PENGEMBANGAN ALAT UKUR KREATIVITAS VERBAL “C” (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN PERIKLANAN)

Main Article Content

Dinah Kartana
Joyce Natalia Setiawan
P. Tommy Y. S. Suyasa

Abstract

Kreativitas adalah kemampuan yang dibutuhkan dalam berbagai bidang pekerjaan. Salah satunya adalah bidang periklanan karena periklanan menuntut kemampuan untuk menciptakan iklan yang efektif, yaitu iklan yang berbeda dari iklan yang biasa-biasa saja. Sebagai calon tenaga profesional di bidang periklanan, mahasiswa jurusan periklanan pun sudah harus memiliki kreativitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengukur kreativitas mahasiswa jurusan periklanan sebelum memasuki perguruan tinggi.  Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat tes kreativitas verbal bagi mahasiswa jurusan periklanan. Aspek pengukuran kreativitas meliputi kemampuan fluency, flexibility, elaboration, dan originality, Keempat aspek tersebut diukur melalui Tes Kreativitas Verbal “c” yang disusun berdasarkan Kamus Bahasa Indonesia. Tes ini disusun dengan menggunakan huruf c sebagai huruf pertama dalam kata yang digunakan sebagai butir. Subjek penelitian berjumlah 181 mahasiswa jurusan periklanan IPK di atas 2,00 yang berkuliah di dua universitas di Jakarta Barat. Metode pengumpulan data dengan menggunakan dua buah alat tes, yaitu Tes Kreativitas Verbal oleh Munandar dan Tes Kreativitas Verbal “c”. Hasil analisis menunjukkan bahwa alat Tes Kreativitas Verbal “c” dinyatakan reliable secara test retest dan valid secara content dan construct. Pada penyusunan Tes Kreativitas Verbal “c” dihasilkan norma percentile rank.

Creativity is a skill needed in various fields of work. Among them is the field of advertising because advertising demands the skill to create effective advertising, that is, advertisements that are different from mediocre advertisements. As a prospective professional in the field of advertising, students majoring in advertising must already possess creativity. Therefore, it is crucial to measure the creativity of students majoring in advertising before entering college. The purpose of this study is to develop a verbal creativity test tool for students majoring in advertising. Aspects of creativity measurement include fluency, flexibility, elaboration, and originality. The four aspects are measured using the “C” Verbal Creativity Test which is compiled based on the Indonesian Language Dictionary. This test is compiled using the letter c as the first letter in the words used as item. The subjects of the study are 181 students of advertising major with over 2.00 GPA who attended two universities at West Jakarta. The method of data collection involves two test kits, namely Verbal Creativity Test by Munandar and “c” Verbal Creativity Test. The result of the analysis indicates that the “c” Verbal Creativity Test is declared reliable through test retest and valid by content and construct. The construction of the “c” Verbal Creativity Test resulted in percentile rank norm.

Keywords: measurement of creativity, verbal creativity test, advertising

Article Details

Section
Articles

References

Beauvais, M. (2006). Creative eye. Marketing, 111, 35. Retreived on November 10, 2006, from http://proquest.umi.com/pqdweb.html

Goff, K. (2000). Exploiting your creative resources. Journal Record, 1, 20. Retrieved on November 10, 2006, from http://proquest.um.com/pqdweb.html

Gregory, R. J. (2013). Psychological testing: History, principles, and applications (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Harsojo, G. (2004). Menjadi pribadi sangat kreatif untuk mencapai sukses. Medan: CV Eureka Sarana Sukses.

Munandar, S. C. U. (1977). Creativity and education: A study of the relationships between measures of creative thinking and a number of educational variables in Indonesian primary and junior secondary schools (Doctoral Disertation).

Munandar, S. C. U. (1999). Kreativitas & keterbakatan: Strategi mewujudkan potensi kreatif & bakat. Jakarta: Gramedia.

Munandar, U. (2012). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Pásztor, A., Molnár, G., & Csapó, B. (2015). Technology-based assessment of creativity in educational context: the case of divergent thinking and its relation to mathematical achievement. Thinking Skills and Creativity, 28, 32-42. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.tsc.2015.05.004

Plucker, J. A., & Runco, M. A. (1998). The death of creativity measurement has been greatly exaggerated: Current issues, recent advances, and future directions in creativity assessment. Roeper Review, 21, 36-40. Retreived on November 10, 2006, from http://proquest.umi.com/pqdweb.html

Pratitis,N. T., & Pandin, M. G. (2002). Hubungna antara karakteristik “kepribadian yang kreatif” dan motivasi ekstrinsik-intrinsik dengan kreativitas. Anima, 17, 120-130

Santrock, J. W. (2012). Educational psychology (5th ed.). New York, NY: Mc-Graw Hill.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2000). Consumer behavior (7th ed.). NJ: Prentice-Hall.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan promosi: Aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadi (edisi ke-5) (R. Sahrial & D. anikasari, Penerj.). Jakarta: Erlangga. (Buku asli diterbitkan tahun 2000).

Suharnan. (2002). Skala C. O. R. E. sebagai alternatif mengukur kreativitas: Suatu pendekatan kepribadian. Anima, 18, 36-56

Tangkudung. (2002). Gumadi sugiharso, chairman dan ceo lowe: Sukses menjual kreativitas. Retreived on Juli, 18, 2007, from http:www.sinarharapan.co.id/ce0/2002/04/1/ceo01.html

Wells, W., Burnett., & Moriarty, S. (1998). Advertising: Principles & practice (4th ed.). NJ: Prentice International.

Widyatama, R. (2005). Pengantar periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia.