PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMBELIAN KOMPULSIF PADA REMAJA

Main Article Content

Sharon Winardi
Meike
Meylisa

Abstract

Secara faktual, belanja adalah perilaku pembelian yang normal dilakukan tiap individu untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari, tetapi ada perilaku belanja yang tidak normal salah satunya adalah belanja kompulsif atau pembelian kompulsif yang perlu diwaspadai oleh tiap orang. Pembelian kompulsif merupakan aktifitas membeli yang tidak bisa dikontrol, dimana motif dan keinginan atau dorongan akan membeli produk tertentu harus terpenuhi dan terjadi secara berulang demi memenuhi rasa emosi. Pembelian kompulsif di kalangan remaja dapat dipengaruhi oleh penggunaan sosial media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap munculnya compulsive buying pada remaja di Indonesia. Penelitian ini menggunakan convenient sampling, dengan meminta partisipan mengisi questionnaire serta peneliti menyebarkan link Google form melalui sosial media. Metode penelitian kuantitatif digunakan terhadap 100 remaja Indonesia (64% perempuan dan 36% laki- laki). Faber dan O'Guinn Compulsive Buying Scale digunakan untuk mengukur variabel pembelian kompulsif. Sedangkan Social Media Engagement Scale for Adolescents (SMES-A) digunakan untuk mengukur variabel penggunaan media sosial. Berdasarkan analisis regresi didapatkan pengaruh penggunaan media sosial terhadap compulsive buying sebesar 48,8% dengan pengaruh positif sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Article Details

Section
Articles

References

Adamczyk, G. (2021). Compulsive and compensative buying among online shoppers: An empirical study. Plos One 16(6). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0252563

Boer, M., Stevens, G. W., Finkenauer, C., De Looze, M. E., & Van den Eijnden, R. J. (2021). Social media use intensity, social media use problems, and mental health among adolescents: Investigating directionality and mediating processes. Computers in Human Behavior, 116, 106645. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106645

Mason, M. C., Zamparo, G., Marini, A., & Ameen, N. (2022). Glued to your phone? generation Z's smartphone addiction and online compulsive buying. Computers in Human Behavior, 136, 107404. https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107404

Mulyadi. (2008). Sistem Akuntansi. Salemba Empat. https://bisnis.tempo.co/read/1521587/ojk-ungkap-penyebab-maraknya-pinjol-ilegal-di-tanah-air

Ni, X., Shao, X., Geng, Y., Qu, R., Niu, G., & Wang, Y. (2020). Development of the social media engagement scale for adolescents. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00701

O'Guinn, T. C., & Faber, R. J. (1989). Compulsive buying: A phenomenological exploration. Journal of Consumer Research, 16(2), 147. https://doi.org/10.1086/209204

Pahlevan Sharif, S., She, L., Yeoh, K. K., & Naghavi, N. (2021). Heavy social networking and online compulsive buying: The mediating role of financial social comparison and materialism. Journal of Marketing Theory and Practice, 30(2), 213-225. https://doi.org/10.1080/10696679.2021.1909425

Sharma, M., Banerjee, S., & Paul, J. (2022). Role of social media on mobile banking adoption among consumers. Technological Forecasting and Social Change, 180, 121720. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2022.121720

Zahrai, K., Veer, E., Ballantine, P. W., De Vries, H. P., & Prayag, G. (2022). Either you control social media or social media controls you: Understanding the impact of self‐control on excessive social media use from the dual‐system perspective. Journal of Consumer Affairs, 56(2), 806-848. https://doi.org/10.1111/joca.12449