HUBUNGAN CAREER SELF-EFFICACY DAN KESIAPAN KERJA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Devita Rona Saragi Sitio
Roswiyani Roswiyani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara career self-efficacy dengan kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir di masa pandemi COVID-19). Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain penelitian korelasional, penelitian ini melibatkan mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi dengan rentang usia dari 20 sampai 25 tahun sebanyak 365 partisipan (170 mahasiswa laki-laki dan 195 mahasiswa perempuan). Alat ukur yang digunakan untuk mengukur career self-efficacy adalah Career Decision-Making Self-efficacy Scale Short Form (CDMSE-SF; Betz, Klein, & Taylor, 1996; Ramadini, 2021) dan alat ukur kesiapan Kerja (Caballero et al., 2011; Permata, 2022). Berdasarkan analisis dengan teknik korelasi Spearman Rho diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan antara career self-efficacy dengan kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir di masa Pandemi COVID-19), dengan nilai r (365) = 0.53, p = .00 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki career self-efficacy yang tinggi maka mahasiswa memiliki kesiapan untuk bekerja yang tinggi. Adanya kesiapan kerja yang tinggi dapat menekan angka pengangguran

Article Details

Section
Articles

References

Angraini, D. I., Murisal, & Ardias, W. S. (2021). Pengaruh keterampilan komunikasi terhadap kesiapan kerja lulusan sarjana sumatera barat. Jurnal Psikologi Islam, 12(1), 84–100. https://doi.org/10.15548/alqalb.v12i1.2643.

Albert, B. (1997). Self-efficacy in changing societies. 2017 12th Cambridge University Press, EVER 2017. https://doi.org/10.1109/EVER.2017.7935960.

Anthony, S. E., & Iriani, A. (2020). Analisis kesiapan kerja mahasiswa di era revolusi industri 4 . 0 menggunakan soft-system methodology analysis of students working readiness in industrial revolution era 4 . 0 by using soft-system methodology. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(5), 1041–1050. https://doi.org/10.25126/jtiik.202072380.

Asiati, D. (2020). Strategi bertahan hidup bagi pelaku usaha dan pekerja di tengah pandemi covid 19 | Lembaga ilmu pengetahuan Indonesia. Lipi.Go.Id, 20201215, 2020–2021. http://lipi.go.id/publikasi/strategi-bertahan-hidup-bagi-pelaku-usaha-dan-pekerja-di-tengah-pandemi-covid-19/36937.

Asih, R. P. W. (2021). Pengaruh karakteristik individu dan kompensasi terhadap turnover intention. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(1), 25–35. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i1.37.

Aziz, R., Basuki, & Suyetno, A. (2020). Pengaruh motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan hasil belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas xii pemesinan smk pemuda 3 Kesamben, Blitar. Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran, 3(1), 43. https://doi.org/10.17977/um054v3i1p43-52.

Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan ketenagakerjaan indonesia februari 2020. Berita Resmi Statistik, 40, 20. https://www.bps.go.id/publication/2020/06/19/43f6d15bcc31f4170a89e571/keadaan-pekerja-di-indonesia-februari-2020.html.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2021). Tingkat pengangguran terbuka (TPT). Bps.Go.Id, 19(37), https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/05/05/1815.

Baiti, R. D., Abdullah, S. M., & Rochwidowati, N. S. (2017). Career self-efficacy dan kesiapan kerja pada mahasiswa semester akhir. Jurnal Psikologi Integratif, 5(2), 128–141. https://doi.org/10.14421/jpsi.2017.%25x.

Boden, R., & Nedeva, M. (2010). Employing discourse: Universities and graduate “employability.” Journal of Education Policy, 25(1), 37–54. https://doi.org/10.1080/02680930903349489.

Caballero, C. L., Walker, A., & Fuller-Tyszkiewicz, M. (2011). The work readiness scale (WRS): Developing a measure to assess work readiness in college graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.21153/jtlge2011vol2no1art552.

Dewi, M. M., Magdalena, F., Ariska, N. P. D., Setiyawati, N., & Rumboirusi, W. C. B. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap tenaga kerja formal di Indonesia the impact of covid-19 pandemic on formal labour in Indonesia. Populasi, 28(2), 32–53. https://doi.org/10.22146/jp.63345.

Handayani, T. (2015). Relevansi lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan tenaga kerja di era global. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), 53. https://doi.org/10.14203/jki.v10i1.57.

Hanim, L. M., & Ahlas, S. (2020). Orientasi masa depan dan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 41–48. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.362.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan

Praktik), 2(1), 73–80.

Kadiyono, A. L., & Sulistiobudi, R. A. (2018). Peningkatan graduate employability melalui career development training pada mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 46(3), 72.

Kadiyono, A. L. (2020). Pelatihan personal branding bagi persiapan pengembangan karir mahasiswa tingkat akhir. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 263–273. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29730.

Krisnandika, V. R., Aulia, D., & Jannah, L. (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap pengangguran di Indonesia. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3), 720–729. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2227.

Latif, A., Yusuf, A. M., & Efendi, Z. M. (2017). Hubungan perencanaan karier dan efikasi diri dengan kesipan kerja mahasiswa. Konselor, 6(1), 29. https://doi.org/10.24036/02017616535-0-00.

LIPI. (2020). Survei dampak darurat virus corona terhadap tenaga kerja Indonesia. Lipi.Go.Id, May, 2020–2021. http://lipi.go.id/siaranpress/survei-dampak-darurat-virus-corona-terhadap--tenaga-kerja-indonesia/22030.

Makki, B. I., Salleh, R., & Harun, H. (2015). Work readiness, career self-efficacy and career exploration: A correlation analysis. 2015 International Symposium on Technology Management and Emerging Technologies (ISTMET), 427–431. https://doi.org/10.1109/ISTMET.2015.7359072.

Mashigo, A. C. L. (2014). Factors influencing work readiness of graduates: An exploratory study. Stellenbosch University.

Mustikawati, D., Wagimin, W., & Legowo, E. (2016). Pengembangan panduan layanan kesiapan kerja siswa smk menggunakan teknik goal setting. In Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan ….

Nugroho, F. W., & Karyono, K. (2014). Hubungan Antara hardiness dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir. Empati, 3(3), 76–84. https://doi.org/10.14710/empati.2014.7540.

Odo, M. I. (2015). Sustaining occupational information for career choice and development in students of technical colleges in enugu state, Nigeria. Journal of Technical Education and Training, 7(1), 1–9.

Permata, R. K. (2022). Hubungan antara dukungan sosial dengan kesiapan kerja pada siswa angkatan 2021/2022 kelas XII di SMK X Sarolangun. [Skripsi]. Universitas Tarumanagara.

Ramadini, R. S. Z. (2021). Gambaran career decision self efficacy mahasiswa tingkat akhir pada masa pandemi covid 19.

Santrock, J. W. (2018). Educational psychology: Theory and application to fitness and performance. McGraw-Hill Education.

Setiaji, K. (2015). Pilihan karir mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi (kajian motivasi karir mengajar, career self efficacy, status sosial ekonomi, minat menjadi guru terhadap prestasi akademik). Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(2), 196–211.

Susilo, S. M., & Ismiyati, I. (2020). Pengaruh praktik kerja industri, informasi dunia kerja dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 290–296. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.46701.

Tarigan, M., & Wimbarti, S. (2011). Career planning program to increase career search self efficacy in fresh graduates. Journal of Higher Education Theory and Practice, 11(4), 75–87.

Tymon, A. (2013). The student perspective on employability. Studies in Higher Education, 38(6), 841–856. https://doi.org/10.1080/03075079.2011.604408.

Wijikapindho, R. A., & Hadi, C. (2021). Buletin riset psikologi dan kesehatan mental hubungan antara self-efficacy dengan kesiapan kerja pada mahasiswa semester akhir. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(2), 1313–1318.

Winterton, J., & Turner, J. J. (2019). Preparing graduates for work readiness: an overview and agenda. Education and Training, 61(5), 536–551. https://doi.org/10.1108/ET-03-2019-0044.

Yuwanto, D., Mayangsari, M. D., & Anward, H. H. (2016). hubungan efikasi diri dengan kesiapan kerja pada mahasiswa yang sedang mempersiapkan skripsi. Jurnal Ecopsy, 1(4). https://doi.org/10.20527/ecopsy.v1i4.506.