HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN FEAR OF MISSING OUT PADA REMAJA PENGGUNA YOUTUBE

Main Article Content

Naomi Soetikno
Clarita Andreane

Abstract

Saat ini semakin mudahnya pengaksesan internet dan cepatnya laju media sosial membuat setiap individu di dunia ingin segera mengetahui perkembangan informasi. Fear of missing out (FOMO) atau perasaan takut tertinggal berisiko dialami remaja yang tergolong belum cukup mampu untuk meregulasi diri mereka. FOMO yang mungkin dialami para remaja berisiko membuat remaja  lalai terhadap tanggung jawab, bersikap konsumtif, terpapar oleh konten kejahatan atau pelecehan seksual hingga menurunnya kesehatan mental dan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan FOMO pada remaja usia 12 -18 tahun. Metode kuantitatif non-eksperimental dilakukan dengan menyebarkan kuesioner penelitian yaitu Short Self Regulation Questionnaire dan Fear of Missing Out Scale dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Didapatkan data penelitian dari 386 partisipan dan diolah menggunakan teknik Spearman Correlation untuk mengetahui hubungan regulasi diri dan fear of missing out para remaja.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, yaitu terdapat hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dan fear of missing out (r = -0.176 dan nilai p = 0.001 < 0.05) pada remaja. Data tambahan juga menganalisis mengenai perbedaan regulasi diri berdasarkan keaktifan remaja berinteraksi dengan orang tua dan berdasarkan jenis kelamin. Hasil analisis tambahan menunjukkan remaja yang aktif berinteraksi dengan orang tua memiliki regulasi diri yang lebih tinggi dibandingkan remaja yang kurang aktif berinteraksi dengan orang tua dan regulasi diri remaja perempuan lebih baik dibandingkan regulasi diri remaja laki-laki.

Article Details

Section
Articles

References

Anwar, Z., Fury, E. D., & Fauziah, S. R. (2020). The fear of missing out and usage intensity of social media. 395(Acpch 2019), 183–187. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200120.038

Bernier, A., Carlson, S. M., & Whipple, N. (2010). From external regulation to self-regulation: Early parenting precursors of young children’s executive functioning. Child Development, 81(1), 326–339. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2009.01397.x

Carey, K. B., Neal, D. J., & Collins, S. E. (2004). A psychometric analysis of the self-regulation questionnaire. Addictive Behaviors, 29(2), 253–260. https://doi.org/10.1016/j.addbeh.2003.08.001

Coskun, S., & Karayag?z Muslu, G. (2019). Investigation of problematic mobile phones use and fear of missing out (FoMO) level in adolescents. Community Mental Health Journal, 55(6), 1004–1014. https://doi.org/10.1007/s10597-019-00422-8

Gezgin, D. M., Hamutoglu, N. B., Gemikonakli, O., & Raman, I. (2017). Social networks users: Fear of missing out in preservice teachers. Journal of Education and Practice, 8(17), 156–168.

Hosseini-Kamkar, N., & Bruce Morton, J. (2014). Sex differences in self-regulation: An evolutionary perspective. Frontiers in Neuroscience, 8(8 JUL), 1–8. https://doi.org/10.3389/fnins.2014.00233

King, K. M., McLaughlin, K. A., Silk, J., & Monahan, K. C. (2018). Peer effects on self-regulation in adolescence depend on the nature and quality of the peer interaction. Development and Psychopathology, 30(4), 1389–1401. https://doi.org/10.1017/S0954579417001560

McLeod, S. (2018). Erik erikson’s stages of psychosocial development. Simply Psychology. https://www.simplypsychology.org/Erik-Erikson.html

Oberst, U., Wegmann, E., Stodt, B., Brand, M., & Chamarro, A. (2017). Negative consequences from heavy social networking in adolescents: The mediating role of fear of missing out. Journal of Adolescence, 55, 51–60. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2016.12.008

Przybylski, A. K., Murayama, K., Dehaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014

Santrock, J. (2019). Life-Span Development (7th Ed). McGraw-Hill Higher Education.

We are social. (2021). Digital 2021. We Are Social. https://wearesocial.com/digital-2021