HUBUNGAN ANTARA GAYA HUMOR DENGAN PERILAKU AGRESI PADA REMAJA PENGGEMAR K-POP

Main Article Content

Anastasia Chrisella Tanadi
Erik Wijaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji hubungan antara gaya humor dengan perilaku agresi pada penggemar K-Pop di Indonesia. Setiap individu memiliki gaya humor dan persepsi terhadap humor yang berbeda. Gaya humor adalah salah satu kepribadian yang menetap pada individu dan tiap individu memiliki selera humor yang berbeda. Dalam dunia K-Pop, penggemar menggunakan humor sebagai salah satu sarana berkomunikasi dengan antar penggemar. Akibatnya, hubungan antar penggemar dapat semakin meningkat. Namun, agresi (seperti fan war) dapat muncul jika antar penggemar memiliki persepsi yang berbeda dan tidak paham dengan humor tersebut. Agresi adalah perilaku menyakiti seseorang secara fisik dan/atau psikologis. Jika perilaku agresi terjadi akan memberikan dampak buruk bagi korban maupun pelaku. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kuantitatif cross-sectional dan pengambilan data menggunakan convenience sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan pada 13-25 Februari 2022 dan menghasilkan 416 responden, yang terdiri dari 404 perempuan dan 12 laki-laki. Alat ukur yang digunakan adalah Humor Style Questionnaire (HSQ) oleh Martin et al. (2003) dan Buss and Perry Aggression Questionnaire oleh Buss dan Perry (1992). Analisis data partisipan menggunakan SPSS dengan teknik korelasi Spearman antara affiliative humor, self-enhancing humor, aggressive humor, self-defeating humor, dengan perilaku agresi. Hasilnya, penggunaan gaya humor affiliative dapat menurunkan perilaku agresi (p = 0.000 <0.05), sedangkan penggunaan self-enhancing humor (p = 0.000 < 0.05), aggressive humor (p = 0.000 < 0.05), dan self-defeating humor (p = 0.000 < 0.05) dapat meningkatkan perilaku agresi.

 

Article Details

Section
Articles

References

Agnensia, N. P. (2019). Fan war fans k-pop dan keterlibatan penggemar dalam media sosial instagram [Universitas Airlangga]. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87304

Amad, S., Gray, N. S., & Snowden, R. J. (2021). Self-evaluation and Aggression: Different Types of Self-esteem Predict Different Types of Aggression. Journal of Interpersonal Violence, 36(23–24), 13296–13313. https://doi.org/10.1177/0886260520905540

Borgella, A. M., Howard, S., & Maddox, K. B. (2020). Cracking wise to break the ice: The potential for racial humor to ease interracial anxiety. Humor, 33(1), 105–135. https://doi.org/10.1515/humor-2018-0133

Buss, A. H., & Perry, M. (1992). The aggression questionnaire. 63(3), 452–459.

Dozois, D. J. A., Martin, R. A., & Faulkner, B. (2013). Early maladaptive schemas, styles of humor and aggression. Humor, 26(1), 97–116. https://doi.org/10.1515/humor-2013-0006

Eglantina, D., & Silva, I. (2018). Agressivity in Adolescence and its Connection to Attachment. International Journal of School and Cognitive Psychology, 5(1). https://doi.org/10.4172/2469-9837.1000203

Eliani, J., Yuniardi, M. S., & Masturah, A. N. (2018). Fanatisme dan perilaku agresif verbal di media sosial pada penggemar idola k-pop. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 59. https://doi.org/10.21580/pjpp.v3i1.2442

Hastuti, L. W. (2018). Kontrol diri dan agresi : Tinjauan meta-analisis. Buletin Psikologi, 26(1), 42–53. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.32805

Jiang, F., Lu, S., Jiang, T., & Jia, H. (2020). Does the relation between humor styles and subjective well-being vary across culture and Age? A meta-analysis. Frontiers in Psychology, 11(September). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.02213

Jolly, C., & L., L. (2022). Humor Styles, Subjective Happiness and Self-Esteem Among Indian Adolescents. The International Journal of Indian Psychology, 10(1), 849–855. https://doi.org/10.25215/1001.087

Kuiper, N. A., & Nicola, M. (2009). Humor styles as mediators between self-evaluative standards and psychological well-being. The Journal of Psychology, 143(4), 359–376.

Kumparan. (2017, January 6). Fanatisme fans k-pop: Candu dan bumbu remaja. Kumparan.Com, 1. https://kumparan.com/kumparank-pop/fanatisme-fans-k-pop-candu-dan-bumbu-remaja/full

Martin, R. A., Martin, R. A., Puhlik-doris, P., Larsen, G., Gray, J., & Weir, K. (2003). Individual differences in uses of humor and their relation to psychological well-being : Development of the Humor Style Questionnaire. Journal of Research in Personality, 37, 48–75. https://doi.org/10.1016/S0092-6566(02)00534-2

Matsumoto, D., & Juang, L. (2008). Culture and Psychology (fifth edition). In Psychologia akademicka. Podr?cznik t. 2.

Metrotvnews. (2021). Indonesia peringkat 1 tweet kpop terbanyak di dunia -. https://www.metrotvnews.com/play/K5nC0GWx-indonesia-peringkat-1-tweet-kpop-terbanyak-di-dunia

MOFA. (2020). Hallyu : Gelombang korea (??:Korea wave). Kedutaan Besar Republik Korea Untuk Republik Indonesia. Retrieved November 09, 2020. http://overseas.mofa.go.kr/id-id/wpge/m_2741/contents.do

Morreall, J. (2020). It’s a funny thing. The Philosophy of Humor Yearbook, 1(1), 33–48. https://doi.org/10.1515/phhumyb-2020-0006

Myers, D. G., & Twenge, J. M. (2016). Social Psychology (12th ed.). Mc Graw Hill.

Nezlek, J. B., Derks, P. L., & Simanski, J. (2021). Relationships between everyday use of humor and daily experience. Humor, 34(1), 21–39. https://doi.org/10.1515/humor-2020-0073

Papalia, D. E., & Martorell, G. (2014). Experience Human Development. Mc Graw Hill.

Papousek, I. (2018). Humor and well-being : A little less is quite enough. Humor, 31(2), 311–327. https://doi.org/10.1515/humor-2016-0114

Perbawani, P. S., & Nuralin, A. J. (2021). Hubungan Parasosial dan Perilaku Loyalitas Fans dalam Fandom KPop di Indonesia. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 42–54. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i1.3056

Salavera, C., Usán, P., & Jarie, L. (2020). Styles of humor and social skills in students. Gender differences. Current Psychology, 39(2), 571–580. https://doi.org/10.1007/s12144-017-9770-x

Schermer, J. A., & Kfrerer, M. L. (2020). Humor style differences across four English-speaking countries. Humor, 33(3), 423–437. https://doi.org/10.1515/humor-2019-0027

Strick, M. (2021). Funny and meaningful : Media messages that are humorous and moving provide optimal consolation in corona times. 34(2), 155–176. https://doi.org/10.1515/humor-2021-0017

Thorson, J. A., Powell, F. C., Sarmany-Schuller, I., & Hampes, W. P. (1997). Psychological health and sense of humor. Journal of Clinical Psychology, 53(6), 605–619. https://doi.org/10.1002/(SICI)1097-4679(199710)53:6<605::AID-JCLP9>3.0.CO;2-I