Hubungan HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU DAN ACADEMIC BURNOUT MAHASISWA UNIVERSITAS DHYANA PURA YANG BEKERJA

Main Article Content

I Kadek Erwin Setiawan
Ni Ketut Jeni Adhi
Yashinta Levy Septiarly

Abstract

Mahasiswa yang bekerja diharapkan mampu membagi waktu antara berkuliah dengan waktu pada saat bekerja. Namun hal ini tidak sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan, dimana mahasiswa yang bekerja mengalami kendala-kendala pada manajemen waktu yang membuat mereka tidak nyaman. Kendala-kendala tersebut juga berdampak terhadap kondisi dari mahasiswa yang bekerja, dimana kondisi tersebut merupakan kondisi kelelahan akademik (academic burnout). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan manajemen waktu dan academic burnout mahasiswa Universitas Dhyana Pura yang bekerja. Manajemen waktu diukur dengan skala manajemen waktu mahasiswa yang bekerja. Academic burnout diukur dengan menggunakan skala academic burnout mahasiswa yang bekerja yang telah diuji kesahihan dan keajegannya. Sampel penelitian ini sebanyak 96 mahasiswa Universitas Dhyana Pura yang kuliah sambil bekerja. Hasil uji korelasi menunjukkan nilai signifikansi (p) <0,01 dan untuk nilai koefisien korelasinya sebesar -0,621. Ini dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara manajemen waktu dan academic burnout dengan arah korelasi bersifat negatif.Semakin tinggi kemampuan manajemen waktu, maka akan semakin rendah tingkat academic burnout mahasiswa, begitu juga sebaliknya.


 

Article Details

Section
Articles

References

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara school engagement, academic self-efficacy dan academic burnout pada mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 81–102.

Asikainen, H., Salmela-Aro, K., Parpala, A., & Katajavuori, N. (2020). Learning profiles and their relation to study-related burnout and academic achievement among university students. Learning and Individual Differences, 78(1), 1–29. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2019.101781

Astuti, D. A., Hernaya, A., Nabila, A., & Kusumaningtiar, D. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Burnout Pada Tenaga Kesehatan Instalasi Pelayanan Radiologi Dan Kedokteran Nuklir Rsupn Cipto Mangunkusumo Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 10(1), 108–114. https://doi.org/10.14710/jkm.v10i1.32004

Farkhah, S. B., Hasanah, M., & Amelasasih, P. (2022). Pengaruh Academic Burnout Terhadap Prokrastinasi Akademik Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa. Conseils : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam , 2(1), 47–57. https://doi.org/10.13140/Rg.2.2.23164.64640.

Felix, T., Marpaung, W., & El Akmal, M. (2019). Peranan Kecerdasan Emosional Pada Pemilihan Strategi Coping Pada Mahasiswa yang Bekerja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 39–56. https://doi.org/10.30996/persona.v8i1.2377

Fitriani. (2018). Pengaruh Manajemen Waktu Dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), 126–134. https://doi.org/2598-3253

Fun, L. F., Kartikawati, I. A. N., Imelia, L., & Silvia, F. (2021). Peran bentuk social support terhadap academic burnout pada mahasiswa Psikologi di Universitas “X” Bandung. Mediapsi, 7(1), 17–26. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.01.3

Hakim, N. R., Prihandhani, I. G. A. A. S., & Wirajaya, I. G. (2018). Hubungan Manajemen Waktu dengan Kebiasaan prokrastinasi penyusunan skripsi mahasiswa keperawatan angkatan VIII STIKES Bina Usada Bali. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 19(2), 1–8. https://doi.org/http://doi.org/10.5281/zenodo.1470910

Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). Stres Akademik Dan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Yang Bekerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 153–160. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2260

Jumliadi, Arsyam, M., & Alwi, M. S. (2020). Strategi Komunikasi Pembelajaran Di Rumah Dalam Lingkungan Keluarga Masa Pandemi. KOMUNIDA : Media Komunikasi dan Dakwah, 10(02), 231–241. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http

Khansa, F., & Djamhoer, T. D. (2020). Hubungan Academic Self Efficacy dengan Academic Burnout pada Mahasiswa di Kota Bandung. Prosiding Psikologi, 6(2), 834–839. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24457

Kordzanganeh, Z., Bakhtiarpour, S., Hafezi, F., & Dashtbozorgi, Z. (2021). The Relationship between Time Management and Academic Burnout with the Mediating Role of Test Anxiety and Self-efficacy Beliefs among University Students. Journal of Medical Education, 20(1), 1–6. https://doi.org/10.5812/jme.112142

Kristy, D. Z. (2019). Manajemen Waktu, Dukungan Sosial, dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(1), 49–54. https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i1.27736

Luthfia, R., Laily, N., & Fitri Sholichah, I. (2021). the Effect of Academic Self-Efficacy on Academic Burnout on Engineering Students Who Work. Journal Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering, Social Science, and Health International Conference (UMGESHIC), 1(2), 207–215. https://doi.org/10.30587/umgeshic.v1i2.3383

Macan, T. H. (1994). Time Management : Test of a Process Model. Journal of Applied Psychology, 79(3), 381–391.

Macan, T. H., Dipboye, R. L., Phillips, A. P., & Shahani, C. (1990). Mecan & Shahani 1990 College Studenta Time Management Correlations With Academic Performance and Stress.Pdf. Journal of Educational Psychology, 82(4), 760–768.

Mulyani, M. D. (2013). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1), 43–48. https://doi.org/ISSN 2252-634X

Novianti, R. (2021). Academic Burnout pada Proses Pembelajaran Daring. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 8(2), 128–133. https://doi.org/10.33653/jkp.v8i2.656

Nurfitria, Y., & Masykur, A. M. (2016). Hubungan Antara Work Study Conflict Dengan Work Engagement Pada Pegawai Starbucks Coffee Di Semarang. Empati, 5(4), 765–769. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2016.15419

Ompusunggu, M. M. (2022). Pengaruh Manajemen Waktu dan Kecenderungan Kecemasan Terhadap Prokrastinasi Skripsi Pada Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 241–251. https://doi.org/10.30872/psikoborneo

Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-Efficacy dan Burnout Akademik pada Mahasiswa yang Bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119–130. https://doi.org/10.30653/001.201932.93

Pramono, A., Tama, T. J. L., & Waluyo, T. (2021). Analisis Arus Tiga Fasa Daya 197 Kva Dengan Menggunakan Metode Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 4(2), 213–216. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v4i2.696

Sari, N. L. P. D. Y. (2015). Hubungan Beban Kerja, Faktor Demografi, Locus of Control Dan Harga Diri Terhadap Burnout Syndrome Pada Perawat Pelaksana Ird Rsup Sanglah. COPING Ners Journal, Vol 3(No. 5), 51–60. https://doi.org/ISSN: 2303-1298

Schaufeli, W. B., Martínez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Barker, A. B. (2002). Burnout and engagement in university students a cross-national study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464–481. https://doi.org/10.1177/0022022102033005003

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. (1 ed.). Jakarta: Kencana.

Suwarso. (2018). Dampak Kuliah Sambil Bekerja Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta di Kabupaten Jember Tahun 2017. Relasi : Jurnal Ekonomi, 14(2), 15–27. https://doi.org/10.31967/relasi.v14i2.261

Wahyuni, N. T., & Machali, I. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu dan Efikasi DiriTerhadap Prokrastinasi Penyusunan Skripsi MahasiswaKecamatan Kandis,Kabupaten Siak, Provinsi Riau. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(2), 15–25. https://doi.org/ISSN (Online) 2798-3579

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068

Wyananda, S. S. (2020). PERAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP WORK-STUDY CONFLICT PADA MAHASISWA YANG BEKERJA DI YOGYAKARTA. Skripsi. Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Yuan, F., Yufang, Z., Jiang, T., & Haijian, M. (2021). On Relationship between Time Management Tendency and Learning Burnout in Senior High School Students : The Mediating Role of Coping Styles. Journal of Southwest China Normal University (Natural Science Edition), 46(2), 99–104. https://doi.org/doi: https://10.13718/j.cnki.xsxb.2021.02.017.