GAMBARAN STRATEGI COPING PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI ACADEMIC BURNOUT DI MASA PANDEMI

Main Article Content

Yolanda Xania Vidyputri
Natasha Zefanya
Yohana Ratrin Hestyanti

Abstract

Perkuliahan daring di masa pandemi COVID-19 merupakan fenomena baru di kalangan mahasiswa yang menimbulkan dampak positif maupun negatif. Bila dampak negatif perkuliahan daring tidak diatasi dengan baik, akan menimbulkan academic burnout yang mempengaruhi kesejahteraan maupun prestasi akademis. Strategi coping yang efektif dapat membantu mengatasi sumber academic burnout. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran strategi coping mahasiswa yang mengalami academic burnout serta efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif fenomenologi. Pemilihan partisipan melalui screening menggunakan Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBISS) untuk mendapatkan partisipan yang memiliki tingkat academic burnout sedang hingga tinggi. Dari 17 partisipan yang mengisi MBISS, diperoleh lima partisipan yang sesuai kriteria dan bersedia terlibat. Peneliti mewawancarai partisipan secara daring. Kredibilitas penelitian diperkuat dengan member checking. Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipan mengalami academic burnout dari perkuliahan daring karena kesulitan memahami materi perkuliahan, banyaknya tugas yang diterima, serta permasalahan dalam kelompok yang akhirnya membuat mahasiswa tertekan dan terbebani. Sejumlah strategi coping yang dilakukan dan membantu partisipan antara lain melakukan active coping dan mencari dukungan dalam memecahkan masalah. Strategi coping yang cukup sering dilakukan partisipan masuk ke dalam kategori dysfunctional yaitu self-distraction karena kemampuannya untuk mengurangi rasa lelah dan meningkatkan semangat. Penggunaan self-distraction secara berlebihan dapat menimbulkan masalah yang menyumbang pada academic burnout. Strategi coping lain yang cukup sering dilakukan oleh mahasiswa, terkadang dianggap membantu namun juga dapat menekan dan membuat lelah adalah acceptance yang masuk dalam kategori emotion-focused coping.  Penelitian merekomendasikan pentingnya menemukan strategi coping yang efektif dan adaptif dalam menyikapi berbagai situasi dan perubahan selama pandemi, serta menyadari pola kebiasaan coping yang mengarah pada situasi kurang menguntungkan bagi mahasiswa sehingga perlu dikurangi.

Article Details

Section
Articles

References

Adiwijaya, T. (2020, March 26). Virus corona dan pembatasan pelayanan publik. Berita - Ombudsman RI. Diambil dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--virus-corona-dan-pembatasan-pelayanan-publik.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi covid-19 terhadap mahasiswa indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99-106. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Babbie, E. (2014). The basics of social research. (6th ed). Canada: Cengage Learning.

Carver, C. S. (1997). You want to measure coping but your protocol’ too long: Consider the brief cope. International Journal of Behavioral Medicine, 4(1), 92–100. https://doi.org/10.1207/s15327558ijbm0401_6.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Boylston Street, Boston: Pearson Education.

Eddles-Hirsch, K. (2015). Phenomenology and educational research. International Journal of Advanced Research, 3(8), hal 251-260. ISSN 2320-5407

Fathi. A. (2010). Workplace stressors and coping strategies among public hospital nurses in medan, indonesia. Skripsi, Prince of Songkla University. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/14980330.pdf.

Ismiati, M. B., & Andayani, S. (2021). Perbandingan Pengalaman-Preferensi Mahasiswa pada Pembelajaran Online vs Face to Face. Jurnal Buana Informatika, 12(1), 31. https://doi.org/10.24002/jbi.v12i1.4276

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2020). Mendikbud terbitkan SE tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Covid-19. Diambil dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19.

Khan, S. (2012). The One World Schoolhouse. In Hachette Book Group. https://doi.org/10.1111/edth. 12072

Lazarus, R., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer.

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job Burnout. Annual Review of Psychology, 52(1), 397–422. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.397.

Maryam, S. (2017). Strategi coping: teori dan sumber dayanya. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1 (2), hal 101-107. p-ISSN: 2549-1857; e-ISSN: 2549-4279.

Schaufeli, W. B., Martinez, I., Marques Pinto, A., Salanova, M., & Bakker, A. B. (2002). Burnout and engagement in university students: a cross national study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33, 464-481. https://doi.org/10.1177%2F0022022102033005003

Schaufeli, W. B., & Taris, T. W. (2005). The conceptualization and measurement of burnout: Common ground and worlds apart. Work & Stress, 19(3), 256–262. https://doi.org/10.1080/02678370500385913.

Szpunar, K. K., Moulton, S. T., & Schacter, D. L. (2013). Mind wandering and education: from the classroom to online learning. Frontiers in Psychology, 4, 1-7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00495.

Ugwu, F. O., Onyishi, I. E., dan Tyoyima, W. A. (2013). Exploring The Relationships Between Academic Burnout, Self-Efficacy, and Academic Engagement Among Nigerian College Students. The African Symposium, 13(2), hal. 37-45. ISSN# 2326-8077.

Yanuarita, H. A., & Haryati, S. (2021). Pengaruh covid-19 terhadap kondisi sosial budaya di kota malang dan konsep strategis dalam penanganannya. Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, 2(2), 58–71. https://doi.org/10.24843/jiwsp.2020.v02.i02.p