HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN COPING STRATEGY PADA MAHASISWA BARU DI JAKARTA (STUDI PADA MASA PANDEMI COVID-19)

Main Article Content

Shakira Novel
Monika

Abstract

Pandemi COVID-19 membawa perubahan pada aspek pendidikan. Sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi hal baru yang disertai kendala bagi sebagian orang, kondisi ini harus dirasakan oleh mahasiswa baru yang mengalami perubahan dan permasalahan pada tingkat awal perkuliahan, hal tersebut menjadi pemicu kecemasan. Beberapa penelitian sebelumnya diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan dengan coping strategy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecemasan dengan coping strategy pada mahasiswa baru di Jakarta pada masa pandemi COVID-19. Partisipan penelitian ini terdiri dari 391 mahasiswa dengan rentang usia 18-25 tahun yang aktif menjalani perkuliahan jarak jauh. Alat ukur yang digunakan adalah Hamilton Anxiety Rating Scale (HAM-A) dan Brief-COPE Scale. Pengambilan data menggunakan teknik sampling non-probability sampling dengan jenis penelitian yaitu kuantitatif non-eksperimental. Pengujian analisis menghasilkan bahwa (1) tidak terdapat hubungan signifikan antara kecemasan dengan problem focused coping, (2) terdapat hubungan signifikan antara kecemasan dengan emotional focused coping, dan (3) terdapat hubungan signifikan antara kecemasan dengan avoidant coping. Ditemukan hasil terkait adanya perbedaan kecemasan berdasarkan jenis kelamin dan usia pada mahasiswa baru, hal tersebut dikarenakan mahasiswa baru berjenis kelamin perempuan lebih menekankan perasaan, beban, serta pandangan yang berasal dari orang sekitar dalam menghadapi permasalahan, sedangkan laki-laki dapat berpikir lebih logis, bersikap lebih tenang, dan tidak terlalu terpengaruh oleh pandangan orang sekitar. Kemudian, mahasiswa baru yang berusia lebih dewasa menunjukkan kematangan proses berpikir yang memungkinkan untuk menghadapi kecemasan.

Article Details

Section
Articles

References

Annisa, D. F., & Ifdil. (2016). Konsep kecemasan (anxiety) pada lanjut usia (lansia). Konselor, 5(2), 93-99. https://doi.org/10.24036/02016526480-0-00

Basar, A.M. (2021). Problematika pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 (studi kasus di smpit nurul fajri – cikarang barat – bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Carver, C. S. (1997). You want to measure coping but your protocol is too long: Consider the brief cope. International Journal of Behavioral Medicine, 4(1), 92-100.

Carver, C.S., & Connor-smith, J. (2009). Personality and Coping. Annual Review of Psychology, 61(1), 679-704.

Carver, C.S., Scheier, M. F., & Waintraub, J.K. (1989). Assessing coping strategies: a theoretically based approach. Journal of Personality and Social Psychology, 56, 267-283. https://doi.org/10.1037/0022-3514.56.2.267

Cholilah, I. R., Deyon, A. A. Z., & Nurmaidah, S. (2020). Gambaran kecemasan dan strategi coping pada mahasiswa dalam menghadapi pandemi covid-19. Jurnal Al-Tatwir, 7(1), 43-63.

Diferiansyah, O., Septa, T., & Lisiswanti, R. (2016). Gangguan cemas menyeluruh. Jurnal Medula Unila, 5(2), 63-68.

Fahrianti, F., & Nurmina. (2021). Perbedaan kecemasan mahasiswa baru ditinjau dari jenis kelamin pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1297-1302.

Greenberg, M. T. (1999). Attachment and psychopathology in childhood. In J. Cassidy and P. R. Shaver (Eds.). Handbook of attachment: theory, research, and clinical applications, 469-496. Guilford Press. https://www.researchgate.net/publication/232517532_Attachment_and_psychopathology_in_childhood

Hamilton, M. (1969). Diagnosis and rating of anxiety. British Journal of Psychiatry Special Publication, 3, 76–79.

Kasih, A. P. (2020, Juni 16). Mendikbud: perguruan tinggi di semua zona dilarang kuliah tatap muka. Kompas.com. https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/16/103917571/mendikbud-perguruan-tinggi-di-semua-zona-dilarang-kuliah-tatap-muka

Kozier, B., Erb, G., Berman, A., & Synder, S.J. (2011). Buku ajar fundamental keperawatan. EGC.

Lazarus R, & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Pearson Education, Inc.

Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemi covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 1-10.

Oetomo, P.F., Yuwanto, L. Y., & Rahaju, S. (2017). Faktor penentu penyesuaian diri pada mahasiswa baru emerging adulthood tahun pertama dan tahun kedua. Mindset, 8(2), 67-77.

Purbowati, D. (2019, Juni 16). Faktor penyebab stres pada mahasiswa baru. Akupintar.id. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/3-faktor-penyebab-stress-pada-mahasiswa-baru

Rathus, S. A. & Nevid, J. S. (2002). Psychology and The Challenge of Life: Adjustment in The New Millenium. John Willey & Sons, Inc.

Savitsky, B., Findling, Y., Ereli, A., & Hendel, T. (2020). Anxiety and coping strategies among nursing students during the covid-19 pandemic. Nurse Education in Practice, 46. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102809