & Lin, K. (2020). The psychological well-being of newly-arrived Indonesian students in Taiwan. Journal of International Students, 1(S3), 44–57.

Rossa, V. (2022). Indonesia jadi salah satu negara dengan jumlah siswa belajar di luar negeri terbanyak di tahun 2021. Suara. https://www.suara.com/lifestyle/2022/07/25/121810/indonesia-jadi-salah-satu-negara-dengan-jumlah-siswa-belajar-di-luar-negeri-terbanyak-di-tahun-2021#:~:text=Ini jugalah yang menjadi pertimbangan, akan terus meningkat setiap tahun.

Rohmah, N. (2021). Adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19. AL-MIKRAJ : Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 1(2), 78–90. https://doi.org/10.37680/almikraj.v1i2.767

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology : biopsychological interactions seventh edition. In New York: John Wiley & Sons.

Zhang, J., & Goodson, P. (2011). Predictors of international students’ psychosocial adjustment to life in the United States: A systematic review. International Journal of Intercultural Relations, 35(2), 139–162. https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2010.11.011