Hubungan Antara Gaya Humor Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Melaksanakan Metode Pembelajaran Jarak Jauh

Main Article Content

Robertus Aldo Briananda
Erik Wijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya humor dengan stres akademik pada mahasiswa yang melaksanakan metode pembelajaran jarak jauh. Hal ini mengingat kondisi yang masih pandemi Covid 19, mengharuskan perguruan tinggi untuk memberikan pengajaran secara daring guna menghindari penyebaran virus yang lebih besar lagi. Pengajaran daring yang selama ini diterapkan perguruan tinggi ini mulai menimbulkan masalah baru, seperti munculnya stres akademik pada mahasiswa dikarenakan komunikasi yang lebih sulit terjadi akibat dari tidak adanya tatap muka sehingga berdampak pada keterbatasan pemahaman materi yang diajarkan yang biasanya diajarkan secara tatap muka langsung, fokus belajar menjadi berkurang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 368 mahasiswa. Pada variabel gaya humor diukur dengan empat dimensi yang meliputi Affiliative, Aggressive, Self-enhancing, Self-defeating. Kemudian, pada variabel stres akademik diukur dengan dua dimensi yakni dimensi stressor dan dimensi reaksi terhadap stres. Analisis data penelitian secara kuantitatif dan pengujian hipotesis menggunakan rumus pearson correlation. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa dari uji korelasi antardimensi gaya humor dengan stres akademik diketahui bahwa gaya humor affiliative berkorelasi negatif dan signifikan dengan stres akademik mahasiswa yang mengikuti pembelajaran jarak jauh, sedangkan dimensi lainnya dari gaya humor seperti Aggressive, Self-enhancing, Self-defeating tidak menunjukkan korelasi yang negatif terhadap stres akademik. Artinya bahwa gaya humor affiliative dinilai mampu menurunkan tingkat stres akademik pada mahasiswa dikarenakan mahasiswa yang mengucapkan kata-kata olokan lembut ini sepenuhnya tidak terlalu serius dan hanya bersifat candaan semata sehingga tidak melukai perasaan yang diejeknya dan justru membuatnya tertawa senang.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Robertus Aldo Briananda, Universitas Tarumanagara Jakarta

Jurusan Psikologi, Universitas Tarumanagara Jakarta

Erik Wijaya, Universitas Tarumanagara Jakarta

Jurusan Psikologi, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Azahra, J. S. (2017). Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Coping Stress Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Pendidikan Psikologi. Universitas Negeri Jakarta.

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, Volume 5,. https://doi.org/https://doi. org/10.29210/119800.

Cann, A., & Collete, C. (2014). Sense of humor, stable affect, and psychological well- being. Europe’s Journal of Psychology, 10(3). https://doi.org/https://doi.org/10.5964/ejop.v10i3.746.

Cann, Arnie, & Etzel, K. C. (2008). Remembering and anticipating stressors: Positive personality mediates the relationship with sense of humor. Humor, 21(2), 157–178. https://doi.org/10.1515/HUMOR.2008.008

Ciotti, M., Ciccozzi, M., Terrinoni, A., Jiang, W. C., Wang, C. B., & Bernardini, S. (2020). The COVID-19 pandemic. Critical Reviews in Clinical Laboratory Sciences, 57(6), 365–388.

Fauziah, A. A. (2015). Pengaruh Humor Style, Self-Esteem, dan Religiusitas Terhadap Happiness Penderita Gagal Ginjal Kronis. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Freeman, G. P., & Ventis, W. L. (2010). Does Humor Benefit Health In Retirement? Exploring Humor as a Moderator. Europe’s Journal of Psychology, 6(3). https://doi.org/10.5964/ejop.v6i3.211

Gadzella, B. M. (1994). Student-Life Stress Inventory: identification of and reactions to stressors. Psychological Reports, 74(2), 395–402. https://doi.org/https://doi.org/10.2466/pr0.1994.74.2.395

Gloria. (2020). Isolasi selama pandemi dapat sebabkan cabin fever. Universitas Gajah Mada.

Hair, J. F., Celsi, M., Ortinau, D. J., & Bush, R. P. (2017). Essentials of Marketing Research (4th ed.). McGraw-Hill Education.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804.

Kartika, R. (2020). Analisis faktor munculnya gejala stres pada mahasiwa akitbat pembelajaran jarak jauh di masa pandemic COVID-19. https://doi.org/https://doi.org/10.31234/osf.io/nqesb.

Markman, A. (2017). Humor sometimes makes stressful situations better. Psychology Today.

Martin, Rod A., Puhlik-Doris, P., Larsen, G., Gray, J., & Weir, K. (2003). Individual differences in uses of humor and their relation to psychological well-being: Development of the Humor Styles Questionnaire. Journal of Research in Personality, 37, 48–75. https://doi.org/10.1103/PhysRevA.32.3817

Mustofa, B. (2019). Psikologi Pendidikan. Parama Ilmu.

Permana, L. A., & Rachmawati, M. A. (2015). Hubungan Antara Sense Of Humor Dengan Stres Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa FTI UII.

Richards, K., & Kruger, G. (2017). Humor Styles as Moderators in the Relationship Between Perceived Stress and Physical Health. SAGE Open, 7(2). https://doi.org/10.1177/2158244017711485.

Sukoco, A. S. P. (2014). Hubungan sense of humor dengan stres pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi. CALYPTRA, 3(1), 1–10.

Tim Penyusun KBBI. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia.